Manfaat dan Biaya Endoskopi Lambung

No comment 10422 views

Endoskopi merupakan sebuah pemeriksaan medis untuk melihat kondisi saluran pencernaan menggunakan berbentuk selang yang telah dilengkapi kamera optik dan lampu di bagian ujungnya. Endoskopi biasanya dilakukan pada pasien yang mengalami beberapa keluhan berulang pada pencernaannya, seperti mual, muntah, bersendawa, kembung, menurunnya napsu , , dan dada terasa panas yang kemudian diistilahkan sebagai ‘sindrom dispepsia’ dalam bahasa medis.endoskopi-lambung

Endoskopi untuk memeriksa saluran cerna dibagi menjadi 2 teknik, yakni Esofago gastro duodenoscopi (saluran cerna atas) dan Kolonoskopi (saluran cerna bawah). Pada pemeriksaan Esofago gastro duodenoscopi, alat endoskop dimasukkan melalui mulut, hingga menjangkau esofagus, lambung, dan duodenum bagian distal. Sedangkan untuk Kolonoskopi, alat endoskop dimasukkan lewat anus, ke arah rektum, kolon, hingga ke sekum.

Endoskopi biasanya dilakukan atas dasar rekomendasi untuk mendiagnosis suatu serta untuk melakukan pengobatan dari tersebut. Fungsi Endoskopi sebagai alat diagnosis adalah sebagai berikut :

  • Mencari tahu penyebab dispepsia.

  • Mencari tahu penyebab dari nyeri perut atas yang belum jelas.

  • Mencari tahu penyebab disfagia (sulit menelan).

  • Mencari tahu penyebab muntah persisten (menetap).

  • Mencari tahu penyebab dari penurunan berat badan yang signifikan.

  • Mencari perdarahan di saluran pencernaan.

  • Menentukan lokasi tukak lambung.

  • Mencari lokasi tepat pelebaran pembuluh di kerongkongan dan lambung.

  • Mengevaluasi keparahan refluks gastroesofageal (GERD).

  • Mengevaluasi luasnya luka akibat menelan zat korosif.

Baca juga  Berapa Biaya Untuk Melakukan Tes CD4?

Sementara untuk alat pengobatan, endoskopi dapat digunakan untuk fungsi Ligasi (mengikat pembuluh darah esofagus dan gaster yang robek karena varises maupun non varises), Dilatasi (melebarkan penyempitan pada esofagus atau strictur pylorus, dan Ekstraksi (mengeluarkan benda asing).

Untuk menjalani sesi Endoskopi ternyata membutuhkan yang cukup mahal. Rata-rata di Indonesia mematok biaya Endoskopi di kisaran Rp 1,5 – 2,5 jutaan untuk satu kali pemeriksaan. Biaya ini mencakup Biaya Endoskopi itu sendiri, Biaya Pemeriksaan darah, Biaya Biopsi, Biaya Rekam Jantung, serta Biaya pembelian dan selang oksigen yang dibutuhkan oleh pasien.

Berikut perkiraan rincian biaya dari prosedur Endoskopi :

  1. Biaya Endoskopi : ± Rp 900.000

  2. Biaya pemeriksaan darah : ± Rp 960.000

  3. Biaya Biopsi (Pemeriksaan Sampel Lambung) : ± Rp. 400.000

  4. Biaya Rekam Jantung : ± Rp. 72.000

  5. Biaya Obat Suntik dan Selang Oksigen : ± Rp. 20.000
Baca juga  Biaya Membersihkan Telinga ke Dokter Spesialis THT
loading...
author
Gadis rumahan yang gak terlalu suka jalan-jalan, kecuali buat window shopping memantau perkembangan harga-harga :) Pernah tercatat sebagai mahasiswi di satu PTN ternama di Malang.

Leave a reply "Manfaat dan Biaya Endoskopi Lambung"