Mampu Berkendara Hingga 33 Kilometer Tanpa Bensin, Berapa Harga Mobil Ford C-Max Energi?

Perkembangan di dunia otomotif memang tidak pernah mati. Selalu ada yang diusung dengan menarik setiap tahunnya. - yang berkonsep ramah lingkungan dan hemat energi sepertinya akan selalu jadi tren yang tidak akan ada habisnya untuk di garap oleh para automaker.

Hal serupa yang dilakukan oleh produsen mobil asal Amerika yang memperkenalkan mobil dengan konsep dan serta tercanggih mereka yang dilabeli dengan nama C-MAX Solar Energi Concept.

Ford C-Max Energi - (Sumber: commons.wikimedia.org)

Ford C-Max Energi - (Sumber: commons.wikimedia.org)

Berbicara mengenai teknologi-teknologi terbaru yang disajikan oleh automaker handal, tentunya tak terlepas dari salah satu ajang terbesar dunia yang mewadahi teknologi terbaru ini, yaitu Consumer Electronic Show, yang merupakan event tahunan dan diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dalam ajang tersebut Ford memamerkan mobil lansirannya yang dirancang secara khusus menggunakan panel surya sebagai salah satu sumber tenaganya. Namun bukan sekadar panel surya biasa, Solar Conceptnya dilengkapi ‘concentrator lens’ yang berfungsi untuk memaksimalkan jumlah konsentrasi sinar matahari yang mampu diserap oleh panel surya kemudian disimpan dalam bentuk energi listrik.

Melalui terobosan ini tentunya untuk sekali full-charge, pengemudi mobil Ford C-MAX Energy ini mampu berkendara dengan tenaga yang tersimpan di baterai C-MAX Solar Energi Concept hingga jarak 33 kilometer. Hal ini berarti tidak membutuhkan bensin setetes pun. Selain itu, C-Max Energi yang dibuat dari platform Ford Focus ini digerakkan oleh bensin dan motor listrik yang bisa menghasilkan 195 tenaga kuda.

Dengan penggunaan teknologi yang diusung oleh Ford ini, diklaim memiliki sumber tenaga (powertrain) hybrid yang bisa bekerja secara paralel. Dikatakan paralel di sini diartikan bahwa baik mesin bensin maupun motor listriknya bisa menggerakkan roda atau bekerja bersamaan jika pengemudi menjalankan mobil dengan kecepatan yang tinggi.

Sebuah tombol yang terletak di tengah ruang kemudi C-Max menawarkan tiga pilihan penggunaan motor listrik, yakni Auto mode yang merupakan metode untuk memilih tenaga dari baterai atau mesin bensin tergantung pada kecepatan kendaraan dan sisa setrum yang ada di baterai. Now mode, mobil menggunakan tenaga motor listrik sementara mesin bensin tidak dipakai kecuali saat pengemudi menekan gas dengan kencang. Begitu pedal gas dilepas, mobil akan kembali ke Now mode. Serta Later mode yang tepat digunakan di jalan tol sehingga baterai bisa digunakan kemudian ketika masuk jalanan kota atau wilayah perumahan di mana mobil berjalan dalam kecepatan rendah.

Baca juga  Update Spesifikasi dan Harga SUV Range Rover Evoque (Baru dan Bekas)

Untuk model mobil semacam ini, Ford memberikan penawaran yang sepadan dengan yang dimilikinya. Mobil Ford seri C-Max Energi terbagi atas 4 model dengan kisaran Rp322 juta sampai dengan Rp401 jutaan.

Seri Ford C-Max Energi Harga (Rp)
2017 C-Max Energi Titanium 401 jutaan
2017 C-Max Energi SE 361 jutaan
2017 C-Max Hybrid Titanium 362 jutaan
2017 C-Max Hybrid SE 322 jutaan

Diketahui dari tabel tersebut, untuk seri 2017 C-Max Energi Titanium yang mempunyai harga paling mahal, yakni Rp401 jutaan. Serta seri 2017 C-Max Hybrid SE yang ditawarkan paling murah yakni Rp322 jutaan.

loading...

Leave a reply "Mampu Berkendara Hingga 33 Kilometer Tanpa Bensin, Berapa Harga Mobil Ford C-Max Energi?"