Berapa Biaya (Bea) Balik Nama Mobil?

No comment 3791 views

merupakan alat darat yang kini semakin digemari Indonesia. Pasalnya, selain masalah prestise, mobil disebut banyak kalangan lebih nyaman dibandingkan sepeda motor, terutama untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh atau touring.

Biaya Balik Nama Mobil - bogor.tribunnews.com

Balik Nama Mobil - bogor.tribunnews.com

Selain mobil baru, masyarakat Indonesia juga banyak yang membeli mobil bekas. Selain yang relatif lebih murah, kondisi mobil bekas juga tidak terlalu buruk jika benar-benar pintar memilih. Namun, salah satu hal yang harus diselesaikan oleh para pemilik baru usai mendapatkan mobil idaman adalah mengganti nama yang tertera di BPKB maupun STNK.

Pemilik mobil “second hand” atau bekas memang lebih baik segera mengganti nama orang lain yang tertera di BPKB dan STNK kendaraannya dengan nama sendiri. Pasalnya, jika tidak melakukan balik nama, tentunya akan menyulitkan pemilik mobil di kemudian harinya, terutama ketika mengurus perpanjangan STNK.

Baca juga  Info Biaya Pendaftaran & Registrasi Ulang Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Untuk balik nama mobil, ada dua macam biaya yang dikenakan, yaitu biaya dan biaya di luar . Biaya mencakup BBN KB (Bea Balik Kendaraan Bermotor), PKB ( Kendaraan Bermotor), SWDKLJJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), biaya administrasi STNK, dan biaya administrasi TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Berikut besaran biaya masing-masing item tersebut.

  • PKB, besaran biaya bisa dilihat dari STNK dengan patokan yang biasanya tidak berubah dari pajak tahun lalu.
  • BBN KB, besaran biaya ini bisa dihitung dengan rumus BBN KB = 2/3 x PKB.
  • SWDKLLJ, merupakan biaya yang sudah ditetapkan oleh . Besaran biaya untuk mobil Rp143.000 (bisa berubah sewaktu-waktu).
  • Administrasi STNK, biaya ini juga ditentukan oleh pemerintah dengan besaran Rp75.000 (bisa berubah sewaktu-waktu).
  • Administrasi TNKB, biaya ini juga ditentukan oleh pemerintah dengan besaran sekitar Rp50.000 (bisa berubah sewaktu-waktu).
Baca juga  Info Besaran Tarif PPh Badan Usaha Terbaru di Indonesia

Lalu, bagaimana menghitung biaya balik nama untuk mobil secara keseluruhan? Misalnya, jika PKB yang tercantum di STNK sebesar Rp1.500.000, maka BBN KB adalah sebesar 2/3 x PKB (Rp1.500.000) = Rp1.000.000. Dengan SWDKLJJ mobil sebesar Rp143.000 dan biaya administrasi STNK Rp75.000, maka total perkiraan biaya pajak balik nama sekaligus perpanjangan STNK adalah Rp1.000.000 + Rp1.500.000 + Rp143.000 + Rp75.000 = Rp2.718.000 (di luar denda jika ada keterlambatan).

Sementara, biaya yang dikeluarkan di luar biaya pajak yang tercantum di STNK antara lain, pengesahan hasil cek fisik sebesar Rp30.000, pendaftaran balik nama STNK Rp30.000, dan pendaftaran balik nama BPKB sebesar Rp100.000. Jadi, total biaya yang dikeluarkan di luar pajak berkisar Rp160.000.

Adapun dokumen-dokumen yang diperlukan untuk mengurus balik nama mobil bekas, antara lain STNK asli, fotokopi STNK, BPKB asli, fotokopi BPKB, kuitansi dengan materai Rp6.000, serta fotokopi KTP. Sementara, proses pengurusan balik nama mobil bekas kurang lebih seminggu lamanya.

Baca juga  Ini Daftar Lengkap Harga Gasing Beyblade Asli (Original)
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Berapa Biaya (Bea) Balik Nama Mobil?"