Info Terbaru Biaya Tune-Up Mobil di Bengkel Umum dan Resmi

No comment 10876 views

Layaknya kendaraan lainnya, juga harus diperiksa secara rutin untuk menghindari kerusakan yang mungkin terjadi pada kendaraan kesayangan. Dan, salah satu yang sering dilakukan dibandingkan service lainnya, seperti overhaul, spooring-balancing, hingga kenteng magic adalah tune-up . Tune-up sendiri bertujuan untuk mengembalikan performa agar sesuai dengan standarnya.

Tune-Up Mobil - sullams.blogspot.com

Tune-Up Mobil - sullams.blogspot.com

Jika Anda memiliki keahlian untuk urusan mobil, Anda bisa melakukan tune-up mobil Anda secara mandiri di . pertama yang harus mendapatkan adalah saringan angin. Pasalnya, saringan angin merupakan komponen yang paling dingin dibanding komponen lain setelah dihidupkan. Selain itu, saringan angin juga berdampak pada komponen lain apabila diservis paling akhir.

Setelah itu, sasaran berikutnya adalah platina. Komponen ini ada di dalam distributor. Platina perlu dicek atau mungkin saja diservis terlebih dahulu sebelum menyetel pengapian dan putaran stasioner. Jika platina disetel setelah penyetelan saat pengapian dan putaran stasioner, akan terjadi pengulangan kerja.

Baca juga  Info Anyar Lima Hotel dengan Tarif Termahal di Jakarta

Setelah perbaikan platina selesai, manfaatkan platina dengan benar. Perhatikan kabel yang bisa menyebabkan hubungan singkat dengan bodi mesin. Hubungan singkat dengan bodi mesin dapat menimbulkan loncatan bunga api pada busi. Setelah platina diservis, periksa kondisi tutup distributor beserta kabel-kabelnya untuk efisiensi kerja.

Komponen selanjutnya yang diperiksa adalah kabel busi. Kabel busi harus diperiksa atau diservis terlebih dahulu daripada businya, karena kabel busi merupakan pengantar untuk lewatnya arus tegangan tinggi ke busi. Nyala api busi sangat dipengaruhi oleh kondisi kabel-kabel busi. Lalu, berturut-turut Anda bisa memeriksa tutup distributor, aki, busi, celah katup, PCV (positive crank case ventilation), pengapian, idel, dan tali kipas.

Namun, jika Anda tidak bisa melakukan service secara mandiri, bengkel umum bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin melakukan tune-up mobil. Sebab, biasanya perawatan berkala tanpa melakukan pergantian komponen di bengkel umum ini lebih murah dibandingkan di bengkel .

Baca juga  Info Kisaran Tarif Jasa Cuci Mobil Saat ini

Bengkel Setia Motor di Jalan Raya Pulogebang No. 83, Jakarta Timur, misalnya, mematok biaya tune-up sekitar Rp350.000 untuk semua mobil. Paket perawatan berkala ini terdiri dari membersihkan busi, saringan udara, hingga ke ruang bakar menggunakan cairan khusus sehingga pengapian dan kerak yang menempel bisa hilang.

Sementara itu, Bengkel Sinar Sakti Motor Kemayoran, Jakarta mematok untuk tune-up mobil BMW dan Mercedes Benz mulai Rp150.000 untuk keluaran lama dan Rp250.000 untuk keluaran baru. Masalah yang diperbaiki pada dua merek asal Jerman tersebut mulai masalah yang ringan hingga yang berat.

Sementara itu, untuk service besar mobil Toyota Avanza di bengkel umum, biayanya mencapai Rp1,29 juta, sudah mencakup tune-up dengan membersihkan saluran intake, bersihkan filter oli, bersihkan filter udara, kuras minyak rem, dan pemeriksaan air radiator, oli transmisi, serta oli gardan. Sementara, di bengkel resmi Toyota, biaya service besar bisa menyentuh angka Rp1,45 juta.

Baca juga  Update Perusahaan Leasing Mobil Termurah di Indonesia

Berikut terbaru kisaran biaya tune-up berbagai merek mobil di bengkel.

Merek Mobil Biaya Tune-Up (Rp)
Daihatsu Xenia 350.000
Toyota Avanza 460.000
Suzuki Ertiga 400.000 - 1.000.000
Honda Mobilio E CVT 338.800
Honda BR-V CVT 350.000
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Biaya Tune-Up Mobil di Bengkel Umum dan Resmi"