Info Terbaru Kisaran Biaya Service AC Mobil

1 comment 10939 views

Penyejuk kabin atau air conditioner () kini menjadi salah satu komponen yang dibutuhkan dalam kendaraan roda empat. Seperti halnya mesin, ternyata juga membutuhkan khusus alias service secara berkala agar performanya selalu terjaga. Selama ini para pemilik mobil baru melakukan servis saat kondisi suhu mobil mereka sudah tidak lagi dingin atau benar-benar rusak. Hal ini justru nantinya akan membuat pemborosan service.

Service AC Mobil - www.hargamobiloke.com

Service AC Mobil - www.hargamobiloke.com

Dari sekian banyak komponen AC mobil yang ada, ternyata bagian AC mobil yang paling sering bermasalah dan diservis adalah kompresor. Apabila AC mobil rutin menjalani perawatan, maka usia kompresor Anda pun akan berumur lebih panjang dan bisa meminimalisir kemungkinan penggantian komponen baru yang bisa menguras anggaran Anda.

Di dalam kompresor AC mobil rupanya terdapat piston yang membutuhkan pelumas. Apabila kondisi kompresor AC mobil Anda jarang dicek, maka pelumas akan habis dan bisa berakibat pada rusaknya kompresor. Jika kondisinya sudah demikian, maka AC mobil Anda pun tak bisa bekerja sebagaimana mestinya dan menjadi kurang dingin suhunya. Biasanya kompresor AC mobil yang rusak akan menunjukkan tanda-tanda seperti mengeluarkan suara yang berisik seperti orang sedang tidur mendengkur.

AC mobil sendiri terdiri dari sejumlah komponen, misalnya saja kompresor, evaporator, expansion valve, kondensor, dan receiver drier. Komponen utama tersebut menunjang kinerja AC mobil dan bila salah satu komponen bermasalah dapat membuat kinerja AC menjadi kurang maksimal. Lantas kapan tepatnya Anda harus mengecek AC mobil Anda?

AC Mobil - www.teknikhidup.com

AC Mobil - www.teknikhidup.com

Service AC mobil secara umum terdiri dari 2 jenis pengerjaan, yakni basic service dan advance service. Basic service biasanya dilakukan saat mobil Anda sudah menempuh jarak 10.000 hingga 20.000 km, atau sudah berusia 1 tahun. Jika Anda kerap menggunakan AC mobil Anda di perkotaan dengan tingkat polusi yang cukup tinggi, maka setelah mencapai 10.000 km sebaiknya segeralah melakukan perbaikan AC.

Dalam perbaikan basic service, biasanya bengkel AC mobil akan melakukan pemeriksaan dan perawatan pada kompresor seperti mengganti oli dan membersihkan kotoran-kotoran yang menempel, kemudian mengganti receiver dryer dan filter kabin karena kedua komponen ini memang cuma sekali pakai.

Sementara itu untuk tipe perbaikan advance service biasanya dilakukan sekitar 2 tahun sekali. Berbeda dari basic service, dalam advance service komponen yang diperbaiki lebih banyak. Misalnya saja perawatan kompresor, evaporator, dan kondensor. Kemudian komponen expansion valve, receiver dryer, dan filter kabin pun akan diganti. Lantaran lebih banyak komponen yang diperiksa, maka durasi pengerjaan advance service pun lebih lama, yakni bisa mencapai 4 jam, tergantung dari tingkat kesulitan perbaikan komponen AC mobil Anda.

Biaya servis AC mobil memang bisa sangat bervariasi, tergantung dari kerusakan apa yang hendak diperbaiki dan tipe mobil apa yang Anda miliki. Di wilayah Jakarta, service AC mobil-mobil keluaran Jepang berkisar di Rp 300 ribuan, sedangkan untuk mobil-mobil produksi Eropa service AC bisa mencapai antara Rp 1,2 juta hingga Rp 2 jutaan.

Umumnya bengkel-bengkel service AC mobil telah memasukkan biaya penggantian freon jika memang freon AC mobil Anda harus diisi ulang. Namun ada juga yang menarik biaya isi freon secara terpisah. Biaya isi freon biasanya berkisar sekitar Rp 200 ribuan.

Mengapa biaya servis AC mobil buatan Jepang dengan Eropa bisa terpaut begitu jauh? Rupanya hal ini disebabkan karena mobil-mobil Eropa memang memiliki sistem pendingin yang lebih rumit dibandingkan dengan mobil buatan Jepang. Oleh sebab itu teknik dan alat yang dibutuhkan untuk memperbaiki AC mobil buatan Eropa tentunya lebih banyak. Apalagi karena tidak semua bengkel AC mobil mampu memperbaiki mobil-mobil Eropa.

Service AC mobil tersebut biasanya mencakup perawatan evaporator, pembersihan blower dan kondensor yang menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Biaya tersebut baru sebatas tarif jasa servis saja dan belum termasuk biaya penggantian spare part. Selain melakukan service atau perbaikan AC mobil secara umum, Anda juga dapat melakukan service AC mobil untuk tiap komponen. Biasanya suku cadang seperti kompresor atau evaporator pada mobil kerap bermasalah dan menyebabkan kinerja AC mobil Anda terganggu.

Sebagai bahan perbandingan, harga evaporator untuk mobil seperti Daihatsu Xenia sekitar Rp 900 ribuan, sedangkan untuk mobil Toyota Kijang kapsul harganya berkisar mulai Rp 800 ribuan. Berikut ini rincian kisaran biaya service atau perbaikan AC mobil di daerah Jakarta:

Baca juga  Kisaran Harga Terbaru Kaca Film Merek LLumar di Pasaran
Jenis Servis Kisaran Biaya
Cleaning kondensor Rp 175 ribu – Rp 200 ribu
Penggantian kondensor Rp 500 ribu – Rp 575 ribu
Receiver drier Rp 90 ribu – Rp 115 ribu
Expansion valve Rp 200 ribu – Rp 275 ribu
Fanbelt Rp 40 ribu – Rp 75 ribu
Extra fan Rp 300 ribu – Rp 400 ribu
Ganti evaporator Rp 800 ribu – Rp 900 ribu

Untuk diketahui, biaya service AC mobil bisa berbeda-beda tergantung dari jenis mobil, tingkat kerusakan AC mobil, dan di bengkel mana Anda melakukan servis. Jika Anda membutuhkan informasi yang lebih jelas dan detail seputar service AC mobil, Anda bisa langsung datang ke bengkel-bengkel AC mobil terdekat yang ada di kota Anda.

Jangan khawatir, apabila Anda hanya ingin mengecek kondisi AC mobil Anda biasanya beberapa bengkel AC mobil akan menggratiskan biaya pengecekannya, namun ada juga yang menarik biaya. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada pihak teknisi sebelum melakukan pengecekan.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.
  1. author

    Rotary Bintaro10 bulan ago

    Berarti harus siap anggaran Rp. 300.000 – Rp. 500.000 untuk servis mobil ya.
    Selanjutnya kalau mau service mobil harus siapkan waktu luang juga ya.
    Karena waktunya bakal lama.

    Reply

Leave a reply "Info Terbaru Kisaran Biaya Service AC Mobil"