Kisaran Biaya Service AC Mobil

1 comment 8743 views

Penyejuk kabin (air conditioner/) sudah menjadi wajib pada kendaraan roda empat era sekarang. Sama halnya dengan , AC juga membutuhkan secara berkala yang tidak boleh dilewatkan.

www.hariandepok.com

www.hariandepok.com

Kebanyakan, pemilik mobil baru melakukan servis AC ketika kondisinya sudah rusak atau suhunya tak lagi dingin. Padahal, kondisi ini salah kaprah dan malah menimbulkan pemborosan. Karena itu, melakukan service AC secara rutin atau berkala lebih dianjurkan.

Bagian AC yang paling sering diservis adalah kompresor. Jika AC rutin diservis sepert halnya ganti oli dan servis mesin, umur kompresor akan lebih panjang sehingga tidak perlu ganti komponen baru, setidaknya hingga garansi mobil habis.

Dalam kompresor AC, terdapat piston yang memerlukan pelumas. Jika jarang dicek, pelumas akan habis dan mengakibatkan kompresor jebol. Imbasnya, AC menjadi rusak dan tidak dingin. Tanda-tanda kompresor rusak antara lain mengeluarkan suara yang mirip orang tidur mendengkur.

Baca juga  Tarif Pengiriman JNE ke Luar Negeri (Paket dan Dokumen)

Karena itu, sekali lagi, service AC secara rutin sangat dianjurkan. Service AC meliputi ganti pelumas, refigeran, dan pembersihan. Biasanya, service ini dilakukan setahun sekali atau setiap 10.000 km (bagi mereka yang tinggal di perkotaan) hingga 20.000 km (bagi mereka yang tinggal di pedesaan). Jika tinggal di daerah yang memiliki tingkat polusi udara yang cukup tinggi, servis rutin AC bisa dilakukan setiap 3.000 km.

Ada dua servis AC yang dikerjakan berkala. Untuk servis tahunan, dilakukan pembersihan evaporator dan filter agar kotoran bisa kembali disaring dengan optimal. Sementara servis kedua, yaitu servis besar, dengan melakukan pembersihan secara menyeluruh, termasuk mencuci evaporator dan mengisi freon AC. Servis besar ini disarankan dilakukan tiap dua tahun sekali.

Lalu, berapa yang diperlukan untuk melakukan service AC secara rutin? service AC sangat bergantung jenis mobil. Biasanya, mobil keluaran Jepang akan dikenakan yang lebih murah dibanding mobil keluaran Eropa. Pasalnya, mobil pabrikan Eropa lebih susah dibongkar jika dibandingkan mobil-mobil asal Jepang.

Baca juga  Tarif atau Biaya Pengiriman Kargo ELTEHA

Untuk mobil keluaran Jepang, biaya servis AC dipatok Rp300.000 hingga Rp575.000. Sementara, mobil keluaran Eropa membutuhkan biaya Rp1.100.000 hingga Rp2.000.000, bergantung jenis mobil dan tingkat kesusahan. pengerjaan servis AC memakan waktu sekitar satu hingga delapan jam.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.
  1. author

    Rotary Bintaro6 bulan ago

    Berarti harus siap anggaran Rp. 300.000 – Rp. 500.000 untuk servis mobil ya.
    Selanjutnya kalau mau service mobil harus siapkan waktu luang juga ya.
    Karena waktunya bakal lama.

    Reply

Leave a reply "Kisaran Biaya Service AC Mobil"