Info Terupdate Kisaran Biaya Operasi Menghilangkan Tahi Lalat di Rumah Sakit

Sebagian orang memang perlu bersyukur karena dikaruniai wajah yang mulus tanpa bekas luka, kutil, tahi lalat, jerawat, atau apapun. Namun ada pula orang yang sejak lahir memiliki tahi lalat dan merasa kurang percaya diri dengan tahi lalat yang menghiasi area wajah atau area tubuh lainnya. Tahi lalat sendiri adalah kumpulan sel-sel melanosit (pigmen) yang membawa pigmen karoten berwarna kekuningan dan pigmen eumelanin berwarna cokelat kehitaman. Sel-sel tersebut kemudian terkumpul dan membentuk titik hitam di permukaan , di mana kandungannya didominasi oleh pigmen eumelanin.

Operasi Menghilangkan Tahi Lalat - www.alodokter.com

Operasi Menghilangkan Tahi Lalat - www.alodokter.com

Tahi lalat biasanya memang berwarna cokelat atau hitam. Namun ada pula tahi lalat yang warnanya hampir mirip seperti kulit. Tahi lalat yang warnanya cokelat atau hitam ternyata menandakan terjadinya penumpukan pigmen pada kulit.

Menurut beberapa spesialis kulit, tahi lalat sebenarnya jinak dan tak berbahaya, namun terkadang memang ada beberapa kasus di mana tahi lalat bisa berubah menjadi ganas dan membahayakan seseorang. Tahi lalat dianggap berbahaya apabila mengalami perubahan struktur, misalnya warnanya berubah jadi gelap atau warnanya tak lagi homogen (satu warna), tidak teratur, terasa gatal, dan berwarna kemerahan. Kasus semacam ini biasanya berlangsung pada seseorang yang mulai menginjak usia sekitar 30 tahun.

Operasi Menghilangkan Tahi Lalat - www.laprensalibre.cr

Operasi Menghilangkan Tahi Lalat - www.laprensalibre.cr

Jika tahi lalat yang Anda miliki ternyata menunjukkan indikasi lain yang lebih gawat seperti mudah berdarah, maka ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi Anda tersebut ke dokter untuk mengetahui solusi yang terbaik dan diagnosis yang tepat. Walaupun perubahan struktur tersebut bisa saja tak berbahaya, tetapi bisa juga pada kasus tertentu merupakan indikasi adanya kulit. Pembesaran ukuran tahi lalat sendiri seharusnya sangat terbatas. Meski seseorang akan mengalami pertambahan usia, tahi lalat seharusnya hanya akan mengalami pertambahan ukuran secara normal dan tak terlalu besar.

Baca juga  Info Biaya Pengobatan Kemoterapi untuk Penyakit Kanker di Rumah Sakit

Bila tahi lalat yang ada di tubuh Anda ternyata cukup mengganggu, maka ada beberapa cara untuk mengatasinya. Beberapa orang ada yang menggunakan cara alami seperti mengolesi tahi lalatnya dengan bawang putih, madu, atau ramuan tradisional lainnya. Bagi yang memiliki uang lebih akan memilih beberapa yang lebih canggih seperti laser, operasi bedah tahi lalat, atau memakai obat-obatan dan salep khusus yang diklaim dapat membuat tahi lalat hilang dalam kurun waktu tertentu. Namun obat-obat penghilang tahi lalat biasanya hanya menunjukkan hasil yang cukup signifikan pada tahi lalat yang ukurannya kecil dan sifatnya tak ganas.

Selain karena faktor dianggap mengganggu, mayoritas orang biasanya menghilangkan tahi lalat karena faktor penampilan hingga faktor fengsui. Yup, tak sedikit masyarakat Indonesia yang meminta tahi lalatnya diangkat lantaran dihubungkan dengan isu fengsui. Sebagai contoh tahi lalat yang letaknya di bawah mata dianggap kurang bagus lantaran dianggap sering menangis. Kemudian ada juga pendapat fengsui yang mengatakan bahwa tahi lalat di tengkuk tak bagus karena bisa menjadi beban saat membangun bisnis.

Metode untuk menghilangkan tahi lalat pun harus dikonsultasikan pada dokter spesialis terlebih dahulu untuk mengetahui cara yang paling tepat untuk menghilangkannya. laser atau yang biasa disebut ‘ablasi’ umumnya dianggap lebih efektif untuk menghilangkan tahi lalat yang berukuran kecil dan tak mempunyai akar yang panjang.

Sayangnya untuk tahi lalat yang memiliki akar, metode laser dianggap kurang efektif karena tak bisa menghilangkan tahi lalat hingga ke akarnya dan berpotensi membuat tahi lalat tumbuh kembali. Biasanya metode laser banyak ditawarkan oleh klinik-klinik kecantikan dengan biaya yang berkisar antara Rp 700 ribuan hingga Rp 1 jutaan, tergantung dari dan ukuran tahi lalat yang hendak dihilangkan.

Sementara itu untuk operasi bedah tahi lalat bisa dilakukan di sejumlah . Sebagai contoh di (RS) Al Islam Bandung biaya pengangkatan tahi lalat dengan metode bedah ringan (eksisi) tahun 2016 lalu dipatok antara Rp 600 ribuan hingga Rp 1,6 jutaan. Kemudian di RS Fatmawati Griya Husada biayanya berkisar Rp 2 jutaan, ada pula yang mengaku pernah menghabiskan dana antara Rp 2,5 juta hingga Rp 3 jutaan di dokter bedah plastik, dan yang terakhir ada yang pernah mengeluarkan biaya hingga Rp 6 juta untuk menghilangkan 4 tahi lalat sekaligus melalui metode operasi di RS Bina Estetika Menteng. Jika hendak melakukan operasi bedah tahi lalat, maka setidaknya Anda harus menyiapkan uang jutaan rupiah.

Baca juga  Biaya Filler Hidung di Klinik Kecantikan

Untuk diketahui, metode pembedahan biasanya menimbulkan bekas luka jahitan dan beberapa pasien yang pernah menjalani operasi bedah pengangkatan tahi lalat biasanya harus melakukan kontrol beberapa kali dengan dokter yang bersangkutan sampai pencabutan benang jahit hingga penyembuhan luka bedah sembuh total. Anda biasanya juga akan diberikan resep salep khusus yang dapat menyamarkan luka bekas jahitan. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk operasi pengangkatan tahi lalat bisa sangat bervariasi tergantung di rumah sakit mana Anda melakukannya dan sebesar apa tahi lalat yang hendak dioperasi.

Bagi Anda yang ingin menghilangkan bekas tahi lalat bisa memilih sendiri teknik mana yang Anda anggap paling aman dan paling tepat untuk tahi lalat yang Anda miliki. Anda tentunya juga harus menyesuaikan biaya menghilangkan tahi lalat dengan kemampuan Anda. Bila tahi lalat yang Anda miliki ternyata dinyatakan tidak berbahaya, ada baiknya untuk mensyukuri keberadaannya. Sebab tahi lalat tersebut juga bisa menjadi ciri khas tersendiri bagi penampilan Anda.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terupdate Kisaran Biaya Operasi Menghilangkan Tahi Lalat di Rumah Sakit"