Info Terkini Kisaran Biaya Isi Freon AC Mobil (Single & Double Blower)

merupakan pendingin ruangan atau kabin sehingga udara di dalamnya terasa sejuk. Saat ini, bisa dikatakan merupakan kebutuhan pokok setiap mobil di daerah dengan suhu udara cukup panas seperti di Indonesia. Karena itu, semua produsen mobil mengaplikasikan pada hampir setiap unit mobil yang mereka produksi.

Ilustrasi: Cara Isi Freon AC Mobil (credit: phoenixtowingservice)

Ilustrasi: Cara Isi AC Mobil (credit: phoenixtowingservice)

Salah satu atau bagian terpenting dalam sistem kerja AC mobil adalah refrigerant atau freon. Freon merupakan cairan khusus yang berguna untuk menciptakan hawa sejuk sehingga dapat mendinginkan udara di dalam kabin mobil. Ketika AC mobil Anda dinyalakan, freon akan disirkulasikan ke seluruh AC mobil lainnya dalam bentuk gas dan didistribusikan ke kabin penumpang mobil.

Freon AC mobil sendiri ada dua jenis, yaitu R12 dan R134a. Biasanya freon R12 terdapat pada mobil yang cenderung lebih tua, sedangkan freon R134a biasanya diperuntukkan untuk mobil dengan generasi yang lebih baru. Pengisian freon mobil harus dilakukan dengan freon yang sesuai agar tidak merusak sistem AC mobil Anda.

Karena berupa cairan yang diuapkan untuk menyejukkan ruangan, maka freon sudah pasti akan habis. Biasanya, freon habis disebabkan adanya kebocoran yang terjadi pada selang atau pipa yang menghubungkan beberapa komponen AC mobil. Jadi Idealnya, selama tidak ada kebocoran pada sistem AC yang membuat AC tidak dingin atau freon habis, maka freon tidak perlu diganti atau diisi ulang.

Namun sebaliknya, jika ada pengerjaan masalah AC, seperti kompresor macet, filter tersumbat, atau rusaknya komponen AC, maka memang perlu untuk mengganti atau mengisi freon. Ada beberapa indikasi yang bisa menunjukkan Anda harus mengganti isi freon AC mobil Anda, seperti kompresor AC yang tidak bekerja atau tidak berputar, AC mobil hanya mengembuskan angin yang tidak terasa dingin, dan extra fan tidak berputar ketika AC dinyalakan.

Pengisian freon ini juga tidak terlalu lama, sekitar 30 menit, dengan rincian 10 menit untuk pembuangan freon, 10 menit untuk proses pembuangan udara di dalam AC, dan 10 menit untuk mengisi oli kompresor serta mengisi freon. Meski mengisi freon bisa dilakukan secara mandiri, namun alangkah lebih bijak jika pemilik mobil memercayakan pekerjaan ini kepada orang yang lebih berkompeten.

Proses isi freon untuk AC mobil (sumber: yourmechanic.com)

Proses isi freon untuk AC mobil (sumber: yourmechanic.com)

Isi Freon AC Mobil

Lalu, berapa biaya yang diperlukan untuk melakukan isi freon AC mobil? Biaya isi freon bervariasi, tergantung harga freon tiap satu tabung freon, AC mobil, dan jenis mobil yang bersangkutan. Di pasaran saat ini, harga isi freon model single blower mulai Rp150 ribu, sedangkan isi freon model double blower dikenakan biaya mulai Rp250 ribuan. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, biaya isi freon untuk AC single blower mulai Rp200 ribu, sedangkan biaya untuk dua blower mulai Rp350 ribuan. Sementara, jika ganti filter, harganya mulai Rp100 ribuan untuk model low MPV dan city car.

Namun, yang perlu Anda ingat adalah bahwa tarif isi freon AC mobil yang diterapkan masing-masing bengkel AC kemungkinan bisa berbeda-beda tergantung dari tipe mobil dan AC Anda. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa datang atau menghubungi bengkel-bengkel service AC terdekat yang ada di kota tempat tinggal Anda.

[Update: Panca]

Baca juga  Harga Toyota Hilux Double Cabin 2016 Second
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Info Terkini Kisaran Biaya Isi Freon AC Mobil (Single & Double Blower)"