Update Harga Beras Merah Tropicana Slim

No comment3260 views

Tropicana Slim mungkin selama ini lebih terkenal sebagai merek untuk pemanis pengganti gula. Namun, brand yang sudah beredar lebih dari 40 tahun tersebut ternyata juga menyediakan produk-produk seperti minyak jagung, kecap manis, hingga beras merah. Khusus untuk beras merah Tropicana Slim, sekarang ditawarkan dengan harga mulai puluhan ribu rupiah untuk kemasan pouch 1 kg.

Ilustrasi: Beras Merah Organik Tropicana Slim (credit: Bukalapak)

Ilustrasi: Beras Merah Organik Tropicana Slim (credit: )

Beras merah adalah beras yang hanya mengalami pengelupasan lapisan paling luar dan tidak melalui proses penggilingan. Seperti diketahui, beras memiliki beberapa lapisan kulit; dan jika semua lapisan ini dikelupas, maka didapatkan beras putih. Lapisan kulit inilah yang mengandung banyak serat, mineral, dan vitamin. Proses pengelupasan seluruh lapisan beras yang mengubah beras merah menjadi beras putih menyebabkan kehilangan vitamin B3, B1, B6, mangan, fosfat, zat besi, serat, dan asam lemak.

Menurut Gargi Sharma, seorang ahli manajemen berat badan, beras merah dan beras adalah sumber serat, vitamin B, kalsium, seng, zat besi, mangan, selenium, dan nutrisi lain. Satu hal lagi, beras merah juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Beras merah mendapat dari antioksidan yang disebut anthocyanin. Senyawa ini juga ditemukan dalam buah yang berwarna ungu atau kemerahan. Senyawa ini diyakini bisa membantu mengurangi peradangan, alergi, menurunkan risiko kanker dan membantu menurunkan berat badan.

Kandungan mangan di dalam beras merah akan membantu memperkuat metabolisme, sedangkan magnesium akan membantu mengurangi migrain, menurunkan tekanan darah dan risiko serangan jantung. Kandungan kalsium dan magnesium juga akan menjaga kesehatan tulang dan , mencegah risiko artritis, dan osteoporosis, sedangkan selenium akan membantu melindungi tubuh dari infeksi.

Beras merah, dan juga beras cokelat, juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal tersebut membuat proses pencernaan menjadi lambat dan membuat sistem pencernaan menjadi lebih kuat. Serat juga membantu memperlambat karbohidrat menjadi gula darah. Oleh karena itu, makanan berserat ini juga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

Beras Merah - gunamorganic.com

Beras Merah - gunamorganic.com

Keunggulan Beras Merah Tropicana Slim

Tropicana Slim memproduksi beras merah organik, yang artinya beras ini berasal dari pertanian organik sehingga diklaim lebih tinggi serat dan kaya akan vitamin. Selain itu, beras merah organik juga bebas dari pestisida atau bahan kimia berbahaya. Karena itu, beras merah Tropicana Slim dikatakan baik untuk mereka yang menjalani harian.

Di samping itu, beras merah Tropicana Slim diklaim mengandung indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan beras putih. Karakteristik beras merah yang seperti inilah yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang tengah mengontrol kadar glukosa dalam darahnya, selain juga bagus untuk menurunkan berat badan.

Cara Mengolah Beras Merah Tropicana Slim

Untuk mengonsumsi beras merah Tropicana Slim tidaklah sulit dan terbilang praktis. Anda hanya perlu mencucinya hingga bersih dan tidak perlu menumbuknya, karena beras ini dijual dalam keadaan terpisah dari kulit arinya. Anda juga tidak perlu mencucinya dalam waktu yang lama, cukup sekali hingga dua kali bilas air bersih.

Anda bisa memilih cara memasak beras dengan cara di-steam, dikukus, atau menggunakan rice cooker. Bagi Anda yang suka dengan tekstur nasi yang lembek dan hampir mirip dengan bubur, mungkin Anda bisa memasaknya dengan cara di-steam dan menambahkan banyak air. Sementara itu, jika Anda lebih suka dengan tekstur nasi yang pulen dan sedikit kenyal, bisa mengukusnya menggunakan dandang atau menggunakan rice cooker. 

Ilustrasi: Menanak Beras Merah di Rice Cooker (credit: myasiancooking)

Ilustrasi: Menanak Beras Merah di Rice Cooker (credit: myasiancooking)

Keunggulan lain beras merah Tropicana Slim adalah tidak mudah kering dan tahan lama. Nasi yang dihangatkan menggunakan rice cooker tidak mudah kehilangan kadar air, karena beras merah ini cenderung mengikat air dan kadar airnya tidak mudah menguap. Selain itu, nasi tidak mudah basi meskipun memiliki kadar air yang tinggi.

Jika Anda tidak terlalu suka dengan tekstur nasi yang agak lembek atau berkadar air tinggi, Anda bisa mengurangi kadar airnya saat memasak. Beras yang masih setengah matang biasanya memiliki endapan air, atau biasa disebut dengan tajin, di atasnya. Anda bisa mengambil air ini untuk membuat nasi menjadi lebih kering. 

Beras merah organik Tropicana Slim juga bisa dijadikan bubur bayi atau sebagai MPASI (Makanan Pendamping ASI). Sebagian orang membuat MPASI sendiri menggunakan beras merah yang digiling atau ditumbuk. Supaya lebih mudah, Anda bisa menggunakan blender atau lesung.

Untuk bayi berusia enam hingga delapan bulan, Anda bisa membuat bubur beras merah dengan tekstur beras yang menyerupai tepung. Caranya, masukkan dua sendok makan tepung beras merah dari beras organik Tropicana Slim ke dalam panci dan tuang air sebanyak 200 ml. Setelah itu, nyalakan kompor dengan api kecil dan aduk hingga mendidih dan menjadi bubur. Supaya lebih bergizi untuk si kecil, Anda bisa mengganti air dengan air susu dan menambahkan irisan sayuran atau daging giling. 

Harga Beras Merah Tropicana Slim

Beras merah Tropicana Slim kini sudah bisa dibeli di berbagai toko bahan pangan, minimarket, supermarket, maupun secara online lewat sejumlah situs e-commerce. Sebagai referensi, harga beras merah Tropicana Slim  kemasan 1 kg saat ini sekitar Rp42.400 hingga Rp67.600. Harga beras merah ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, beras merah Tropicana Slim ditawarkan dengan harga Rp33.000 hingga Rp50.000 per kg.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Kisaran Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Singapura
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Beras Merah Tropicana Slim"