Spesifikasi dan Info Terbaru Harga Limusin Mewah Toyota Century

Century adalah sebuah mobil limusin empat pintu khusus untuk pasar Jepang. Sementara, secara global, seri Lexus LS yang tidak terkait adalah mewah andalan Toyota di beberapa pasar di luar Jepang. Produksi kendaraan ini dimulai pada tahun 1967 dan tersebut hanya menerima sedikit perubahan sampai terjadi desain ulang pada tahun 1997.

Century memperoleh namanya dari ulang tahun ke-100 Sakichi Toyoda, pendiri Toyota Industries. Mobil ini tersedia hanya dengan mesin V8 pada perkenalannya pada tahun 1967 sampai desain ulang utama di tahun 1997. Saat ini, Century hanya tersedia dengan mesin V12 buatan Toyota, sebuah mesin yang hanya ditujukan untuk kendaraan tersebut.

Toyota Century - bringatrailer.com

Toyota Century - bringatrailer.com

Meski Century adalah kendaraan kategori premium, sedan mewah penuh, namun mobil ini tidak tersedia di dealer Lexus Jepang. Mobil Century hanya bisa dibeli di lokasi Toyota Store yang teridentifikasi secara spesifik. Logo yang digunakan di seluruh dealer ini disebut Hō-ō ō atau Fushichō dari mitologi Asia, mewakili Imperial House of Japan.

Gaya eksterior Century sebenarnya telah menerima beberapa modifikasi, tetap tidak berubah sejak diperkenalkan, terutama karena status sosialnya yang dianggap sebagai “kendaraan pilihan yang menunjukkan kesuksesan konservatif”. Tampilannya yang ikonik di negara-negara Asia, biasanya dicat hitam.

Pesaing asal Jepang yang paling dekat adalah Nissan President, dengan reputasi yang sama, meskipun selama era 1960-an hingga 1970-an, posisi pasar yang tinggi juga dibagikan dengan Mitsubishi Debonair. Sebaliknya, Century hanya bersaing singkat dengan sedan besar yang disebut Isuzu Statesman de Ville dan Mazda Roadpacer (berasal dari produk General Motors-Australia) yang berumur pendek.

Generasi Pertama

Generasi pertama Century didasarkan pada Crown Eight 1964, yang menampilkan mesin 2.6L V8 Toyota 3V, dan muncul hampir dua tahun setelah Nissan merilis President pada bulan Oktober 1965. Century yang meluncur tahun 1967 ini didukung upgrade dari mesin Crown Eight, 3.0L 3V. Pada tahun 1973, diperkenalkan varian dengan mesin 3.4L 4V-U, dan mesin itu sekali lagi diubah menjadi 4.0 L 5V-EU pada tahun 1982, dengan pemasangan injeksi bahan bakar, dan pemasangan kontrol emisi Toyota yang disebut “TTC”.

Generasi pertama Toyota Century tetap tidak tersentuh selama 30 tahun yang mengesankan, terlepas dari perubahan desain kecil dan upgrade mesin. Century diproduksi dalam jumlah terbatas dan dibangun dalam mode “nyaris buatan tangan”. Mobil ini sendiri sering digunakan oleh Imperial House of Japan, Perdana Menteri Jepang, pemimpin pemerintahan senior, dan pengusaha eksekutif tingkat tinggi. Bisa dibilang, Century sebanding dengan Austin Princess/Daimler DS420, ZIS/ZIL, Chinese Red Flag, dan Rolls-Royce.

Toyota Century - en.wikipedia.org

Toyota Century - en.wikipedia.org

Pada tahun 1982, Century menerima perubahan model pertamanya, memperbarui seluruh kendaraan di bagian interior dan eksterior, dan memasang mesin yang lebih besar. Penampilan inilah yang hampir tidak berubah ke versi saat ini, karena kemunculan Century yang diperkenalkan pada tahun 1982 itu sangat diminati oleh pelanggannya, selain adanya komunikasi multiplexing serat optik.

Pada bulan Oktober 1989, limusin Century meluncur. Kendaraan ini memilliki ukuran 650 mm (26 inci) lebih panjang, dengan jarak sumbu roda 3.510 mm (138,2 inci), kira-kira punya dimensi yang sama dengan seri Cadillac de Ville, Lincoln Town Car, Mercedes-Benz S -Class, atau Rolls-Royce Silver Spirit. Limusin tersebut juga menerima atap vinyl berlapis standar dan jendela opera di pilar tengah.

Generasi Kedua

Century menerima desain ulang lengkap pada bulan April 1997, meskipun model baru ini secara visual sangat mirip dengan generasi sebelumnya. Model saat ini didukung oleh mesin 1GZ-FE V12 berkapasitas 5.0L yang mampu meletupkan daya maksimal 280 PS (206 kW, 276 HP), yang awalnya didukung transmisi otomatis 4 percepatan, sebelum akhirnya ditingkatkan menjadi transmisi “cerdas” 6 percepatan pada tahun 2005.

Century adalah model Toyota yang paling mewah sejak diperkenalkan tahun 1967, dan mempertahankan status ini sepanjang abad ke-20. Saat ini, kendaraan tersebut diposisikan di atas jajaran Lexus, dan tetap menjadi model paling mewah dan bergengsi untuk memakai lencana Toyota. Century dibedakan dengan pilihan cat yang berbeda dari jajaran Toyota lainnya. Century berbagi peran andalan dengan Toyota Crown Majesta, namun dengan pendekatan dan penampilan yang lebih modern yang menarik bagi pembeli yang lebih muda.

Toyota Century - www.carscoops.com

Toyota Century - www.carscoops.com

Seperti mobil lain di bagian atas kelas mewah, Century memiliki kursi belakang bersandar dan kursi penumpang depan memiliki bagian tengah lipatan sehingga penumpang di belakang bisa meregangkan kakinya ke depan. Kursi belakang dilengkapi dengan sistem pijat. Pintu eksterior bisa terbuka secara elektrik karena bunyi pintu yang dibuka secara mekanis dianggap “terlalu menonjol”.

Interior kendaraan biasanya dibungkus dengan kain wol, bukan kulit yang terlihat di banyak mobil mewah. Kendaraan dapat dipesan dengan warna apa pun yang diinginkan pembeli, termasuk cokelat muda, merah anggur, atau biru royal, dengan cat eksterior hitam. Kendaraan yang ditujukan untuk layanan livery biasanya memiliki interior kulit berwarna abu-abu, untuk memudahkan pembersihan interior dan daya tahan. Produksi generasi kedua ini sendiri dihentikan pada 4 Februari 2017.

Baca juga  Spesifikasi dan Info Terbaru Harga MINI Cooper Clubman

Toyota Century

Pada tahun 2009 lalu, pabrikan Jepang menawarkan Toyota Century dengan harga mulai 11.445.000 yen atau setara Rp1,28 miliar. Sebagai perbandingan, harga dasar untuk Lexus LS 460 tahun 2008 adalah sekitar 10.000.000 yen dan Lexus LS 600 ditawarkan dengan harga mulai 15.000.000 yen. Saat ini, Toyota Century dipasarkan dengan harga mulai USD 130.000 atau sekitar Rp1,73 miliar.

Pada tahun 2015 lalu, Toyota Century sempat menyapa publik Tanah Air, yang kala itu hanya hadir dalam tiga unit saja. Saat itu, satu unit Toyota Century dijual di pasar dengan harga Rp6 miliar. Konsumen yang ingin memiliki kendaraan tersebut pun harus melakukan inden selama kurang lebih satu tahun.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi dan Info Terbaru Harga Limusin Mewah Toyota Century"