Update Biaya Balik Nama Motor dan Mobil Gratis, Catat Tanggalnya!

Pemilik kendaraan bermotor “second hand” atau bekas, baik maupun , memang disarankan untuk segera mengganti nama orang lain yang tertera di BPKB dan STNK kendaraan dengan namanya sendiri. Balik nama ini dimaksudkan agar tidak menyulitkan pemilik kendaraan di kemudian harinya, terutama ketika mengurus perpanjangan STNK.

Balik Nama Motor - www.cermati.com

Balik Nama Motor - www.cermati.com

Sayangnya, karena alasan yang ribet serta yang mahal, banyak pemilik kendaraan yang akhirnya enggan untuk melakukan balik nama BPKB dan STNK. Untuk itu, sejumlah otoritas daerah di pun melakukan balik nama gratis atau tanpa dipungut biaya, baik untuk mobil maupun sepeda motor. ini lebih populer dengan istilah pemutihan.

Di Provinsi Jawa Barat misalnya, mulai 13 Juni 2016 lalu, Gubernur Provinsi Jawa Barat telah memberlakukan pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN KB) dan denda BBN KB dari luar Provinsi Jawa Barat yang melakukan mutasi masuk ke provinsi tersebut. Pembebasan BBN KB dan denda BBN KB ini tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat dengan Nomor 973/400-Dispenda/2016 tentang Pemberian Pembebasan BBN KB Luar Provinsi.

Baca juga  Info Tarif & Daftar Armada Taksi yang Ada di Jogja

Pembebasan BBN KB dan denda BBN KB ini berlaku mulai dari 13 Juni 2016 sampai dengan 30 Desember 2016. Dasar pertimbangannya, adalah masih banyaknya kendaraan bermotor yang digunakan sebagai kendaraan operasional dan belum terdaftar serta belum dimutasikan ke wilayah administrasi Provinsi Jawa Barat, selain untuk meringankan beban pemilik kendaraan bermotor.

Masyarakat hanya perlu membayar biaya pajak pokok kendaraan saja dan bila masa BBN KB terjadi perubahan kendaraan, baik dari segi bentuk dan pergantian mesin, maka pemilik kendaraan wajib melaporkan dengan mengisi data objek dan subjek pajak (paling lambat satu bulan sejak pergantian). Jika tidak dilaporkan, akan dikenakan sanksi administratif dan denda sebesar 25 persen.

Selain di Jawa Barat, pembebasan BBN KB dan denda pajak kendaraan juga diberlakukan di Provinsi Jawa Tengah, sesuai Peraturan Gubernur No. 46/2016 tentang Tata Cara Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Bagi Kendaraan Bermotor Dalam Provinsi Jawa Tengah dan Pembebasan Sanksi Administratif Pajak Kendaraan Bermotor. Pembebasan biaya tersebut berlaku mulai 22 November 2016 hingga 30 Desember 2016.

Baca juga  Tarif Layanan Go-Jek di Malang Raya

Kebijakan yang sama juga diberlakukan di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Program tersebut berlaku hingga 31 Desember 2016. Namun, ada beberapa komponen yang harus dilengkapi ketika melakukan permohonan balik nama kendaraan. Selain itu, STNK, plat, BPKB yang harus ganti, tetap dipungut biaya.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Update Biaya Balik Nama Motor dan Mobil Gratis, Catat Tanggalnya!"