Informasi Biaya Terbaru Tes Uji Latih (Treadmill) Jantung

Treadmill test atau uji latih selama ini dilakukan untuk mendeteksi secara dini apakah seseorang menderita jantung koroner atau tidak. Dengan melakukan treadmill jantung ini tingkat keberhasilan atau akurasi mendeteksi penyakit jantung mencapai 78%.

Treadmill Jantung - www.prodia.co.id

Treadmill Jantung - www.prodia.co.id

Namun ternyata uji latih (exercise testing) yang umumnya dilakukan ketika medical check up ini rupanya tak hanya berguna untuk mendeteksi penyakit jantung pada seseorang, tetapi juga bermanfaat untuk mencegah serangan penyakit jantung, evaluasi pengobatan jantung, hingga menentukan tingkat kebugaran seseorang.

Dengan melakukan tes treadmill, Anda bisa menentukan latihan atau olahraga yang tepat dan aman bagi jantung Anda. Sayangnya banyak orang yang tak mau menjalani treadmill jantung karena merasa dirinya sehat-sehat saja. Tak ayal jika kita kerap mendengar berita orang yang tiba-tiba meninggal secara mendadak ketika bermain sepakbola atau aktivitas lainnya.

Tiap orang mempunyai tingkat kebugaran yang berbeda-beda. Seiring dengan pertambahan usia seseorang, maka tingkat kebugarannya juga akan menurun. Jika usia Anda bertambah 10 tahun, maka tingkat kebugaran Anda juga akan mengalami penurunan sebanyak 10%.

Baca juga  Kisaran Biaya Rontgen Gigi Panoramic & Cephalometric

Sebagai contoh, seseorang yang berada pada rentang usia 40-50 tahun dianggap mempunyai tingkat kebugaran yang baik bila ia dapat melalui durasi 10 menit uji latih jantung (treadmill test). Setelah mengetahui tingkat kebugaran yang dimiliki, orang tersebut diharapkan tak melakukan olahraga berat atau menjaga kondisi detak jantungnya pada rentang angka 60-75%.

Sedangkan untuk penderita penyakit jantung, tes treadmill juga bisa berfungsi sebagai prognosis atau stratifikasi kemungkinan serangan jantung atau meninggal akibat penyakit jantung. Selain itu juga dapat mengevaluasi hasil pengobatan atau tindakan tertentu, serta membuat program latihan fisik khusus untuk sang penderita jantung.

Exercise stress test pada dasarnya merupakan pemeriksaan EKG (elektrokardiografi) yang dilakukan sembari memberi beban pada jantung pasien, antara lain dengan cara berlari di treadmill atau bersepeda di ergocycle. Prosedur tes ini akan dipantau dan diinterpretasikan langsung oleh spesialis jantung atau lain yang ahli dalam bidangnya.

Baca juga  Berapa Biaya Tes Buta Warna di Rumah Sakit?

Pasien yang disarankan menjalani tes treadmill jantung biasanya adalah seseorang yang memiliki keluhan diduga atau berhubungan dengan penyakit jantung, seseorang yang memiliki faktor risiko penyakit jantung, atau pasien yang berusia di atas 40 tahun.

Tes treadmill biasanya dilakukan secara menyeluruh dengan pemeriksaan kesehatan. Oleh sebab itu pihak klinik atau akan mengenakan paket. Namun Anda juga bisa menjalani tes treadmill saja di klinik tertentu seperti Prodia. Berikut daftar tes treadmill jantung di beberapa .

Nama Sakit Biaya Treadmill Jantung
Laboratorium Klinik Prodia Rp 500.000
RS Ananda Bekasi Paket Pribadi 2 (Gold): Rp 1.933.000

Paket 3 (Platinum): Rp 2.592.000

RS St. Carolus Summarecon Serpong Paket Cardio Advance (TMT): Rp 1.100.000

Paket Cardio Lengkap: Rp 1.600.000

RS Grha Kedoya Paket Jantung Prima A: Rp 1.370.000

Paket Jantung Prima B: Rp 900.000

Baca juga  Biaya Tes OAE dan BERA Untuk Deteksi Dini Gangguan Pendengaran
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Informasi Biaya Terbaru Tes Uji Latih (Treadmill) Jantung"