Update Terbaru 2017, Harga Lobster Air Tawar Untuk Ternak dan Konsumsi

Indonesia memang dikenal memiliki sumber daya alam yang melimpah. Kekayaaan sumber daya alam ini salah satunya adalah air tawar. Dari sekian banyak hasil perikanan tawar, salah satu yang banyak dicari adalah lobster.

Diketahui lobster merupakan yang kaya gizi sekaligus memiliki rasa yang gurih. Maka dari itu, meskipun harganya yang tergolong mahal, namun tidak menurunkan minat untuk membeli sajian kuliner seafood ini.

Lobster Air Tawar - (Sumber: jitunews.com)

Lobster Air Tawar - (Sumber: jitunews.com)

Bagi pebisnis, membudidaya lobster air tawar ini menjadi sesuatu yang menggiurkan. Bagi pemula yang ingin berwiraswasta, lobster ini juga dirasa mudah dan sederhana untuk dilakukan. Sebab, meskipun habitat asli lobster air tawar adalah di sungai dan di rawa-rawa serta danau. Namun banyak sarana yang dapat digunakan.

Misalnya budidaya ini bisa dilakukan dengan air tawar di sekitar halaman rumah. Hanya dengan kolam seluas 1m x 1m ini, pebisnis bisa menghasilkan 1 kg lobster. Namun, untuk hasil tumbuh kembang yang baik, lobster air tawar membutuhkan kandungan oksigen terlarut di atas 4 ppm.

Pada budidaya secara ekstensif petani hanya menaruh indukan pada kolam tersebut pada masa berkala kolam tersebut dikeringkan dan lobster yang sudah memenuhi komersial akan dijual dan sisanya akan dikembalikan ke kolam tanah tersebut. Pada budidaya secara intensif petani mulai memberi pakan ke dalam kolam dengan berbagai macam makan sayur-sayuran termasuk pakan komersil.

Budidaya secara intensif memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan secara ekstensif.  Media lain yang sering digunakan adalah kolam semen atau kolam fiber (tank). Kolam semen dan kolam fiber ini banyak digunakan untuk membesarkan burayak sampai berat sekitar 5 cm.  Di Indonesia budidaya lobster air tawar banyak dilakukan dalam skala perumahan terutama pada pembenihan.

Berbudidaya lobster dianggap lebih cepat dan lebih gampang jika dibandingkan dengan budidaya udang windu atau udang galah yang relatif lebih sedikit dan rumit. Dengan sedikit modal dan tekad yang kuat, maka setiap orang bisa membudidayakan dan meraup keuntungan dari lobster air tawar ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk terjun langsung dalam budidaya lobster air tawar, berikut adalah terbaru harga lobster air tawar yang tersedia di pasaran.

Baca juga  Info Terbaru Daftar Harga Lengkap Menu Donat di Dunkin’ Donuts

Lobster Red Claw

Jenis Lobster Harga (Rp)
Benih 2 inchi 2.500 per ekor
Benih 3 inchi 5.000 per ekor
Indukan 4 inchi UP 110.000 per set
Indukan 5 inchi UP 180.000 per set
Indukan 6 inchi UP 220.000 per set

Lobster Khusus Konsumsi

Ukuran Lobster Harga (Per Kg)
30-35 Rp100.000
25-30 Rp110.000
20-25 Rp130.000
15-20 Rp150.000
10-15 Rp180.000
1-9 Rp210.000

Lobster Air Tawar Clarkii

Jenis Lobster Harga (Per Ekor)
Snow white/putih 3-4 inchi jantan Rp15.000
Snow white/putih 3-4 inchi betina Rp20.000
Merah 2-2,5 inchi Rp4.000
Merah 3-4 inchi Rp10.000
Orange 2-2,5 inchi Rp5.000
Orange 3-4 inchi Rp15.000

Lobster Air Tawar Yabby

Jenis Lobster Harga (Per Ekor)
Benih 1 inchi Rp10.000
Benih 2 inchi Rp20.000

Untuk jenis lobster siap konsumsi, umumnya berusia antara 6-8 bulan, tergantung dari laju pertumbuhannya. Bobot lobster siap konsumsi idealnya 85-100 gram per ekor atau setara 12 ekor untuk 1 kg. Ukuran tersebut merupakan ukuran yang berdasarkan permintaan pasar. Namun perlu diingat bahwa semakin besar ukuran lobster maka harganya pun semakin mahal.

Lobster Air Tawar - (Sumber: carabudidayaternak.net)

Lobster Air Tawar - (Sumber: carabudidayaternak.net)

Lobster air tawar tidak mudah stres dan tidak mudah terserang penyakit. Asalkan kebutuhan pakan, kualitas air, dan kebutuhan oksigen terpenuhi maka lobster dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat.  Jika dilihat dari iklim dan siklus musimnya, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk melakukan budi daya lobster air tawar sepanjang tahun.

Lobster air tawar yang umumnya bertelur 4–5 kali dalam setahun dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain kondisi iklim yang sangat mendukung, sumber pakan alami bagi lobster tersedia cukup banyak di alam dan mudah diperoleh. Dengan pakan alami tersebut, lobster akan tumbuh dengan cepat. Oleh karena budi daya lobster tidaklah sulit maka bisnis ini dapat digunakan sebagai usaha sampingan.

Baca juga  Info Lengkap dan Terbaru Biaya Sewa Gedung Resepsi Pernikahan di Jakarta

Pemberian pakan lobster ini dengan frekuensi 2 kali sehari, yakni pada pagi dan sore hari. Di atas permukaan kolam sebaiknya ditaburi lembaran daun ketapang. Hal ini bertujuan agar bisa teduh dan lobster tidak kepanasan. Selain itu, di dalam kolam dibuatkan lubang pelindung, berbahan dasar dari pipa paralon.

Lobster air tawar ini bisa dipanen setelah dua bulan pasca tabur benih. Satu kilogram lobster bisa berisi 10 hingga 15 ekor lobster. Tentunya hal ini bisa dijadikan peluang bagi Anda yang ingin mengembangkan budidaya air tawar di lingkungan tempat tinggal Anda. Terlebih pemasaran lobster ini juga tidak sulit karena banyaknya minat masyarakat yang mengkonsumsi lobster.

loading...

Leave a reply "Update Terbaru 2017, Harga Lobster Air Tawar Untuk Ternak dan Konsumsi"