Spesifikasi dan Update Harga PlayStation 2 Second/Bekas

No comment 103499 views

Bagi para penggemar , terutama konsol, pasti sudah tidak asing lagi dengan 2. Konsol yang sering disingkat PS2 ini sempat menjadi salah satu yang laris di pasaran di awal milenium ketiga. Saat ini, meski sudah digantikan oleh generasi terbaru, namun bekas atau 2 masih banyak diburu, salah satunya karenanya harganya yang terjangkau.

PlayStation 2 (PS2) sendiri adalah konsol video game rumahan yang dikembangkan oleh Computer Entertainment. Produk ini adalah penerus PlayStation, dan merupakan generasi kedua dalam jajaran konsol PlayStation. PS2 pertama kali dirilis pada tanggal 4 Maret 2000 di , lalu 26 Oktober 2000 di Amerika Utara, 24 November 2000 di Eropa, dan 17 November 2000 di Australia. Kala itu, konsol game ini bersaing dengan Dreamcast buatan Sega, Xbox milik Microsoft, dan GameCube karya Nintendo di konsol permainan video generasi keenam.

Bermain PS2 - (Sumber: crosswalk.com)

Bermain PS2 - (Sumber: crosswalk.com)

Perusahaan asal Jepang pertama kali mengumumkan generasi PlayStation 2 pada tahun 1999. Konsol ini merupakan konsol PS pertama yang menawarkan kompatibilitas mundur untuk pengendali DualShock pendahulunya, dan juga untuk permainannya. PlayStation 2 adalah konsol video game terlaris sepanjang masa, terjual lebih dari 155 juta unit di seluruh dunia, dengan 150 juta dikonfirmasi oleh Sony pada tahun 2011.

Lebih dari 3.874 judul game telah dirilis untuk PS2 sejak pertama kali diluncurkan, dan lebih dari 1,5 miliar kopi telah terjual. Sony kemudian membuat beberapa revisi ringan dari konsol yang dikenal sebagai model Slimline pada tahun 2004 dan juga pada tahun 2006. Di tahun 2006, pabrikan Negeri Sakura mengumumkan dan meluncurkan pengganti PS2, yaitu PlayStation 3.

Meski generasi terbaru telah dirilis, namun PlayStation 2 tetap populer dengan baik ke generasi ketujuh dan terus diproduksi hingga tanggal 4 Januari 2013. Sony kala itu mengumumkan bahwa produksi PS2 telah dihentikan setelah perjalanan selama 13 tahun (salah satu yang terpanjang dalam sejarah konsol video game).

Spesifikasi PlayStation 2

Perangkat lunak PlayStation 2 didistribusikan di CD-ROM dan DVD-ROM. Selain itu, konsol juga bisa memutar CD audio dan film DVD, dan kompatibel dengan game PlayStation generasi pertama. PS2 juga mendukung kartu memori PlayStation dan pengendali, meski kartu memori PlayStation asli hanya bekerja dengan permainan PlayStation oroginal dan pengendali mungkin tidak mendukung semua fungsi (seperti tombol analog) untuk game PS2.

Kartu memori PlayStation 2 standar memiliki kapasitas 8 MB. Ada jugs berbagai kartu memori buatan non-Sony yang tersedia untuk PlayStation 2, yang memungkinkan kapasitas memori lebih besar dari standar 8 MB. Konsol ini juga dilengkapi port ekspansi USB dan IEEE 1394 (Firewire). Sebuah hard disk drive dapat dipasang di teluk ekspansi di bagian belakang konsol, dan diharuskan memainkan game tertentu, terutama Final Fantasy XI yang populer.

Sementara itu, perangkat keras menggunakan CPU Engine Emotion yang dirancang khusus, dengan kinerja floating point 6.2 GFLOPS, dan GPU Graphics Synthesizer yang dirancang khusus, dengan fillrate 2,4 gigapixels/detik, yang mampu menghasilkan hingga 75 juta poligon per detik. Ketika memperhitungkan seperti pencahayaan, pemetaan tekstur, kecerdasan buatan, dan fisika permainan, ia memiliki kinerja dunia nyata dari 3 juta sampai 16 juta poligon per detik.

Untuk urusan video, PS2 mungkin secara native mengeluarkan resolusi video pada SDTV dan HDTV dari 480i menjadi 480p. Sementara, game lainnya, seperti Gran Turismo 4 dan Tourist Trophy, diketahui mendukung resolusi 1080i berskala 33, dengan menggunakan salah satu dari standar seperti video komposit ( 480i), S-Video (480i), RGB (480i/p), VGA (untuk permainan pemindaian progresif dan hanya PS2 Linux), video komponen YPBPR (yang menampilkan game PlayStation paling asli dalam mode asli mereka 240p), dan D-Terminal. Kabel tersedia untuk semua jenis sinyal ini. Selain itu, modulator RF tersedia agar sistem dapat terhubung ke TV yang lebih tua.

Konsol PS2 sendiri telah mengalami banyak revisi, yang melibatkan perubahan eksternal yang substansial. Konsol PS2 terutama dibedakan menjadi model yang menampikan desain casing yang “gemuk” dan model “slim” yang pertama kali diluncurkan tahun 2004. Pada tahun 2010, Sony Bravia KDL-22PX300 tersedia bagi , yang merupakan televisi HD-Ready 22" yang menggabungkan PlayStation 2 built-in.

Warna standar PS2 adalah hitam matte. Beberapa variasi warna lalu diproduksi dalam jumlah dan di daerah yang berbeda, termasuk ceramic white, light yellow, metallic blue (aqua), metallic silver, navy (star blue), opaque blue (astral blue), opaque black (midnight black), pearl white, sakura purple, satin gold, satin silver, snow white, super red, transparent blue (ocean blue), dan pink yang merupakan limited edition.

Playstation 2 - (Sumber: gamesradar.com)

Playstation 2 - (Sumber: gamesradar.com)

Pada bulan September 2004, Sony meluncurkan revisi perangkat keras utama yang ketiga. Tersedia pada akhir Oktober 2004, ukurannya lebih kecil, lebih tipis, dan lebih “tenang” dari versi aslinya dan menyertakan port Ethernet built-in (di beberapa pasar juga memiliki modem terintegrasi). Karena profilnya yang tipis, ia tidak memiliki tempat ekspansi 3.5” dan karena itu tidak mendukung hard disk internal.

PlayStation 2 Second

Seperti diutarakan sebelumnya, perusahaan Negeri Matahari Terbit telah memutuskan menghentikan produksi PS2 pada tahun 2013. Namun, jika Anda masih ingin bermain konsol game ini, tersedia produk bekas atau second-nya di pasaran dengan harga yang relatif terjangkau. Di salah satu situs jual beli online, produk PS2 bekas sekarang ditawarkan dengan harga mulai Rp400.000 hingga Rp1.000.000, tergantung kondisi barang yang bersangkutan.

Baca juga  Update Harga Fitting Lampu Plafon Terbaru di Pasaran
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Spesifikasi dan Update Harga PlayStation 2 Second/Bekas"