Info Terbaru Tarif Dokter Umum & Pelayanan BPJS Kesehatan

No comment 11263 views

Sejak diperkenalkan dari beberapa tahun lalu, banyak orang yang merasakan manfaat dari . Pasalnya setiap pemeriksaan atau segala tindakan medis dari para peserta BPJS di fasilitas tingkat pertama benar-benar ditanggung seutuhnya oleh . Para peserta yang telah terdaftar hanya perlu membayar iuran bulanan secara rutin dan bisa menikmati beragam kesehatan secara cuma-cuma, termasuk berkonsultasi ke dokter umum.

BPJS Kesehatan - news.detik.com

BPJS Kesehatan - news.detik.com

Berkonsultasi atau memeriksakan kesehatan Anda pada dokter umum di BPJS memang tak dipungut alias gratis. atau pelayanan rawat jalan tingkat pertama (RJTP) dibayarkan oleh pihak BPJS kepada pihak fasilitas kesehatan dengan menggunakan sistem kapitasi, yakni berdasarkan jumlah peserta yang terdaftar di suatu fasilitas kesehatan tersebut tanpa pengenaan pada peserta. Berikut ini informasi besaran tarif kapitasi BPJS:

Jenis Fasilitas Kesehatan Tarif Kapitasi BPJS
Puskesmas atau fasilitas kesehatan yang setara Rp 3.000 – Rp 6.000
RS Pratama, Klinik Pratama, Praktek Dokter, atau fasilitas kesehatan yang setara Rp 8.000 – Rp 10.000
Praktik Dokter Gigi di luar fasilitas kesehatan pada poin pertama dan kedua Rp 2.000

Kapitasi sendiri merupakan sistem pembayaran dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diberikan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berdasarkan jumlah peserta yang terdaftar dalam FKTP. Kapitasi dibayarkan oleh BPJS Kesehatan berdasar banyak dokter, sarana dan prasarana, serta waktu dalam memberikan pelayanan pada suatu FKTP. Sehingga, jika di salah satu faskes misalnya jumlah peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar adalah 122.414 orang, nantinya akan dikalikan Rp 6.000 dan tiap bulannya FKTP tersebut mendapatkan kapitasi senilai Rp 734.484.000.

BPJS Kesehatan - finance.detik.com

BPJS Kesehatan - finance.detik.com

Kapitasi tersebut dibayarkan secara rutin oleh pihak BPJS Kesehatan setiap bulan di muka. Sebesar 60% angka kapitasi dipakai untuk jasa medis atau jasa pelayanan kesehatan dan sisanya digunakan sebagai biaya operasional suatu fasilitas kesehatan. Sebelumnya memang sempat beredar isu bahwa dokter BPJS hanya dibayar Rp 2.000 per pasien. Padahal yang dimaksud adalah Rp 2.000 per jumlah pasien BPJS yang terdaftar dalam sebuah FKTP.

Selain melakukan konsultasi atau rawat jalan di dokter umum, para peserta BPJS Kesehatan juga bisa mendapatkan pelayanan rawat inap secara gratis sesuai dengan kelas yang terdaftar. Jadi untuk pasien BPJS kelas III hanya dapat menerima pelayanan rawat inap di ruangan kelas 3 yang terdiri dari 4-6 pasien di tiap kamar, kemudian untuk peserta BPJS kelas II mendapat fasilitas kamar rawat inap kelas 2 yang umumnya terdiri dari 3-5 peserta di tiap ruangan, serta peserta BPJS kelas I juga akan memperoleh fasilitas kamar rawat inap kelas 1 yang biasanya terdiri dari 2-4 pasien di tiap kamar.

Para peserta BPJS Kesehatan juga dapat meminta naik kelas dari kelas 3 ke kelas 2, dan demikian seterusnya. Namun peserta nantinya akan diminta membayar selisih biaya dari kelas yang terdaftar sebelumnya dengan biaya dari kelas yang tengah diajukan.

Untuk menikmati sederet fasilitas kesehatan gratis dari BPJS Kesehatan, maka para peserta BPJS Kesehatan mandiri diwajibkan membayar biaya iuran yang berbeda-beda tergantung dari kelas atau tingkatannya. Pembayaran iuran dilakukan paling lambat tanggal 10 setiap bulannya. Berikut info besarnya iuran per bulan bagi peserta BPJS Kesehatan mandiri:

  • Kelas III sebesar Rp 25.500 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang Kelas III.
  • Kelas II sebesar Rp 51.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.
  • Kelas I sebesar Rp 80.000 per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

Dengan membayar iuran BPJS Kesehatan secara rutin setiap bulannya, setiap peserta yang terdaftar berhak mendapatkan sejumlah manfaat yang meliputi pelayanan promotif dan preventif, pemeriksaan, , konsultasi medis, tindakan operatif maupun non operatif non spesialistik, pelayanan obat dan bahan medis habis pakai, transfusi darah sesuai kebutuhan medis, pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium, hingga rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi. Pihak BPJS akan sepenuhnya menanggung seluruh kebutuhan para peserta BPJS.

Pendaftaran untuk menjadi peserta BPJS Kesehatan pun cukup mudah, Anda tinggal datang ke kantor BPJS Kesehatan setempat yang ada di kota Anda, kemudian membawa sejumlah persyaratan yang dibutuhkan mulai dari mengisi formulir, melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK), KTP, buku tabungan, pas foto ukuran 3 x 4, hingga melakukan pembayaran iuran ke salah satu bank yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, yakni Bank Mandiri, BRI, atau BNI. Bukti pembayaran iuran kemudian diserahkan ke kantor BPJS Kesehatan untuk dilanjutkan ke proses pencetakan kartu JKN.

Baca juga  Info Terbaru Tarif Pasang Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

Jika peserta BPJS Kesehatan tak dipungut biaya sama sekali untuk memeriksakan kesehatannya pada dokter umum di fasilitas kesehatan tingkat pertama, maka lain lagi dengan dokter-dokter praktik umum yang tidak bekerjasama dengan BPJS. Apabila Anda belum terdaftar BPJS Kesehatan dan hendak periksa ke dokter umum, maka Anda biasanya akan dikenai biaya konsultasi dan juga biaya untuk menebus obat apabila Anda mendapatkan resep dari dokter.

Dokter umum yang membuka praktek atau klinik sendiri biasanya ada yang menggratiskan biaya konsultasi dan ada pula yang mengenakan tarif konsultasi mulai dari Rp 20 ribuan hingga mencapai Rp 800 ribuan sekali kunjungan. Biaya tersebut bisa sangat bervariasi, tergantung di mana Anda berobat dan tindakan medis apa yang dilakukan oleh sang dokter.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Tarif Dokter Umum & Pelayanan BPJS Kesehatan"