Update Info Terbaru Syarat & Biaya Pendaftaran Sekolah Global Indo-Asia (SGIA) Batam

Sekolah Global Indo-Asia (SGIA) adalah sekolah swasta di Batam yang dibangun sejak tahun 1998 silam serta menyediakan pendidikan untuk jenjang SD, SMP, dan dengan kurikulum nasional plus dan bahasa pengantarnya menggunakan Bahasa Inggris. Sekolah internasional ini sengaja dibangun untuk menyediakan pendidikan bahwa siswa-siswi ekspatriat yang orang tuanya bekerja di Batam, Indonesia. Meski demikian, beberapa pelajar lokal pun juga diizinkan bersekolah di sana sesuai dengan keinginan orang tuanya. Biaya pendidikan yang ditawarkan sesuai dengan program pendidikan dan level pilihan.

Sekolah Global Indo-Asia Batam (sumber: sgiaedu.org)

Sekolah Global Indo-Asia Batam (sumber: sgiaedu.org)

Awal mulanya, SGIA bekerja sama dengan program Cambridge Assessment (CAIE) untuk secondary school pada tahun 2007, kemudian mendapatkan akreditasi International Baccalaureate (IB) PYP pada tahun 2009 untuk tingkat primary school. Sekolah Global Indo-Asia (SGIA) telah mengantongi akreditasi A dan disebut-sebut sebagai satu-satunya sekolah di Batam yang memenuhi kualifikasi internasional dari International Baccalaureate (IB). Akreditasi IB Diploma untuk SMA 2 dan 3 diterima SGIA pada tahun 2016. Dengan adanya kualifikasi tersebut, para siswa SGIA yang memiliki skor bagus biasanya berkesempatan untuk diterima di universitas-universitas top dunia seperti Cambridge dan Harvard .

Saat ini, SGIA merupakan satu-satunya sekolah SPK di Batam yang melaksanakan ujian (tes centre) di Sekolah untuk Cambridge Assessment AS level, A level dan IB Diploma. Selain itu, juga SGIA menjadi tes center untuk ujian SAT (Scholastic Aptitude Test), ujian standardisasi yang diperuntukan untuk siswa yang akan mendaftarkan sekolah di Amerika. Meski bahasa pengantar utama di SGIA adalah Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia tetap secara luas digunakan untuk mengajarkan mata pelajaran yang diperlukan untuk Kurikulum Nasional. SGIA pun menawarkan Bahasa Mandarin sebagai bahasa tambahan. Selama berlangsung mata pelajaran nasional yang dibutuhkan di Indonesia, siswa asing menerima pelajaran bahasa tambahan, studi sosial, pembentukan karakter, dan kelas life skill.

Program Pendidikan di SGIA

Program PrimaryProgram Secondary
  • IB Primary Years Programme
  • Primary Programme
  • Programme of Inquiry for Early Childhood Centre (ECC)
  • Programme of Inquiry for Elementary
  • K1 to K3 , International Baccalaureate Primary Year Programme (IB PYP)
  • Grade 1 to Grade 5 , International Baccalaureate Primary Year Programme (IB PYP)
  • Lower Secondary untuk Grades 6-8
  • Middle Secondary untuk Grades 9 dan 10
  • Upper Secondary untuk Grades 11 dan 12
  • Grade 6 to Grade 8, Cambridge CheckPoint (Ujiannya di Grade 8)
  • Grade 9 to Grade 10, Cambridge IGCSE (Ujiannya di Grade 10)
  • Di Grade 11 and Grade 12, siswa dapat memilih untuk menggunakan program International
  • Baccalaureate (IB) Diploma Programme (DP) atau Cambridge Examination AS dan A level.

Fasilitas penunjang pendidikan di SGIA cukup lengkap, mulai dari ruang belajar yang memadai, ruang serba guna, beranda, dan taman bermain. Sekolah seluas 1,2 hektare ini juga dilengkapi ruang musik, ruang sains, laboratorium IT, dan perpustakaan buku-buku berbahasa Inggris. Kemudian terdapat sport hall dan lapangan sepak bola serta kantin yang cukup luas. Dengan sederet fasilitas yang ditawarkan dan nuansa serba modern tersebut SGIA pun termasuk sebagai salah satu dari 50 sekolah internasional elit yang ada di Indonesia.

Kriteria Pendaftaran di SGIA

Sekolah Global Indo-Asia (SGIA) menerima siswa dari berbagai latar belakang sekolah dengan berbagai kemampuan akademis. Namun pihak sekolah berhak menolak pendaftaran siswa yang kebutuhan pendidikan atau fisiknya tidak dapat dilayani dengan baik oleh sekolah atau mereka yang memiliki referensi bahwa pendaftaran mereka dapat merugikan sekolah.

Siswa-siswi SGIA tingkat secondary (sumber: sgiaedu.org)

Siswa-siswi SGIA tingkat secondary (sumber: sgiaedu.org)

Prosedur Pendaftaran SGIA

Sekolah Global Indo-Asia (SGIA) menerima aplikasi untuk pendaftaran dari Pre-K (usia 2 tahun) hingga Grade 12. Kriteria penerimaan siswa baru didasarkan pada sejumlah faktor (misalnya rapor, hasil tes, umur, wawancara, dan lain-lain), berkaitan dengan kelas di mana siswa ingin mendaftar. Calon siswa yang tertarik untuk mendaftar sekolah di SGIA diwajibkan melakukan aplikasi lengkap dan mengumpulkan berkas-berkas persyaratan yang dibutuhkan.

Syarat Pendaftaran SGIA

  • Formulir Pendaftaran SGIA yang dapat dibeli dari kantor pendaftaran seharga Rp300.000 (biaya formulir yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan).
  • Fotokopi paspor siswa dan orang tua (paspor yang asli harap ditunjukkan pada staf bagian penerimaan siswa baru).
  • Salinan atau fotokopi akta kelahiran siswa (akta lahir yang asli harap ditunjukkan pada staf bagian penerimaan siswa baru).
  • Transkrip atau rapor resmi selama 3 tahun yang ada. Apabila siswa mendaftar di tengah tahun ajaran, maka sertakan rapor atau laporan akademik saat terbaru.
  • Ijazah siswa, jika ada.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua (KTP yang asli harap ditunjukkan pada staf bagian penerimaan siswa baru).
  • Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Keluarga (KK), jika ada.
  • Pasfoto siswa ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 lembar.
  • Pasfoto orang tua ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar.
  • Surat keterangan sehat.
  • Bukti imunisasi (vaksinasi terbaru, termasuk imunisasi yang valid atau tes negatif terbaru untuk TB dan vaksinasi Polio yang valid).
  • Pasfoto sopir/pengasuh/orang lain sebanyak 2 lembar untuk Kartu Penjemputan.

Pendaftaran siswa baru di SGIA akan diproses oleh panitia setelah semua dokumen persyaratan diserahkan ke Kantor Pendaftaran.

Biaya Pendidikan SGIA

Jenjang Pre-K

KomponenBiaya
Biaya sekolahRp3.900.000 per bulan
SeragamRp1.800.000
Form registrasiRp300.000
Uang pangkal-

Keterangan:
Untuk Pre-K tidak ada Levy (uang pangkal) tetapi pada saat naik ke K-1 akan dikenai Levy Rp50.000.000.

Grade 11

KomponenBiaya
Uang pangkalRp55.000.000
CambridgeRp6.300.000 per bulan
IBDPRp8.800.000 per bulan
SeragamRp2.250.000
Form registrasiRp300.000

Keterangan:
Diskon 10% uang pangkal dan school fee (Cambridge & IBDP) untuk saudara ke-2.

Perlu diketahui, biaya registrasi mulai tahun ajaran 2019/2020 hingga kini masih sama yakni sebesar Rp300 ribu. Sementara itu, biaya pendaftaran di SGIA Batam pada tahun 2021/2022 ini terpantau tidak mengalami perubahan dibandingkan tahun ajaran 2020/2021. Anda perlu menyiapkan biaya pendidikan per bulan mulai Rp3,9 juta hingga paling mahal mencapai Rp8,8 juta tergantung tingkatan.

Sekolah Global Indo-Asia (SGIA) - facebook: Sekolah Global Indo-Asia

Sekolah Global Indo-Asia (SGIA) - : Sekolah Global Indo-Asia

Tes Masuk di SGIA

Seluruh pendaftar yang berminat masuk SGIA diharuskan mengikuti ujian masuk terlebih dahulu yang dijadwalkan hanya dengan perjanjian sebelumnya. Bagi pendaftar jenjang Pre K sampai Kelas 2 (Grade 2) tes masuknya berupa wawancara dengan PYP Coordinator/Primary Principal. Sedangkan Kelas 3 – Kelas 12 (Grade 3-12) tes masuknya berupa test tertulis, Matematika, Bahasa Inggris, dan wawancara Principal. Pihak orang tua nantinya akan dihubungi melalui telepon atau email mengenai status aplikasi dari putra-putrinya, apakah pendaftaran diterima, masuk daftar waitlist, perlu ujian ulang, atau ditolak.

Apabila Anda membutuhkan informasi yang lebih lengkap seputar biaya pendidikan dan jadwal penerimaan siswa baru di SGIA, Anda dapat langsung menghubungi:

Sekolah Global Indo-Asia

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Kav. SGIA, Batam Centre, Batam, 29461, Indonesia
Nomor telepon: (0778) 467333
Fax: (0778) 467979
Hotline: 081999467333
Email: [email protected]
Website: www.sgiedu.org

[Ditta]

Baca juga  Update Biaya Kuliah Politeknik LP3I Bandung 
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Info Terbaru Syarat & Biaya Pendaftaran Sekolah Global Indo-Asia (SGIA) Batam"