Info Terbaru Harga Sepeda Gunung/Mountain Bike Murah di Bawah Rp2 Jutaan

merupakan alat transportasi yang paling populer dan banyak dipakai dari jaman dulu hingga saat ini. penggunanya tidak terbatas pada laki-laki saja, karena kaum perempuan juga kerap ditemukan bersepeda.

Sepeda sendiri terdiri dari berbagai jenis, mulai dari sepeda anak-anak, sepeda lipat, sepeda , sepeda listrik, dan sepeda atau kerap disebut mountain bike. Namun jika dilihat saat ini, kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan jenis sepeda (MTB) karena dianggap lebih nyaman dan aman ketika digunakan.

Sepeda Gunung - (Sumber: pinterest.com)

Sepeda Gunung - (Sumber: pinterest.com)

Jenis sepeda ini pertama kali oleh pengguna sepeda di perbukitan San Fransisco, pada tahun 1970 silam. Salah seorang penemu sepeda gunung ini sempat mengatakan bahwa sepeda jenis ini tidak akan pernah populer, ketika pertama kali dipamerkan pada New York Bike Show pada tahun 1981. Namun kenyataannya berbanding terbalik, karena 80% sepeda yang terjual di Amerika Serikat adalah jenis ini.

Di pasaran Indonesia sendiri, banyak tersedia bermacam sepeda gunung dengan tawaran yang menarik dan menjanjikan kenyamanan saat bersepeda. Berikut adalah terbaru tahun 2017 harga sepeda gunung murah di bawah Rp2 jutaan dalam berbagai .

Merek Sepeda Gunung Harga (Rp)
Dignity Alloy 1.265.000
United MTB 20” TMS 3030 1.615.000
United MTB 20” TMS 3070 1.615.000
MTB SCORIUS 1.650.000
Polygon MTB 26” Monarch 2.0 Lady 1.750.000
United MTB 26” Monanza 1.0 1.750.000
Pacific MTB 20” Viper 5.0 1.750.000
Polygon MTB 26” Monarch Junior 1.750.000
Tabibitho MTB 24” Mischief 2.0 AF 1.750.000
Tabibitho MTB 20” Mischief 2.0 AG 1.700.000
Pacific MTB 26” Aviator 1.0 1.800.000
Pacific MTB 26” Livia 1.850.000
Polygon MTB 26” Monarch 3.0 AH 1.850.000
Tabibitho MTB 26” Mischief 2.0 AG 1.925.000
Pacific MTB 26” Invert 6.0 1.950.000

Umumnya sepeda gunung digunakan dalam medan yang berat. Ciri-ciri fisik dari sepeda gunung adalah ringan, bentuk kerangka yang terbuat dari baja, aluminium dan yang terbaru menggunakan komposit serat karbon dan peredam goncangan. Sedangkan jenis ban yang dipakai ialah yang memiliki kemampuan untuk mencengkeram tanah dengan kuat. Sepeda gunung memiliki 18-30 gear pindah yang berguna untuk mengatur kecepatan dan kenyamanan dalam mengayuh pedalnya.

Baca juga  Update Daftar Harga Sepeda Murah untuk Anak-Anak & Dewasa di Bawah Rp 1 Jutaan
Mountain Bike - (Sumber: icebike.org)

Mountain Bike - (Sumber: icebike.org)

Nah, bagi Anda yang berniat untuk membeli jenis sepeda gunung. Perlu diketahui beberapa panduan untuk membeli sepeda gunung untuk pemula. Beberapa panduannya adalah:

  • Kunjungilah toko-toko sepeda yang menjual banyak jenis dan merek sepeda. Pastikan jika penjualnya merupakan orang yang mengerti tentang sepeda. Anda harus bertanya soal sepeda gunung yang cocok dengan Anda sekaligus berikan jawaban jujur jika penjual menanyakan kebiasaan Anda dalam bersepeda.
  • Cobalah sebanyak mungkin sepeda dengan jenis yang berbeda sebelum memutuskan untuk memilih salah satu. Anda juga bisa membandingkan dengan toko lain, terutama ke tempat di mana banyak pesepeda datang.
  • Jika Anda merupakan seorang pemula dalam menggunakan jenis sepeda gunung, ada baiknya untuk mencari informasi lewat internet atau media lain. Pada beberapa referensi menyebutkan jenis sepeda hard tail adalah pilihan awa yang baik.
  • Jika Anda bukanlah seorang penggila kecepatan namun menginginkan sepeda yang memiliki kemampuan seimbang antara tanjakan dan turunan, pilihlah sepeda gunung jenis trail bike.
  • Jika Anda seorang pesepeda yang ingin mendapatkan adrenalin sekaligus melatih kemampuan aerobik, dan tidak peduli berapa lama Anda harus mendaki bukit, tapi ingin menjadi yang tercepat menuruninya, pilihlah sepeda gunung Enduro.
  • Anda bisa memilih jenis sepeda gunung downhill jika Anda adalah seorang pecinta gravitasi dan tidak ingin mengayuh sepeda ke bukit. Karena jenis sepeda ini terlalu berat untuk dikayuh di tanjakan sehingga banyak orang yang membawanya dengan mobil ke atas bukit.
  • Hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah ukuran ban. Masing-masing ukuran ban memiliki dan kekurangannya.
  • Ban 29 inci membuat kayuhan terasa lebih ringan dan ukurannya yang besar menjanjikan laju yang lebih cepat. Ban 27,5 inci lebih cocok untuk pesepeda agresif dan mudah digunakan untuk manuver di jalur-jalur sulit. Ban 27,5+ akan memberi kecepatan seperti ban 29 inci ditambah kemampuan manuver untuk menghadapi medan yang sulit. Ukuran ini nyaman digunakan untuk semua medan.
  • Persiapkan anggaran yang sesuai. Perlu diingat bahwa yang akan Anda beli bukan hanya sepedanya saja, namun juga perlengkapannya seperti pakaian, helm, sarung tangan, botol minum, dan sepatu. Anda juga harus mempersiapkan anggaran untuk perawatan sepeda Anda minimal sekitar 1,5 juta rupiah per tahun. Perawatan ini paling sedikit mencakup komponen ban, rem, rantai, dan biaya perbaikan.

Jika Anda merupakan seorang pemula maka Anda perlu meluangkan waktu untuk mencoba dan menguji sebanyak mungkin jenis sepeda gunung yang ada pada lintasan/medan yang sesuai dengan fungsinya. Akan mudah bagi Anda untuk menentukan jenis yang paling tepat sesuai kebutuhan dan minat Anda.

loading...

Leave a reply "Info Terbaru Harga Sepeda Gunung/Mountain Bike Murah di Bawah Rp2 Jutaan"