Cara Membuat & Info Terbaru Harga Kerupuk Rambak Kambing

Kuliner di Indonesia memang ada beragam jenisnya. Selain citarasanya yang menarik, makanan di Indonesia juga terkadang memiliki tampilan yang unik. Beberapa dari Anda mungkin sudah tak atau bahkan menyukai kerupuk kulit. Kerupuk kulit punya banyak sebutan. Di Jawa, kerupuk ini disebut kerupuk rambak, sedangkan orang Padang menyebutnya jangek. Ada pula yang menyebutnya krecek atau kerupuk sayur. Kerupuk rambak biasanya terbuat dari kulit binatang mamalia seperti sapi, kerbau, atau kambing. Harga kerupuk rambak bervariasi, tergantung berat dan kualitasnya.

Kerupuk rambak (sumber: disiniaja.net)

Kerupuk rambak (sumber: disiniaja.net)

 

Kerupuk rambak biasanya diperjualbelikan dalam kondisi sudah digoreng matang dan siap santap dalam ukuran plastik-plastik kecil maupun besar. Kerupuk ini nikmat dijadikan teman makan nasi Padang ataupun hidangan lain khas Indonesia. Selain dijual dalam kondisi sudah digoreng, banyak pula produsen atau distributor yang memasarkan kerupuk rambak secara grosir dalam keadaan masih mentah dan masih harus digoreng sendiri untuk menikmatinya.

Harga Kerupuk Rambak

Kerupuk rambak matang biasanya dijual dengan harga kisaran Rp115 ribuan per kg. Sementara, kerupuk rambak atau dorokdok mentah dijual dengan harga sekitar Rp130 ribuan per kilogram (kg). Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga kerupuk rambak kambing berkisar Rp110 ribuan hingga Rp125 ribuan per kg.

Kerupuk rambak mentah biasanya tersedia dalam wujud yang sudah dipotong-potong, berbentuk kotak-kotak kecil atau berbentuk memanjang. Anda bisa memilih sendiri jenis potongan kerupuk rambak mana yang terasa paling nikmat ketika disantap.

Sayangnya, kerupuk rambak kambing cukup sulit untuk dicari. Sebab, sebagian besar pedagang biasanya membuat kerupuk rambak dari kulit sapi atau kulit kerbau saja yang relatif mudah ditemui. Perajin atau penjual kerupuk rambak banyak tersebar di daerah-daerah seperti Mojokerto, Tulungagung, Boyolali, dan sebagainya.

Kerupuk Rambak Mojokerto (sumber: timesindonesia)

Kerupuk Rambak Mojokerto (sumber: timesindonesia)

Cara membuat kerupuk rambak sebenarnya cukup sederhana. Anda bisa memanfaatkan kulit hewan seperti sapi, kerbau, atau kambing yang kemudian diiris kecil-kecil sebanyak 5 kg. Kemudian, menyiapkan -bahan seperti bawang, garam 1 sendok makan, penyedap rasa, bawang, bleng (obat gendar) sebanyak 1 sendok makan, dan soda kue sebanyak 1 sendok makan.

Kulit yang telah diiris-iris kecil, kemudian dimasukkan atau direndam dalam campuran penyedap rasa, garam, dan bawang selama 5 menit supaya dapat meresap ke dalam kulit. Setelah itu, angkat dan celupkan kulit dalam soda kue dan bleng. Jika sudah, Anda bisa mengeringkan irisan kulit dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari.

Apabila kulit yang telah dijemur sudah benar-benar kering, Anda bisa mengangkatnya dan menggoreng kulit tersebut hingga menjadi kerupuk rambak. Dalam menggoreng kerupuk rambak yang masih mentah, pastikan Anda menggunakan minyak goreng dalam banyak dan yang sudah benar-benar panas supaya kerupuk bisa cepat mengembang dan matang dengan sempurna. Kerupuk rambak dari kulit sapi biasanya mempunyai warna putih keruh dan sedikit kecokelatan serta memiliki tekstur yang renyah dan sedikit keras.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Cara Membuat dan Harga Rice Paper (Semua Merk)
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Cara Membuat & Info Terbaru Harga Kerupuk Rambak Kambing"