Info Harga Alat Shisha – Cara Alternatif Menghisap Tembakau

Shisha, atau kerap dikenal dengan hookah disebut-sebut sebagai bagi perokok untuk mendapatkan kenikmatan asap tembakau. Shisha atau sisha pada dasarnya merupakan gaya merokok tembakau ala India yang kemudian populer di Timur Tengah.

Pria Menghisap Shisa Sebagai Pengganti Rokok

Pria Menghisap Shisa

Kata hookah sendiri merujuk pada sebuah benda yang menunjukkan bahwa kebiasaan mengisap asap tembakau itu sudah berlangsung jauh sebelum rokok yang kita kenal sekarang diproduksi.

Hookah dalam pengertiannya merupakan alat yang berbentuk seperti tabung tinggi langsing dengan satu atau beberapa selang terhubung dengannya. Pada bagian atas sebuah hookah terdapat tempat untuk membakar tembakau. Proses kerjanya mirip dengan cangklong atau pipa di mana tembakau rajang yang sudah diproses diletakkan di bagian atas kemudian arang membara diletakkan di atasnya.

Asap tembakau yang dihasilkan akan melewati tabung sempit yang mengarah ke sebuah wadah air kecil sebelum kemudian diisap melalui selang yang terhubung pada hookah. Sebuah hookah bisa dipergunakan bersamaan oleh beberapa orang tergantung berapa banyak selang yang ada.

Alat untuk mengisap tembakau ini sebenarnya sudah memiliki sejarah yang panjang. Benda ini diduga diciptakan pada abad ke-16 di India atau awal abad ke-17 di Iran (Persia). Pada awal ditemukan, hookah atau shisha berbahan dasar dari tembaga, namun dewasa ini penggunaan stainless steel atau besi tanpa karat lebih umum.

Penggunaannya pada masa itu pun sering dikaitkan dengan prestis bagi seseorang. Biasanya mereka yang berasal dari golongan terpandang akan mengisap hookah. Shisha, selain merupakan nama lain dari hookah sebenarnya juga merujuk pada hal benda lain yang berkaitan dengan hookah. Benda itu adalah tembakau rajang yang sudah direndam dalam madu. Tidak jarang tembakau tersebut juga dicampur dengan berbagai cita rasa lain, seperti apel, mint, dan berbagai rasa lainnya.

Shisha, tembakau rendam juga memiliki nama lain Mu'assel yang artinya ‘direndam madu’.
Di Albania, hookah dikenal sebagai Lula atau Lulava. Argilee atau argileh atau argilah adalah istilah untuk benda yang sama di Lebanon, Palestina, Israel, dan Uzbekistan. Sementara di Indonesia sendiri, nama shisha lebih dikenal dibandingkan sebutan hookah.

Di dalam sebuah hookah, terdapat wadah air. Perannya adalah untuk menyaring asap hasil pembakaran shisha sebelum dihisap. Dengan melewati air, asap yang dihisap oleh perokok diharapkan akan lebih dingin dan juga kandungan asapnya dianggap sudah berkurang setelah melewati air.

Alat Hisap Shisa

Alat Hisap Shisa

Menurut yang dipublikasikan dalam American Journal of Preventive Medicine, shisha menghasilkan lebih banyak asap. Selain itu, meski asap shisha terkesan ringan dan mudah terurai di udara, bukan berarti proses filtrasinya sempurna. Melainkan, karena kelembapan tinggi yang dipengaruhi air sebagai medium. Jadi, racun yang terdapat dalam shisha tetap membahayakan bagi tubuh. Meskipun kandungan bahan kimia yang terhisap sama, seperti karbonmonoksida, nokel, dan arsenik, kadarnya lebih tinggi dibandingkan rokok biasa.

shisha, bagi para penggemarnya, adalah sama dengan rokok bagi para perokok. Merokok shisha adalah salah satu bentuk bagian dari pergaulan. Asapnya yang beraroma buah-buahan membuat orang-orang menjadi penasaran untuk mencobanya.

Terlepas dari isu negatif yang diakibatkan oleh shisha, berapa sebenarnya harga alat shisha yang ada di pasaran saat ini? Harga shisha, sebenarnya relatif mahal dalam hal yang harus disediakan seperti misalnya bong shisha. Namun harga shisha bisa disebut murah jika sifatnya hanya berupa isi ulang flavour.

Berikut daftar harga alat shisha yang ada di pasaran.

Nama Harga
Paket Shisha Delux Cafe 12 KgRp725.000
Paket Shisha Econo MYA Dua Selang 9 KgRp775.000
Paket Shisha Econo MYA Selang Satu Rp650.000
Paket Shisha Medium 12 KgRp525.000
Paket Shisha Reguler 10 KgRp500.000
Paket Shisha Travel 8 KgRp500.000
Alat Shisha Econo MYA 5 KgRp550.000
Alat Shisha Hookah Medium 6 kgRp400.000
Alat Shisha Standard 5 KgRp350.000
Arang Shisha Herbal Coal 0,65 kgRp30.000
Arang Shisha Torch Coal 0,28 kg isi 30 Rp25.000
Arang Shisha Torch Coal 0,60 kg isi 60 Rp40.000
Al Fakher 250 gram rasa cocktail Rp100.000
Al fakher 250 gram rasa permen karet Rp100.000
Al fakher 250 gram rasa semangkaRp100.000
Capit arang standar Rp25.000
Hookah foil Rp15.000
Karet botol Rp10.000
Karet keramik Rp5.000
Karet selang Rp5.000
Mouthip besar isi 10 Rp8.000
Mouthip universal isi 10Rp8.000
Mouthip universal isi 100Rp50.000
Selang buluRp120.000
Selang etnik Rp120.000
Wind cover besar Rp25.000

Harga flavour (tembakau shisha aromatik) yang dijual di pasaran bebas atau pusat toko grosir shisha tergantung kualitas dan rasa yang dikandungnya. Rasa tembakau shisha antara lain shisha rasa anggur, shisha rasa anggur campur mint, rasa cappuccino, rasa double apel, rasa jeruk, rasa kelapa, mangga, melon, permen karet mint, semangka, strawberry dan lain-lain.

Baca juga  Update Harga Door Closer Dekson (Dekkson) Semua Tipe
loading...
author
Mengetahui harga-harga, dan mengikuti dinamikanya adalah proses mengasah kecerdasan finansial. Be Smart!

Leave a reply "Info Harga Alat Shisha – Cara Alternatif Menghisap Tembakau"