Info Terbaru Cara dan Biaya Merakit Sepeda Listrik

No comment 26578 views

Saat ini, merupakan solusi unik untuk berkendara yang hemat energi sekaligus ramah lingkungan. Pasalnya, sepeda merupakan kendaraan yang tidak mengeluarkan emisi sehingga sangat bersahabat.

cara merakit sepeda listrik - sepedalistrik.openthinklabs.com

cara merakit sepeda listrik - sepedalistrik.openthinklabs.com

Meski sudah banyak produsen yang merilis sepeda listrik, namun jika Anda jago merakit barang, tak ada salahnya Anda membuat sepeda listrik sendiri. Pasalnya, merakit sepeda listrik cukup sederhana dan dapat diterapkan pada semua sepeda.

Pada dasarnya, untuk dapat merakit sepeda listrik, diperlukan beberapa di antaranya baterai, motor listrik atau dinamo jenis Brushless DC Motor (BLDC), pengatur dinamo, dan baterai monitor. Baterai dibutuhkan sebagai sumber daya untuk menggerakkan motor. Volt yang digunakan disesuaikan dengan motor yang bersangkutan.

Sementara, motor listrik adalah alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Jenis motor yang digunakan untuk merakit sepeda listrik adalah Brushless DC Motor (BLDC) dan tersedia dalam daya 200 Watt hingga 1.200 Watt. Semakin besar daya suatu motor, maka semakin besar pula torsi yang dihasilkan sepeda listrik.

Baca juga  Info Spesifikasi & Harga Terbaru Sepeda Gunung (MTB) Polygon Xtrada 4.0

Lalu, bagaimana cara merakit sepeda listrik sederhana? Pasang motor pada roda sebagai penggerak. Berdasarkan letaknya, biasanya motor ini dipasang di roda belakang, roda depan, atau di kedua roda. Pemasangan di roda depan bertujuan agar pengendara tetap bisa mengayuh sepeda, sedangkan di roda belakang bertujuan untuk memperoleh daya yang optimal.

Lalu, sebagai sumber daya untuk menggerakkan motor, diperlukan baterai. Volt baterai disesuaikan dengan spesifikasi motor penggerak. Sementara untuk Ampere, makin besar, maka akan memberikan daya jangkau yang lebih jauh. Biasanya, baterai ini disimpan dengan dudukan di bagian belakang, di frame tengah, atau di depan stang untuk kepraktisan. Namun jika baterai cukup berat, disarankan dipasang di belakang demi keseimbangan sepeda.

Kemudian, diperlukan juga kendali atau pengatur kecepatan. Alat ini berfungsi sebagai pengatur kecepatan yang terdiri dari dua macam, yaitu throttle control yang mengatur gas dari stang sepeda dan pedal assist system yang mengaktifkan motor lewat kaki. Namun umumnya, orang lebih memilih kendali melalui throttle control.

Baca juga  Update Terkini Harga Sepeda Low Rider di Pasaran (Baru dan Bekas)

Selain itu, perhatikan juga ketebalan ban dan pengereman. Sebenarnya, dengan ukuran ban dan beban sepeda yang ringan, cukup memerlukan penggerak berdaya 250 Watt. Tapi, jika diperlukan tenaga yang lebih besar, sebaiknya juga disertai dengan mengganti ketebalan ban agar daya cengkeram ke permukaan jalan menjadi bertambah. pengereman juga perlu diganti dengan disc brake/cakram atau hydraulic brake.

Untuk merakit sepeda listrik sendiri cukup bervariasi, tergantung bahan atau part yang dibutuhkan. Motor brushed DC misalnya, ditawarkan dengan mulai Rp1 jutaan hingga Rp4 jutaan, tergantung dengan besaran kapasitas motor yang bersangkutan.

Loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Info Terbaru Cara dan Biaya Merakit Sepeda Listrik"