Info Biaya Tes Mantoux untuk Pemeriksaan TBC

No comment 391 views

Mantoux atau tuberculin skin test hingga kini masih menjadi salah satu alat diagnostik yang memiliki sensitivitas dan akurasi cukup tinggi untuk mendiagnosis apakah seseorang terinfeksi tuberkulosis (TBC) atau tidak. mantoux dilakukan dengan cara menyuntikkan Reagen PPD 5 TU atau PPD 2 TU, yakni suatu protein yang berasal dari kuman TBC sebanyak 0,1 ml dengan jarum kecil di bawah lapisan atas kulit lengan bawah sebelah kiri.

Tes Mantoux - Kuberbagi.com

Tes Mantoux - Kuberbagi.com

Umumnya tes mantoux ini dilakukan di pertengahan bagian atas, lengan bawah kiri bagian depan pasien dan penyuntikannya dilakukan ke dalam kulit. Usai menyuntikkan protein tersebut, biasanya akan menandai lengan Anda dengan spidol. Supaya hasilnya akurat, tes Mantoux harus dilakukan secara teliti dan reaksinya yang dihasilkan harus dibaca tepat waktu.

Setelah disuntik, dokter akan meminta Anda untuk kembali 2-3 hari kemudian untuk menginterpretasikan hasil tes mantoux tersebut. Untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi TBC atau tidak, maka dokter akan melihat indurasi pasien setelah 48-72 jam melakukan tes. Biasanya indurasi ditandai dengan bentuk kemerahan dan benjolan yang muncul di kulit area sekitar bekas suntikan. Apabila nilai indurasi 0-4 mm, maka dinyatakan negatif. Namun bila nilainya 5-9 mm dianggap meragukan, dan apaila nilai indurasi di atas 10 mm dinyatakan positif terkena TBC.

Baca juga  Spesifikasi dan Harga Terbaru Alat Bantu Dengar BTE Merek Siemens Touching

Bila telah menjalani tes kulit mantoux, maka Anda perlu berhati-hati merawat lengan selama pemeriksaan berlangsung. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah jangan menutupi area bekas suntikan dengan perban atau plester. Kemudian Anda juga harus berhati-hati agar tak menggosok atau menggaruk lengan yang telah disuntik. Apabila area bekas suntikan terasa gatal, Anda boleh meletakkan kompres dingin di atasnya. Lengan Anda juga boleh dicuci, namun tak boleh sampai batas spido hilang. Oleh sebab itu ketika mandi, usahakan untuk tidak menggosok area suntikan terlalu keras.

Bagi Anda yang hasilnya negatif, tak perlu khawatir, sebab benjolan di tangan tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Namun jika hasilnya positif, maka Anda biasanya akan dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan seperti rontgen dada, tes darah, atau tes lain untuk memastikan kondisi Anda.

Anda yang mengalami beberapa gejala seperti berikut ini perlu menjalani test mantoux untuk memeriksa kemungkinan terjangkitnya TBC:

  • Masalah dan berat badan yang sulit naik.
  • Mudah . Lemah, letih, lesu, dan tidak bersemangat ketiga beraktivitas.
  • Reaksi cepat BCG.
  • Batuk berulang.
  • Benjolan di leher.
  • Demam dan berkeringat di malam hari.
  • Sering mengalami diare.
Baca juga  Biaya Tes OAE dan BERA Untuk Deteksi Dini Gangguan Pendengaran

melakukan pemeriksaan mantoux saat ini cukup bervariasi, tergantung di mana Anda mengambil tes tersebut. Biasanya tes mantoux biayanya berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Biaya Tes Mantoux untuk Pemeriksaan TBC"