Update Biaya Kemoterapi di Rumah Sakit untuk Kanker 

kanker masih menjadi ‘pembunuh’ nomor satu di dunia. Sudah tak terhitung lagi berapa banyak nyawa yang melayang karena tersebut. Kanker sendiri ada banyak jenisnya, mulai dari kanker paru-paru, kanker leher rahim, kanker payudara, kanker darah, dan lainnya.

Sayangnya, untuk sementara ini, metode pengobatan yang dianggap paling mujarab dan setidaknya bisa memperpanjang usia sang penderita kanker adalah dengan kemoterapi. Anda pun pasti sudah sering mendengar seperti apa menyakitkannya kemoterapi. Meski merupakan sebuah prosedur pengobatan, kemoterapi ternyata dianggap sebagai metode yang menyakitkan bagi pasiennya. 

Ilustrasi: Prosedur Kemoterapi (credit: newscientist)

Ilustrasi: Prosedur Kemoterapi (credit: newscientist)

Kemoterapi adalah terapi kanker yang melibatkan penggunaan zat kimia dan -obatan untuk membunuh sel-sel kanker yang berkembang biak dalam tubuh dengan cara meracuninya. Kemoterapi sudah dipakai sebagai standar utama pengobatan kanker sejak tahun 1950 silam.

Saat ini, ada lebih dari 50 jenis obat-obatan kemoterapi yang digunakan. Obat-obatan tersebut diaplikasikan dengan cara infus intravena, suntikan langsung (pada otot, di bawah , atau rongga tubuh), maupun lewat . Kemoterapi bisa diberikan pada penderita setiap hari, seminggu sekali, 3 minggu sekali, hingga 1 bulan sekali. Umumnya, akan diberi jeda untuk pemulihan saat hendak menerima kemo berikutnya.

Kemoterapi tak hanya berfungsi sebagai obat, namun juga bisa semakin membuat lemah sang pasien. Pasalnya, konsumsi obat-obatan dalam kemoterapi justru dapat membunuh sel-sel sistem kekebalan tubuh seseorang hingga mengakibatkan para pasien kanker yang menerima kemoterapi biasanya mengalami kerontokan rambut. Selain itu, ada pula yang mengalami mual, diare, kehilangan nafsu makan, kram perut, hingga kondisi tubuhnya pun melemah.

Biaya kemoterapi sendiri tergolong cukup mahal. Untuk satu kali kemo, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai Rp1 jutaan hingga puluhan juta rupiah. Padahal, pengobatan kemoterapi tersebut perlu dilakukan hingga beberapa kali. Anda tentunya sudah dapat membayangkan berapa total biaya yang dibutuhkan untuk kemoterapi. 

Sebagai contoh, rata-rata biaya kemoterapi gemcitabine kombinasi cisplatin pada pasien kanker paru di RSUD Dr. Soetomo Surabaya sebesar Rp22 jutaan pada tiga siklus pengobatan, dan Rp28 juta hingga Rp29 jutaan pada empat siklus pengobatan. Selain biaya kemoterapi, pasien juga dibebani biaya medik untuk pasien kanker paru-paru yang diberikan kemoterapi kombinasi cisplatin di RSUD Dr. Soetomo Surabaya pada tiga siklus pengobatan, sekitar Rp47 jutaan untuk kelas I.

biaya, kemoterapi, pasien, BPJS, mahal, kanker, paru, di, RSUD, Dr, Soetomo, Surabaya, tiga, siklus, pengobatan, empat, fasilitas, siloam, hospitals, mulai, medik, rata-rata, obat, kemo

Selang infus cairan untuk pasien kemoterapi (sumber: independent.co.uk)

Selain di RSUD Dr. Soetomo Surabaya, kemoterapi juga bisa dilakukan di rumah di kota lain, seperti di Rumah Immanuel, Mayapada Hospital, dan masih banyak lagi. Untuk lebih rinci, Anda bisa melihat tabel berikut.

Biaya Kemoterapi di Rumah Sakit

Nama Rumah SakitAlamatBiaya Kemoterapi (Rp)
Rumah Sakit ImmanuelJl. Kopo No. 161, Situsaeur, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat551.000
Mayapada Hospital Jakarta SelatanJl. Lebak Bulus I Kav 29, Cilandak, Kota Jakarta Selatan908.000
Primaya Evasari HospitalJl. Rawamangun No.47, Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat550.000
RS Permata Bunda MedanJl. Sisingamangaraja No.7, Mesjid, Kota Medan, Sumatera Utara500.000
Rumah Sakit Premier JatinegaraJl. Raya Jatinegara Timur No. 85-87, Bali Mester, Jatinegara, Kota Jakarta Timur4.950.000
RS Islam Ibnu Sina PekanbaruJL. Melati No. 60 kel. Harjosari, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru792.000
RS EMC TangerangJl. KH Hasyim Ashari, Buaran Indah, Kota Tangerang, Banten576.000

Perlu Anda ketahui, biaya kemoterapi di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber. Biaya kemoterapi tersebut tentu tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung kebijakan rumah sakit. Sebagai perbandingan, pada 2019 lalu, biaya kemoterapi berkisar antara Rp1 jutaan hingga Rp45 jutaan, tergantung rumah sakitnya. 

Ilustrasi: Salah Satu Proses Recovery Setelah Kemoterapi (credit: explica.co)

Ilustrasi: Salah Satu Proses Recovery Setelah Kemoterapi (credit: explica.co)

Sementara tarif pengobatan kemoterapi mahal, beruntung kini masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan bisa sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah saat hendak menjalani pengobatan kemoterapi. BPJS memiliki 2 rumah sakit rujukan nasional untuk perawatan pasien penderita penyakit kanker, yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais.

Biaya kemoterapi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan tergantung dari jenis kanker yang diderita. Sebagai gambaran, untuk biaya kemoterapi termurah yang ditanggung BPJS adalah kemoterapi untuk leukemia akut sekitar Rp750 ribuan, sedangkan biaya paling tinggi yang ditanggung BPJS adalah kemoterapi untuk kanker kulit sekitar Rp5,5 jutaan. 

Namun, beberapa waktu lalu, BPJS menyatakan bahwa pihaknya akan menanggung semua pengobatan untuk penderita kanker peserta BPJS Kesehatan. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bidang SDM, Umum, dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan, Yosefina KSY Kadju. Ia mengatakan, jika pasien dibebani biaya, maka bisa disampaikan kepada petugas BPJS Kesehatan, dan akan diganti. 

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Info Dosis dan Harga Terbaru Obat Cataflam
loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Biaya Kemoterapi di Rumah Sakit untuk Kanker "