Update Harga Wiremesh M6 per Roll

No comment8067 views

Bagi Anda yang saat ini sedang membuat bangunan apa pun, pasti akan membutuhkan wiremesh. Sebagai contoh jika Anda ingin membuat rumah, Anda akan membutuhkan wiremesh M6 roll atau gulungan. Untungnya, saat ini sudah ada banyak toko bangunan yang menjual tersebut dengan berkisar jutaan rupiah per roll.

Wiremesh M6 Roll (sumber: anekawiremesh.com)

Wiremesh sendiri merupakan sebutan bagi jenis kawat atau besi yang dianyam. Dapat juga dikatakan bahwa wiremesh merupakan rangkaian besi ataupun kawat yang dianyam sehingga menyerupai jaring-jaring besi dan biasa digunakan untuk penulangan dak . Bentuk fisik wiremesh secara umum, kotak-kotak rangkaian besi silinder ataupun kawat yang setiap pertemuannya direkatkan dengan cara di-las.

Selain dimanfaatkan sebagai penguat beton, material wiremesh juga bisa dipakai untuk kawat bronjong, penguat talud, dan anak tangga. Besi wiremesh yang baik adalah yang dibuat dengan sistem las otomatis, sehingga jarak antar kawat selalu sama dan seragam, tidak ada yang lebih lebar atau lebih sempit. Demikian juga dengan penampang lintang yang selalu konsisten karena pengelasannya cenderung seragam. Dengan begitu, kawat pada besi wiremesh tak akan pernah berkurang dan seluruh susunannya pun berada di posisinya masing-masing, tidak bergeser sedikitpun.

Wiremesh sendiri terdiri dari 2 jenis, yakni yang berupa dengan 2,1 meter x 5,4 meter dan yang berupa gulungan atau rol dengan lebar 2,1 meter dan panjang keseluruhan mencapai 54 meter. Sementara itu, untuk diameter, besi wiremesh biasanya paling kecil adalah 4 mm dan paling besar 10 mm. Diameter wiremesh umumnya ditandai dengan penyebutan simbol M4, M5, M6, M7, M8, dan seterusnya. Untuk wiremesh M8, M9, dan M10, kerap dipakai untuk gedung bertingkat, serta wiremesh M4, M5, dan M6 bisa dipakai untuk tulangan rumah biasa. Nah, bagi Anda yang memilih wiremesh M6, berikut sejumlah kelebihannya.

Kelebihan Wiremesh M6

Wiremess m6 roll (sumber: ssoalan.blogspot.com)

Wiremess m6 roll (sumber: ssoalan.blogspot.com)

  • Ukuran Lebih Panjang. Jenis wiremesh ini, selain tidak terlalu besar, juga tidak terlalu berat untuk dibawa dengan penggunaan yang mudah, namun dengan ukuran lebih panjang. Karena salah satu kegunaan dari wiremesh 6 mm roll ini sebagai kerangka bangunan, maka untuk besi yang digunakan, merupakan jenis besi yang juga bisa digunakan untuk bondek, yaitu besi baja berlapis berupa plat dengan struktur sangat kuat. Besi seperti ini biasanya juga sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan bangunan bertingkat karena kokoh dan tidak mudah berkarat. 
  • Proses Pemasangan Cepat. Kelebihan lainnya, adalah ketika Anda melakukan pemasangan, akan lebih cepat dan efisien. Hal ini tentu saja karena bentuk fisiknya yang sudah menyerupai kotak-kotak sehingga Anda tidak memerlukan besi lagi untuk membuat kotakan tersebut. Perlu Anda ketahui juga bahwa wiremesh M6 roll ini sudah didesain agar Anda tidak perlu merangkai besi lagi untuk digunakan. 
  • Pemasangan Mudah. Untuk memasang wiremesh pun sangat mudah dan praktis, Anda tidak membutuhkan peralatan apa pun. Anda hanya perlu menggelar wiremesh begitu saja dan kemudian tambahkan bagian-bagian pada bagian atas maupun bawah wiremesh dengan material yang dibutuhkan. Kemudahan dan kepraktisan dalam menggunakan wiremesh M6 roll ini juga merupakan salah satu alasan mengapa wiremesh jenis ini semakin diminati konsumen.
  • Lebih Ekonomis. Membuat sebuah bangunan tidak hanya memperhitungkan ukuran ataupun kualitas materialnya, tetapi juga memperhitungkan harga yang harus dikeluarkan. Dengan pengeluaran semakin sedikit namun dapat menggunakan bahan-bahan berkualitas, tentunya menjadi nilai tambah bagi bangunan tersebut. Nah, keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan wiremesh M6 roll ini, yaitu lebih ekonomis karena harga yang lebih murah jika dibanding dengan membuat rangkaian besi sendiri. Selain itu, jika Anda tidak menggunakan wiremesh roll, Anda perlu membayar banyak pegawai dengan harga cukup mahal.
  • Kemudahan Pengangkutan. Jika Anda menggunakan besi tulangan konvensional ketika Anda harus menggunakan transportasi berukuran besar untuk mengangkutnya. Tidak hanya itu, jika Anda menggunakan jenis besi tersebut, maka Anda juga perlu membayar biaya mahal dalam pengangkutannya. Namun berbeda jika Anda memilih menggunakan wiremesh M6 roll, Anda bahkan bisa membawanya sendiri tanpa harus menyewa transportasi besar.

Tips Memilih Wiremesh

Wiremesh lembaran (sumber: solusikonstruksi.com)

Wiremesh lembaran (sumber: solusikonstruksi.com)

  • Pilih wiremesh yang kondisinya terbaik, yakni bersih dan bebas dari karat, atau paling tidak jumlah karatnya sedikit. Walaupun efeknya kecil, tetapi besi yang berkarat lama kelamaan akan menjadi mudah patah.
  • Coba ukur diameter dari wiremesh tersebut, apakah sesuai dengan desain dan yang diberikan atau tidak.
  • Periksa apakah lubang-lubang dari wiremesh yang hendak Anda beli apakah ukurannya seragam atau tidak.
  • Periksa juga kelurusan dari wiremesh, sebab kadang ada wiremesh yang tak lurus kondisinya lantaran kemungkinan terinjak atau terjatuh.
  • Lihat sambungan lasnya, apakah kokoh atau tidak, dan kemungkinan adanya sambungan las yang terlepas atau tidak antar besinya.
  • Pilih besi wiremesh yang dibuat dengan sistem las otomatis, sehingga jarak antar kawat pun cenderung seragam dan lebih rapi daripada wiremesh yang dibuat dengan sistem las manual.

Harga Wiremesh M6

Tipe Wiremesh M6Harga SebelumnyaHarga Sekarang
Wiremesh M6 BRC Standard SNIRp3.120.750Rp3.120.000
Wiremesh M6 Standard Rp3.150.000Rp3.594.000
Wiremesh M6 BRC Non-SNIRp2.800.000Rp2.750.000

Harga wiremesh M6 per roll di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga wiremesh M6 tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga material tersebut juga kemungkinan berbeda di masing-masing tempat. 

Baca juga  Harga Serat Fiber per Lembar dan Gulungan
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Update Harga Wiremesh M6 per Roll"