Update Harga Windows Asli Terkini, dan Cara Membedakan O/S Asli dan Bajakan

Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga operasi pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.

Windows OS - (Sumber: microsoft.com)

Windows OS - (Sumber: microsoft.com)

Sistem operasi Microsoft Windows merupakan sistem operasi yang terhitung paling banyak digunakan di Indonesia. Meski begitu, kebanyakan windows yang digunakan adalah bajakan. Sistem operasi Microsoft Windows bajakan lebih banyak dipilih karena menawarkan yang tidak buruk, hampir menyerupai aslinya, namun dengan yang jauh lebih .

Jika ingin memastikan asli atau tidaknya produk software windows yang Anda beli, Anda dapat menyimak cara-cara yang dibeberkan oleh salah seorang konsultan Microsoft, Ronald A Scharz. Seperti dilansir liputan 6, inilah perbedaannya:

Dilihat dari kemasannya

Jika dilihat dari packing (kemasan), baik windows yang asli maupun yang bajakan nyaris tidak ada bedanya. Namun ternyata terletak pada bagian belakang packing Windows original yang terdapat stiker importir . sedangkan packing bajakan tidak memilikinya.

Dilihat dari keping CD-nya

Perbedaan juga bisa dilihat pada kepingan CD winows. Meski juga berkualitas tinggi, kepingan CD softare bajakan masih belum mampu membubuhkan beberapa ‘identitas’ kepingan asli berupa hologram yang menyatu di tepi luar dan dalam CD. Kebanyakan hologram yang terdapat pada kepingan CD palsu merupakan stiker yang sekilas tampak sama persis. Hal ini dikarenakan pelaku pemalus belum bisa membuat hologram yang langsung dicetak pada kepingan CD.

Dilihat dari instalasi windows pada komputer.

Jika komputer sudah disertai instalasi windows dari pabrik, maka windows tersebut dijamin orisinal, namun jika dari toko yang menginstal, maka patut dicurigai arena praktek yang sering dilakukan adalah penjual perangkat komputer yang juga menawarkan instalasi Windows kepada pembeli. Apalagi jika tidak ada biaya tambahan ketika membeli komputer namun sudah diinstal windows, maka windows tersebut sudah pasti palsu.

Dilihat dari harganya.

Pihak Microsoft meminta agar konsumen harus lebih waspada dalam melakukan pembelian perangkat lunak atau komputer baru. Sebagai informasi, software Microsoft Windows , yakin Windows 10 orisinal ditawarkan secara retail dengan harga USD119 (sekitar Rp1,5 jutaan) untuk versi Home dan untuk versi Pro dibanderol dengan harga USD199 (setara Rp2,6 jutaan). Lisensi Windows 10 Pro Pack dijual dengan harga USD99 (sekita Rp1,3 jutaan), dan dapat digunakan untuk meng-upgrade Windows 10 Home version ke Windows 10 Pro.

Bandingkan dengan software Microsoft Windows 10 bajakan yang dijual mulai Rp20 ribuan per keping CD hingga Rp300 ribuan untuk paket lengkapnya.

Berikut beberapa keunggulan dalam menggunakan sistem operasi windows orisinal.

Lebih aman dari Malware dan Virus.

Pada kebanyakan pengguna sistem operasi yang menggunakan aktivator untuk dapat menggunakan OS Windowsnya, di dalam aktivator tersebut kerap disisipi jenis malware atau virus yang dapat merusak bahkan mengizinkan pihak ketiga untuk mencuri file dan data penting dari komputer ataupun digunakan untuk memata-matai aktivitas pada komputer. Berbeda dengan pengguna lisensi orisinal yang benar-benar didukung oleh Microsoft sehingga komputer Anda terhindar dari virus maupun malware.

Respek terhadap produk pengembang

Dengan memilih jalan untuk membeli lisensi orisinal, dengan demikian secara tidak langsung Anda juga mendukung para pengembang untuk terus meningkatkan layanan maupun kemampuan dari windows maupun pengembang itu sendiri.

Terhindar dari bahaya pembajakan.

Menggunakan lisensi orisinal atau windows asli secara otomatis dapat terhindar razia atau bahaya pembajakan yang kerap terjadi di Bandara.

Dukungan penuh dari pengembang Microsoft.

Kantor Microsoft - (Sumber: globalindo.co)

Kantor Microsoft - (Sumber: globalindo.co)

Dengan menggunakan sistem operasi windows yang asli, maka Anda mendapatkan dukungan dari Microsoft seperti gratis untuk mengunggah atau mendownload windows update tanpa takut komputer Anda akan diblokir atau penggunaan anti virus resmi dari Microsoft security Esential. Apabila Anda menggunakan windows bajakan, pada saat Anda mengaktifkan windows update dipastikan beberapa waktu kemudian Microsoft akan mendeteksi komputer Anda dan segera memblokirnya.

Jika Anda berniat membeli software yang asli, sebaiknya Anda membelinya di toko-toko ataupun situs online yang resmi dan terpercaya. Berikut adalah harga software windows asli di sebuah situs online yang dapat menjadi referensi bagi Anda:

Baca juga  Update Terlengkap Harga Notebook (Netbook) 10 Inch di Pasaran
Produk Harga
Microsoft Windows 10 Enterprise 64 Bit Rp2.999.999
Microsoft Windows 10 Pro Original Lifetime License Rp1.500.000*
Microsoft Windows 10 Pro SP1 64 Bit Rp2.000.000
Microsoft Windows 10 Home 64 Bit Rp1.800.000
Microsoft Windows 10 Home 32 Bit Rp1.660.000*  
Microsoft Windows 8 Pro 32 - BIT / 64 ENG INTL VUP Rp2.000.000
Microsoft CD OS Windows 8.1 Pro 32 Bit Rp1.899.000
Microsoft Sistem Operasi Original Windows 8.0 Pro VUP x32/X64 Rp1.599.000
Microsoft Windows 7 Professional Original Lifetime Rp1.158.000*
Microsoft Windows 7 Home Premium 32 BIT Rp1.350.000
Microsoft Windows 7 Ultimate Rp1.800.000

*) adalah harga diskon yang ditawarkan oleh salah satu toko online yang kami jadikan referensi.

Harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

loading...
  1. author

    Chika3 tahun ago

    mahal bener ya os asli. perasaan dulu cuman 500an…

    Reply

Leave a reply "Update Harga Windows Asli Terkini, dan Cara Membedakan O/S Asli dan Bajakan"