Wahana & Harga Tiket Masuk Wisata Baturaden Banyumas

Jika sedang berkunjung ke Purwokerto atau Banyumas, salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Baturaden. Juga sering ditulis Baturraden, ini merupakan kawasan yang paling populer di daerah tersebut, dengan banyak sajian pesona alam yang mengagumkan. Dengan masuk yang terjangkau, traveler sudah bisa menikmati paket liburan yang lengkap.

Lokasi Lokawisata Baturaden

Lokawisata Baturaden berada di sebelah utara Kota Purwokerto, dengan jarak sekitar 15 km atau 15 menit perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Jika Anda berangkat dari Purwokerto, Anda cukup berjalan lurus ke arah utara dari Taman Andhang Pangrenan, Kebondalem, Hotel Aston, Universitas Jenderal Soedirman, hingga sampai di Terminal Atas Baturaden.

Lokawisata Baturaden - www.liputan6.com

Lokawisata Baturaden - www.liputan6.com

Apabila Anda berangkat dari arah alun-alun, bisa menuju ke timur sampai perempatan Srimaya (traffic light ketiga), kemudian belok kiri dan ikuti jalan ini. Sementara, jika dari Hotel Horison, bisa menuju ke arah Hotel Aston, kemudian belok kiri, sedangkan dari arah GOR ke Hotel Aston belok kanan. Jika keluar dari stasiun, bisa menelusuri Jalan Pemuda hingga bertemu perempatan Kebondalem, kemudian belok kiri.

Perjalanan menuju Baturaden dapat dilakukan menggunakan kendaraan pribadi, namun harus hati-hati karena jalan menanjak dengan kemiringan sekitar 30 dearajat. Jika Anda kebetulan tidak membawa mobil atau sepeda motor sendiri, tidak perlu khawatir. Karena, Anda bisa menumpang angkutan kota dari terminal di Purwokerto dan turun di Terminal Lokawisata Baturaden. Apabila ingin lebih praktis, wisatawan dapat menggunakan taksi. 

Seperti disinggung di atas, Lokawisata Baturaden menawarkan paket liburan yang komplet. Anda dapat menemukan pemandian air panas di sini, air terjun yang elok, kolam renang plus permainan air yang seru, hingga bumi perkemahan bagi mereka yang ingin mengadakan kegiatan outbound. Berikut wahana dan fasilitas yang ada di Lokawisata Baturaden.

Wahana & Fasilitas Lokawisata Baturaden

  • Pancuran Pitu, ini merupakan salah satu objek wisata favorit pengunjung ketika berkunjung ke Baturaden. Pasalnya, spot ini menawarkan keunikan alam berupa air panas yang sumbernya berasal dari dalam Bumi. Sesuai namanya, total ada tujuh pancuran tempat air mengalir dari sumbernya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menikmati air hangat alami di tempat ini, bisa mencelupkan atau membasuh kaki di titik pancuran, bisa juga dengan mandi di kolam pemandian air hangat yang tersedia.
  • Pancuran Telu, terletak tidak jauh dari Pancuran Pitu, objek wisata ini dapat dicapai dengan berjalan dulu ke bagian dalam atau sisi lain dari bukit/lembah yang ada pada lokasi ini. Seperti layaknya pemandian air panas lainnya, air Pancuran Telu dipercaya mengandung mineral-mineral yang mampu menyembuhkan berbagai macam kulit atau rematik. Warna batu yang cokelat kemerah-merahan menunjukkan setidaknya air yang ada, kaya akan unsur belerang. Bila pengunjung sudah selesai berendam air panas (disarankan tidak lebih dari 15 menit), bisa beralih mandi di bawah pancuran air dingin yang juga tidak jauh dari lokasi perendaman.
  • Teater Alam, ini adalah spot yang mengusung konsep menonton lebar. Namun, sensasi yang ditawarkan sangat berbeda. Karena di Teater Alam, Anda tidak akan menonton di ruangan seperti bioskop, melainkan di dalam badan pesawat sungguhan, yakni Foxer 28 milik Garuda Indonesia. Film yang turis tonton juga bukan film-film box office seperti biasanya. Di Teater Alam Baturaden ini, traveler akan disuguhkan tayangan film-film berisi potensi pariwisata di Kabupaten Banyumas atau Indonesia, dan bahkan dunia.
  • Wahana kolam renang, papan seluncur, sepeda air.
  • Kesenian lokal khas Banyumas, seperti kenthongan, calung, ebeng atau kuda lumping, permainan musik tradisional, dan sebagainya.

Harga Tiket Lokawisata Baturaden

Lalu, berapa yang perlu dikeluarkan untuk bisa berlibur di Lokawisata Baturaden? Seperti disampaikan di atas, harga tiket Lokawisata Baturaden sangat terjangkau. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp14.000 per orang. Membayar tarif tersebut, sudah termasuk fasilitas kolam renang, sepeda air, papan luncur, mandi air panas, dan asuransi.

Lokawisata Baturaden - www.suaramerdeka.com

Lokawisata Baturaden - www.suaramerdeka.com

Wisata Lain di Baturaden

  • Curug Telu, adalah tempat wisata yang, seperti namanya, memiliki tiga air terjun. Meski ketiganya tidak sama besar, namun secara kasat mata curug ini memang tampak dialiri oleh 3 air terjun sekaligus. Curug yang berada di Karangsalam, Baturaden, ini merupakan sumber dari Curug Bidadari yang letaknya juga tidak jauh dari sini.
  • Desa Wisata Ketenger Baturaden, merupakan spot yang cocok bagi mereka yang suka menikmati panorama alam sambil menambah pengetahuan tentang kesenian tradisional. Di sini, pengunjung bisa menyaksikan berbagai hiburan kesenian menarik seperti kuda lumping, siteran, begalan, rengkong, wayang kulit khas Banyumasan, Lengger Calung, dan juga orkes Melayu. Selain menikmati beraneka hiburan kesenian, pengunjung bisa berkeliling menyusuri situs peninggalan sejarah yang ada, seperti rel lori dan Waduk Ketenger.
  • Kebun Raya Baturaden, terletak di Jalan Pancuran Tujuh Wanawisata, Baturaden, Kemutug Lor, Banyumas atau berjarak sekitar 14 kilometer dari Kota Purwokerto. Tidak sulit untuk dapat menemukan kebun raya ini karena lokasinya searah dengan Lokawisata Baturaden. Tempat rekreasi sekaligus edukasi ini diresmikan pada tanggal 19 Desember 2015 lalu.
  • Telaga Sunyi, berada di suatu kawasan yang sunyi, tepatnya berjarak sekitar 2,8 kilometer dari Lokawisata Baturaden. Objek wisata alam ini sangat cocok bagi mereka yang ingin bersantai sejenak melarikan diri dari keramaian. Telaga ini memiliki panorama alam yang indah, udara pegunungan yang sejuk, ditambah pohon-pohon besar yang rindang membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. 
  • Taman Miniatur Dunia Small World, terletak di Jalan Raya Baturaden Barat Nomor 270, Desa Ketenger, Kecamatan Baturaden. Di tempat wisata ini, pengunjung seakan diajak berkeliling dunia sambil menambah wawasan tentang bangunan-bangunan terkenal yang berada di berbagai penjuru dunia, seperti Menara Pisa dan Menara Eiffel. 

Harga Tiket Wisata Baturaden 

Tempat WisataHarga Tiket
Curug TeluRp5.000
Curug BayanRp5.000
Taman Miniatur Dunia Small WorldRp15.000
Telaga Sunyi Rp13.000
Kebun Raya BaturadenRp10.000 (terusan : Rp25.000)
Baturaden Adventure ForestTeam Building : Mulai Rp395.000
Student Outbound : Mulai Rp255.000
Walk-in Program : Mulai Rp200.000
River Adventure : Mulai Rp425.000
Family Camp : Mulai Rp2.500.000

Harga tiket masuk tempat wisata Baturaden di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk situs resmi lokasi wisata dan bocoran dari beberapa wisatawan. Harga tiket masuk tersebut tentu saja tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Biasanya, harga tiket akan mengalami kenaikan pada momen liburan, Lebaran, dan akhir tahun.

Baca juga  Jenis dan Update Kisaran Biaya Vaksin Kucing
loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Wahana & Harga Tiket Masuk Wisata Baturaden Banyumas"