Info Terbaru Harga Tiket Kereta Api Purwojaya Jakarta-Cilacap

Bagi Anda yang memiliki rencana berlibur ke Cilacap dari , tidak ada salahnya untuk menggunakan transportasi umum seperti kereta. Kereta yang melayani -Cilacap adalah KA Purwojaya yang tiketnya bisa Anda pesan secara langsung atau online dengan yang relatif terjangkau.

Ilustrasi: Wanita Duduk di Kursi Kereta Api (credit: studyfinds.org)

Ilustrasi: Wanita Duduk di Kursi Kereta Api (credit: studyfinds.org)

Kereta Api Purwojaya merupakan kereta api eksklusif milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Kereta ini pertama kali diperkenalkan pada 13 Maret 1995. Tahun lalu, PT KAI Persero Daop 5 mengubah stamformasi (rangkaian) KA Purwojaya jurusan Cilacap-Gambir pergi-pulang (PP) menjadi seluruhnya. Sebelumnya, kereta api tersebut terdiri dari kelas dan bisnis. Rangkaian KA Purwojaya yang selama ini terdiri dari enam gerbong kelas dan dua gerbong kelas bisnis berubah menjadi delapan gerbong kelas tanpa ada kelas bisnis.

Perubahan (stamformasi) rangkaian tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan di KA Purwojaya. Dengan melayani rangkaian eksekutif, diharapkan pelayanan menjadi optimal. Selain pelayanan menjadi lebih optimal, status kereta api kebanggaan Daop 5 Purwokerto ini juga akan menjadi salah satu KA bendera (flag train). Bagi Anda yang akan bepergian dengan menaiki Kereta Api Purwojaya, dapat memesan secara online melalui situs .kereta-api.co.id. 

Prosedur Pemesanan Tiket Kereta Api Online

  • Masuk ke situs resmi dari PT KAI, kemudian arahkan kursor ke kolom Info & Reservasi. Dari situ, Anda bisa memasukkan data mengenai tanggal rencana , memilih stasiun kereta api asal dan stasiun kereta api tujuan, sampai jumlah tiket yang akan dipesan berdasarkan kategori , apakah berusia lebih dari 3 tahun atau kurang dari 3 tahun. Dapat diberlakukan tiket kereta gratis untuk anak yang usianya di bawah 3 tahun. Sehingga, apabila Anda ingin bepergian bersama anak, keponakan, atau adik yang masih berusia di bawah 3 tahun, mereka tidak akan dikenakan biaya.
  • Cek Harga. Misalnya Anda ingin membeli tiket ke Cilacap tanggal 22 Februari 2021 dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Cilacap, Anda memasukkan tanggal pergi seperti yang disebutkan, Stasiun Asal adalah Stasiun Gambir (Jakarta), Stasiun Tujuan adalah Stasiun Cilacap (Cilacap), penumpang dewasa 1 orang, kemudian klik ‘Tampilkan’.
  • Setelah itu, akan tampak di website, nama kereta api, jadwal keberangkatan serta kedatangan, durasi/lama perjalanan, harga beserta subclassnya. Jika Anda ingin memesan tiket kereta dengan data tersebut, dapat klik ‘Pesan’.
  • Di layar akan ditampilkan informasi reservasi kereta api dengan ketentuannya. Apabila data yang ditampilkan sudah benar, maka dapat klik (untuk memberi tanda centang) pada kolom ‘Dengan ini saya setuju dan mematuhi persyaratan dan ketentuan reservasi dari PT Kereta Api Indonesia (Persero). Setelah itu, klik ‘Lanjutkan’
Ilustrasi: Lintasan Rel Kereta Api (credit: thejakartapost)

Ilustrasi: Lintasan Rel Kereta Api (credit: thejakartapost)

  • Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data penumpang, berupa nama, nomor ID seperti KTP, SIM, Paspor. Kemudian, mengisi data pemesan yaitu nama, email, no telepon, alamat pemesan, dan mengetik sandi yang diminta pada kolom paling bawah. Setelah itu klik’ Selanjutnya’.
  • Periksa Kembali Informasi dan . Di halaman berikutnya, Anda bisa memeriksa kembali segala informasi yang telah masukkan sebelumnya. Anda bahkan bisa mengganti nomor tempat duduk sesuai yang Anda mau dengan mengklik tombol "Pindah". Setelah itu, Anda bisa melakukan dengan berbagai metode sesuai yang Anda inginkan. Bisa melalui ATM, BCA Klikpay, CIMB Clicks, Mandiri Click Pay, E-Pay BRI, Doku Wallet, Visa / Mastercard, atau Danamon Online Banking. Jika Anda ingin membayar via ATM, klik tombol "ATM", lalu "Selanjutnya". Anda juga bisa membayar melalui minimarket rekanan PT. KAI, antara lain Alfamart, Alfamidi, Lawson, Indomaret, dan Alfa Express. Setelah membayar di minimarket, sebaiknya struknya disimpan.
  • Bayar dan Konfirmasi Tiket. Catat 'Kode Pembayaran’ Anda karena akan diperlukan ketika membayar tiket via ATM atau minimarket rekanan PT. KAI. ATM yang telah memiliki menu pembayaran PT. KAI antara lain Bank Mandiri, BCA, BRI, BRI Syariah, BNI, dan CIMB Niaga. Setelah membayar via ATM, jangan buang struknya.
  • Cetak Tiket di Stasiun. Langkah terakhir adalah Anda harus mencetak sendiri tiket di mesin cetak khusus yang ada di stasiun. Masukkan ‘Kode Pemesanan’ yang ada di struk pembayaran dan tiket pun akan tercetak. Tiket terakhir yang tercetak itulah yang akan menjadi ‘tiket masuk’ Anda.

Sebelum memasuki pintu masuk stasiun, sebaiknya Anda mempersiapkan perlengkapan diri seperti KTP, bukti pembayaran, dan juga barang-barang pribadi yang dibawa. Hal ini mencegah Anda tidak merasa terburu-buru ketika berada di stasiun. Disarankan juga untuk tidak datang terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan kereta. Sebaiknya Anda datang di stasiun 15-30 menit sebelum kereta datang.

Rute perjalanan Cilacap-Jakarta dengan jarak sekitar 444 km dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih enam hingga tujuh jam. KA eksekutif Purwojaya melalui sejumlah stasiun yaitu Stasiun Maos, Stasiun Kroya, Stasiun Purwokerto, Stasiun Cirebon, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, dan yang terakhir tiba di Stasiun Gambir. Berikut informasi jadwal keberangkatan kereta api Purwojaya.

Kereta Api Purwojaya - www.flickr.com

Kereta Api Purwojaya - www.flickr.com

Jadwal Kereta Api Purwojaya KA 60/57

StasiunBerangkatTiba
Cilacap-14:30 WIB
Kroya (KYA)15:12 WIB15:30 WIB
Maos (MA)14:55 WIB14:58 WIB
Purwokerto15:57 WIB16:10 WIB
Cirebon18:05 WIB18:15 WIB
Bekasi20:41 WIB20:43 WIB
Jatinegara21:00 WIB21:02 WIB
Gambir Jakarta21.18 WIB-

Jadwal Kereta Api Purwojaya KA 58/59

StasiunBerangkatTiba
Gambir Jakarta-22:05 WIB
Cirebon01:00 WIB01:08 WIB
Purwokerto03:08 WIB03:30 WIB
Kroya03:58 WIB04:15 WIB
Maos04:29 WIB04:31 WIB
Cilacap04:57 WIB-

Harga Tiket Kereta Api Purwojaya Jakarta-Cilacap

KelasHarga
Eksekutif ARp300.000
Eksekutif HRp280.000
Eksekutif IRp260.000
Eksekutif JRp240.000

Jika tahun lalu,untuk melakukan perjalanan Jakarta-Cilacap menggunakan kereta api Purwojaya dikenai tarif tiket sebesar Rp250 ribu hingga Rp400 ribu, saat ini tarif tersebut mengalami kenaikan mulai dari Rp240 ribu - Rp300 ribu tergantung jenis kelas yang dipilih. Tarif tersebut diperuntukkan penumpang dewasa.

Perlu diingat juga bahwa harga tiket Kereta Api Purwojaya relasi Jakarta-Cilacap dapat kembali mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga yang berlaku di setiap channel penjualan resmi tiket KAI kemungkinan bisa berbeda-beda, tergantung dari promo diskon yang sedang ditawarkan.

[Update: Almas]

Baca juga  Update Jadwal, Fasilitas dan Harga Tiket Bus Nusantara Semua Rute
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Tiket Kereta Api Purwojaya Jakarta-Cilacap"