Harga Telur Bebek per Butir dan 1 Kg di Pasaran

No comment 78 views

Selain telur ayam, telur bebek juga banyak dikonsumsi masyarakat karena rasanya yang juga lezat. Di samping itu, telur yang biasanya disebut dengan telur asin juga diklaim memiliki kandungan nutrisi tinggi, terutama kaya protein. Di pasaran, harga telur per butir dan per kilogram relatif berfluktuasi, tergantung permintaan dan pasokan barang.

Telur Bebek - www.indotrading.com

Telur Bebek - www.indotrading.com

Seperti diketahui, telur merupakan sumber protein dengan harga terjangkau yang banyak dikonsumsi masyarakat. Selain telur ayam, telur bebek juga merupakan salah satu jenis telur yang banyak dikonsumsi. Jika dilihat dari kandungan gizinya, telur bebek memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Hal ini dipengaruhi oleh yang diberikan dan pemeliharaannya. Secara rinci, perbedaan telur bebek dengan telur ayam di antaranya:

  • Telur bebek berukuran lebih besar daripada telur ayam, sehingga cukup mudah untuk membedakan kedua jenis telur ini.
  • Telur bebek memiliki cangkang yang lebih tebal daripada telur ayam sehingga lebih lama daya tahannya.
  • Telur bebek mengandung lebih banyak asam lemak Omega 3 yang penting untuk meningkatkan otak.
  • Telur bebek mengandung kalori yang lebih tinggi dibandingkan telur ayam. Dalam 100 gram telur bebek, terkandung sekitar 185 kkal energi, sementara pada telur ayam adalah 149 kkal. Kandungan karbohidrat dan mineral keduanya kurang lebih sama, tetapi kandungan protein telur bebek sedikit lebih tinggi. Keduanya mengandung mineral-mineral penting seperti selenium, mangan, zinc, tembaga, potassium, sodium, fosfor, kalsium, dan zat besi, dengan kandungan vitamin yang tidak berbeda jauh.

Seperti telur ayam, telur bebek juga memiliki beragam untuk kesehatan. Makanan ini dipercaya mampu menjaga mata tetap sehat karena mengandung vitamin A sebesar 472 IU, meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan tulang dengan kandungan kalsium dan vitamin D, membantu memproduksi hormon tiroid karena dibekali selenium, serta mampu membantu produksi sel darah merah berkat kandungan zat besi.

Di masyarakat Indonesia, telur bebek sering dijadikan telur asing karena telur ini memiliki tekstur yang lebih kenyal, lebih lezat, dan kemampuan menyerap garam yang lebih baik dibandingkan telur lainnya. Dalam proses pembuatan telur asin sendiri, selain telur bebek, diperlukan bahan-bahan tambahan seperti garam dapur, abu, batubara, dan lain-lain.

Baca juga  Info Harga Beras Rojolele Ukuran 20 Kg di Pasaran Hari Ini

Kandungan protein pada telur bebek asin tidak jauh berbeda dengan telur bebek rebus, namun proses pengasinan ini akan meningkatkan kadar natrium (sodium) pada telur. Peningkatan kadar natrium pada telur bebek asin bisa mencapai tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan telur bebek yang direbus. Selain kandungan natrium, pada telur bebek asin juga terjadi peningkatan kalsium hingga dua kali lipat.

Mengenai harga, seperti diutarakan sebelumnya, harga telur bebek cenderung bervariasi, tergantung permintaan pasar dan pasokan dari peternak. Untuk satu butir telur bebek, harga di tingkat peternak berkisar Rp1.500, sedangkan di tingkat konsumen sekitar Rp2.000 hingga Rp2.500 per butir. Sementara, untuk harga per kilogram, telur bebek jarang yang dijual dengan ini. Adapun per rak, telur bebek dijual dengan harga sekitar Rp65.000 sampai Rp85.000.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Telur Bebek per Butir dan 1 Kg di Pasaran"