Harga Satu Set Tabung CO2 untuk Aquascape

No comment 3488 views

Jika Anda hobi memelihara ikan di dalam akuarium, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Aquascape. Aquascape adalah suatu seni dari landskap ekosistem di alam yang kemudian dipindahkan dalam bentuk sebuah miniatur ekosistem buatan dalam wadah akuarium. Namun, jika akuarium biasa menggunakan rumput atau tanaman hias, karang, dan pernak-pernik buatan, maka Aquascape ini fokus utamanya adalah tanaman air, batu, dan kayu sebagai media pertumbuhan.

Tabung CO2 untuk Aquascape - pionersa.blogspot.com

Tabung CO2 untuk Aquascape - pionersa.blogspot.com

Secara sederhana, Aquascape bisa dikatakan sebagai bentuk ekosistem/biota laut kecil. Umumnya, setelah Aquascape berumur 2 bulan, ekosistemnya sudah mulai tercipta. Untuk tanamannya sendiri, banyak pilihannya. Rata-rata pelaku hobi ini menggunakan tanaman yang mudah dirawat, karena ada beberapa tanaman air yang memerlukan teknik perawatan tinggi dalam perkembangbiakannya.

Ada 4 faktor utama dalam Aquascape, yaitu lighting atau pencahayaan (pengganti matahari untuk fotosintesis), CO2 untuk tanaman, nutrisi/pupuk pada tanaman, dan filter (saringan untuk menjaga air). Selain itu, juga perlu diperhatikan suhu air yang dijaga antara 26-28 derajat Celcius, tingkat keasaman air (pH) dengan rentang nilai 1-14, kandungan mineral dalam air (Ca, Mg, Sr, Fe, Mn, dsb), serta karbondioksida (CO2) dan oksigen (O2) terlarut.

Baca juga  Info Lengkap dan Terbaru Biaya Sewa Gedung Resepsi Pernikahan di Jakarta

untuk CO2, meski merupakan komponen utama, tetapi juga perlu diperhatikan kadar kebutuhannya. Pasalnya, jika terlalu banyak CO2, bakal menyebabkan ikan sering mengapung ke permukaan air dan cepat mati.

Tabung CO2 sendiri memiliki beberapa komponen. Komponen pertama tentunya tabung untuk menyimpan gas CO2 agar bisa bertahan cukup lama sesuai ukuran tabung dan cara penggunaannya. Tabung ini tersedia dalam berbagai ukuran, mulai 0,5 liter hingga 3 liter. Namun, umumnya tabung ini dijual sesuai berat tabung. tabung CO2 ukuran 5 kg misalnya, saat ini ditawarkan mulai Rp650.000 per buah.

Selain itu, perlengkapan lain yang harus ada di tabung CO2 adalah regulator CO2. ini berfungsi menjaga atau menstabilkan pengeluaran gas CO2 dari tabung. Di samping itu, memudahkan pengguna untuk melakukan setting besar atau kecilnya pengeluaran gas yang diinginkan. Regulator CO2 kini dijual mulai Rp275.000 per buah.

Baca juga  Berapa Harga Cat Kiloan di Pasaran?

Perlengkapan berikutnya adalah check valve yang berfungsi untuk menahan alur balik dari air yang ada di dalam akuarium agar tidak masuk ke dalam tabung ketika gas CO2 habis, atau semacam one way. Satu buah check valve ini dijual mulai Rp25 ribuan.

Ada lagi bubble counter, yaitu alat yang berfungsi untuk memudahkan dalam menghitung banyaknya suplai CO2 ke dalam akuarium. Harga bubble counter ini sekitar Rp35.000 hingga Rp40.000 per buah.

Alat berikutnya adalah diffuser yang berfungsi sebagai alat output untuk gas CO2 di dalam akuarium. Gas yang keluar akan menjadi halus sehingga mudah tersebar di dalam akuarium. Diffuser saat ini dijual dengan harga mulai Rp60 ribuan. Sementara, perlengkapan terakhir, yaitu CO2 reactor, berfungsi mencampur gas CO2 ke dalam air sebelum masuk ke akuarium. Alat ini dijual mulai Rp90.000 hingga Rp12.000, tergantung ukuran. Berikut rincian lengkap harga satu set tabung CO2.

Baca juga  Biaya Mulai Rp 2 Jutaan, Kini Tersedia Paket Backpacker Untuk 3 Hari di Singapore
Isi Harga (Rp)
0,5 liter 465.000
1 liter 580.000
2 liter 1.125.000
3 liter 1.325.000
loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Satu Set Tabung CO2 untuk Aquascape"