Info Lengkap Komposisi dan Harga Rhinofed Sirup & Tablet

flu kerap ditandai dengan bersin-bersin maupun hidung tersumbat. Untuk meringankan keluhan, tak sedikit orang yang menggunakan tradisional atau kimia, salah satu pilihannya yakni Rhinofed. Tersedia dalam kemasan sirup dan tablet, Rhinofed cukup banyak diminati karena komposisi yang lengkap serta jual relatif terjangkau.

Harga Rhinofed Sirup - www.sehatq.com

Harga Rhinofed Sirup - www.sehatq.com

Rhinofed merupakan obat yang diproduksi oleh Dexa Medica. Obat ini diklaim mampu mengobati rinitis alergi (alergi yang terjadi pada hidung akibat reaksi alergi), rinitis vasomotor ( yang terjadi karena kondisi pembuluh darah di hidung sangat sensitif), meliputi: hidung tersumbat, bersin-bersin, dan hidung berair. Rhinofed terdiri atas Pseudoephedrine dan Terfenadine, bukan nama generik karena tidak sama dengan kandungannya.[1]

Rhinofed Sirup

Rhinofed sirup hadir dalam kemasan botol isi 60 ml dan merupakan obat bebas terbatas. Selain anti alergi, Rhinofed sirup juga dapat digunakan untuk meredakan batuk. Obat ini dapat diminum bagi di atas 12 tahun dengan dosis 3 x sehari sebanyak 1 sendok takar. Rhinofed sirup disarankan diminum setelah makan.

Baca juga  Update Info Komposisi, Kegunaan, & Harga Suplemen Sendi Welmove

Komposisi Rhinofed Sirup

Setiap 5 ml suspensi Rhinofed sirup terdiri dari Pseudoephedrine 15 mg dan Tripolidine 1,25 mg.

Obat ini tidak diperkenankan untuk dikonsumsi bagi penderita glaukoma sudut sempit, hipertensi, DM, hingga hipertiroid. Sejumlah efek samping yang mungkin terjadi meliputi anoreksia, mual, muntah, tidak nyaman di perut, mulut kering, insomnia, mudah lelah, ansietas, palpitasi, hingga takikardia. Selain sirup, Rhinofed juga banyak ditemui dalam bentuk tablet.

Rhinofed Tablet

Rhinofed tablet merupakan  antihistamin yang bekerja secara spesifik dan selektif pada reseptor histamin H1, tanpa menimbulkan aktivitas depresi pada susunan saraf pusat. Termasuk golongan obat keras, Rhinofed tablet juga dapat meringankan gejala hidung tersumbat. Saat mengonsumsi Rhinofed tablet, Anda perlu memperhatikan pemberian bersamaan dengan antibiotik makrolid atau anti azole.

Komposisi Rhinofed Tablet

Setiap tabletnya memiliki kandungan Pseudoephedrin HCl 30 mg dan Terfenadine 40 mg.

Baca juga  Harga Cairan Pembersih Telinga Manusia (Ear Drop)

Rhinofed tablet dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Dosis yang disarankan untuk usia di atas 12 tahun yakni 3 x sehari sebanyak 1-2 tablet. Untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi karena tergolong obat keras, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan terlebih dulu sebelum meminumnya.

Terdapat puluhan obat untuk mengatasi flu lainnya, termasuk Rhinos. Meskipun namanya hampir mirip, tetapi keduanya memiliki sejumlah perbedaan khususnya dalam hal komposisi. Telah dipaparkan di atas bahwa Rhinofed memiliki kandungan utama di antaranya Terfenadine dan Pseudoephedrine. Sedangkan, Rhinos mengandung Loratadine dan Pseudoephedrine.

Dengan kandungan Pseudoephedrine, obat Rhinofed dapat digunakan untuk meredakan tekanan sinus yang disebabkan oleh infeksi seperti flu biasa atau penyakit pernapasan lainnya. Sementara itu, bagi ibu hamil penggunaan Rhinofed harus dikonsultasikan lebih lanjut karena belum diketahui efektivitas dan keamanan obat ini. Lalu, berapa harga Rhinofed di apotek?

Harga Rhinofed Tablet - shopee.co.id

Harga Rhinofed Tablet - shopee.co.id

Harga Rhinofed di Apotek

Jenis Obat RhinofedHarga (Rp)
Rhinofed per tablet2.855
Rhinofed tablet 1 dusMulai 20.000 – 48.500
Rhinofed syrup per botol40.193
Baca juga  Update Terkini Daftar Harga Skincare Rinna Diazella (RD)

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Obat Rhinofed tentu dapat mengalami perubahan harga sewaktu-waktu tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli Rhinofed di apotik terdekat seperti Apotek Kimia Farma dan Apotek K24. Sejumlah situs online juga menawarkan Rhinofed dengan harga bersaing.

Perlu diingat, perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan atau tanyakan pada apoteker Anda. Saat Anda menyimpan Rhinofed, tidak disarankan dibekukan di dalam kulkas. Jauhkan semua obat-obatan termasuk Rhinofed dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Setelah digunakan, tidak disarankan untuk membuangnya ke dalam toilet atau saluran pembuangan. Ada baiknya untuk segera membuang jika masa berlaku obat telah habis.

[1] Anwar, Bahar. Bijak Memanfaatkan Antibiotika (Jakarta: Kawan Pustaka, 2004), hlm. 50

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Komposisi dan Harga Rhinofed Sirup & Tablet"