Harga Prosesor AMD E1-2500 Dual Core untuk Notebook Low-End

Processor atau merupakan salah satu utama dalam rangkaian . Tanpa perangkat ini, dipastikan tidak bisa berjalan karena bisa dikatakan sebagai otak komputer yang berfungsi mengontrol keseluruhan jalannya komputer dan melakukan perhitungan.

prosesor AMD E1-2500 Dual Core - processors.specout.com

prosesor AMD E1-2500 Dual Core - processors.specout.com

Letak prosesor terdapat di motherboard. Bagian terpenting dari prosesor adalah Arithmetic Logic Unit (ALU) untuk melakukan perhitungan  matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program, Control Unit (CU) yang bertugas mengatur lalu lintas data seperti input dan output, serta Memory Unit (MU) yang merupakan alat penyimpanan kecil yang memiliki kecepatan akses cukup tinggi.

Di pasaran global, salah satu prosesor yang sangat terkenal, selain Intel, adalah AMD. Bisa dibilang, kedua prosesor ini saling bersaing satu sama lain dengan menghadirkan berbagai dengan teknologi tercanggih untuk menarik konsumen.

AMD atau Advanced Micro Devices sendiri merupakan perusahaan semikonduktor multinasional asal Amerika Serikat yang mengembangkan prosesor komputer dan teknologi yang terkait untuk pasar konsumen dan komersial. Produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu (GPU) dan prosesor untuk server, workstation dan komputer pribadi (PC), dan teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol , dan aplikasi lainnya yang terdapat sistem.

Baca juga  Update Daftar Harga Laptop Terbaru RAM 8 GB Murah di Bawah Rp 10 Jutaan

Salah satu produk prosesor unggulan AMD yang telah dirilis di pasaran adalah seri AMD E1-2500 Dual Core. Prosesor ini oleh sebagian masyarakat sering dibandingkan dengan Intel Core i3 karena memiliki yang hampir mirip.

Secara garis besar, AMD E1-2500 merupakan prosesor Dual Core untuk notebook low-end yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2013 lalu. Selain Dual Core, perangkat ini juga memiliki clock speed dasar 1,4 GHz (tidak ada turbo), chip 28-nanometer, serta mengintegrasikan GPU Radeon HD 8240 dan satu channel memori DDR3L-1333.

Karena hanya memiliki clock speed 1,4 GHz, kinerja prosesor ini cukup sederhana dan sedikit di atas seri E2-1800. Namun, jika digunakan untuk tugas-tugas kantor dan multimedia, E1-2500 masih mampu diandalkan, meski memiliki batas, khususnya dalam penggunaan aplikasi dan game yang sedikit berat. Berikut spesifikasi teknis prosesor AMD E1-2500 Dual Core.

Baca juga  Update Harga Laptop Bekas Merek Axioo di Pasaran
Series AMD E-Series
Kode Kabini
Clock Rate 1400 MHz
Level 1 Cache 128 KB
Level 2 Cache 1024 KB
Jumlah Core 2 / 2
Konsumsi Daya 15 Watt
Teknologi Manufaktur 28 nm
SSE (1, 2, 3, 3S, 4.1, 4.2, 4A), x86-64, AES, AVX, DDR3L-1333
64 Bit 64 Bit support
Hardware Virtualization VT
Tanggal Rilis 05/23/2013

Seperti diutarakan sebelumnya, karena memiliki spesifikasi yang standar, prosesor AMD E1-2500 memang lebih cocok untuk keperluan komputasi harian yang tidak membutuhkan aplikasi berat. Ketika pertama kali dirilis, prosesor ini dibanderol dengan mulai USD 79 atau sekitar Rp1 jutaan. Kini, satu unit prosesor tersebut saat ini dijual dengan Rp370.000.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Prosesor AMD E1-2500 Dual Core untuk Notebook Low-End"