Harga Moloco B12, Obat Pelancar ASI

No comment210 views

Bagi para yang baru melahirkan, pastinya kelancaran ASI menjadi fokus utama agar bayinya memperoleh asupan gizi dengan cukup. Sementara ada banyak merek suplemen pelancar ASI di , Moloco B12 menjadi salah satu produk yang diincar banyak orang. Ini karena Moloco B12 dikatakan memiliki komposisi lengkap dengan yang terjangkau.

Ilustrasi: Ibu Menyusui Bayi (credit: phyxphysio)

Ilustrasi: (credit: phyxphysio)

Indikasi dan Komposisi Moloco B12

ASI merupakan asupan penting bagi bayi, terutama yang baru lahir. Ini karena air susu ibu mengandung zat gizi komplet yang dibutuhkan oleh bayi. Selain itu, ASI juga mengandung antibodi, hormon, faktor imun, dan antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh bayi usia 0 hingga 6 bulan pertama.[1] Meski sangat penting bagi bayi, tidak semua ibu menyusui memiliki kadar ASI yang sama. Bahkan, tidak sedikit wanita yang mengalami gangguan ASI tidak lancar.

Jika ibu memiliki gangguan pada saat menyusui, maka bayi tidak akan mendapat asupan nutrisi yang cukup. Tentunya, ini sangat berbahaya bagi kesehatan mereka. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan pelancar ASI didampingi suplemen pelancar ASI seperti Moloco B12.

Baca juga  Harga Interlac Drops dan Tablet

Moloco B12 merupakan salah satu obat sekaligus suplemen yang dijual secara bebas, dengan indikasi untuk melancarkan ASI. Meskipun bisa didapatkan tanpa resep dokter, bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaatnya secara lebih, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Ini karena obat hanya boleh dikonsumsi oleh pasien dengan indikasi tertentu. Suplemen hanya boleh dikonsumsi oleh wanita yang benar-benar membutuhkan karena produksi ASI yang sedikit atau sempat terhenti.

Selain itu, Moloco B12 juga memiliki indikasi untuk mengatasi hipogalaktia primer dan sekunder, kekurangan vitamin B12, dan anemia megaloblastik. Indikasi suplemen tersebut tentu tidak lepas dari komposisi yang ada. Dalam satu tablet Moloco B12, mengandung vitamin B12 20 mcg dan placental extra 15 mg.

MOLOCO B12 (credit: Tokopedia)

MOLOCO B12 (credit: Tokopedia)

Moloco B12

Untuk mendapatkan manfaat Moloco B12, pastinya Anda harus memperhatikan cara konsumsi obat tersebut dengan tepat. Moloco B12 tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan pasien dengan riwayat alergi terhadap vitamin B12 atau ekstrak plasenta yang terkandung dalam produk. Ini karena obat dapat memicu terjadinya gejala alergi, seperti mual, muntah, diare, pusing, hingga sesak napas.

Baca juga  Manfaat dan Harga Serum MSI (Varian Glowing dan Fruit)

Moloco B12 juga bisa menyebabkan beberapa efek samping yang parah jika dikonsumsi terlalu banyak atau tidak sesuai prosedur. Efek samping yang sering timbul akibat berlebihan mengonsumsi B12, antara lain gatal-gatal, ruam, kontraksi rahim, dan pendarahan bagi ibu hamil. Selain itu, obat tidak dianjurkan pada pasien dengan riwayat gangguan ginjal. Jika pasien memiliki riwayat ginjal, maka ia harus berkonsultasi pada dokter, jika membutuhkan Moloco B12.

Untuk pemakaiannya, obat Moloco B12 harus dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dianjurkan pada kemasan atau resep dokter. Secara umum, Anda bisa mengonsumsi Moloco B12 sebanyak 1 tablet 3 kali sehari selama menyusui. Moloco B12 akan lebih baik jika diminum setelah makan, terutama bagi Anda yang memiliki gangguan lambung, seperti sakit maag.

Perlu Anda ketahui, Moloco B12 tidak bisa dijadikan sebagai suplemen harian yang dikonsumsi secara berkepanjangan. Anda hanya bisa mengonsumsinya bila perlu dan selama masa menyusui. Mengonsumsi Moloco B12 secara berkepanjangan atau terus-menerus, dapat menyebabkan gangguan ginjal dan hati.

MOLOCO B12 Booster ASI Tablet (credit: Carousell)

MOLOCO B12 Booster ASI Tablet (credit: Carousell)

Harga Moloco B12

Tidak sulit menemukan Moloco B12. Anda bisa membelinya di apotek terdekat. Suplemen pelancar ASI tersebut memiliki kemasan strip yang terbuat dari aluminium berisi 10 tablet. Di bagian depan kemasan, terdapat tulisan Moloco B12 berwarna oranye yang dicetak tebal beserta komposisinya. Untuk mengetahui tanggal kedaluwarsa obat tersebut, Anda bisa melihat bagian belakang pojok atas kemasan.

Baca juga  Update Terkini Biaya Pemeriksaan Electroencephalografi (EEG) di Rumah Sakit

Di pasaran, Moloco B12 tablet dijual dengan harga mulai Rp4.423 hingga Rp5.000 per strip atau Rp41.500 hingga Rp43.300 jika Anda membelinya per dus. Perlu Anda ketahui, harga Moloco B12 tentu tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain membelinya di apotek secara offline, Anda bisa membeli obat tersebut di situs jual online yang lebih praktis.

[1] Tafzi, Fitry. 2016. Identifikasi dan Mekanisme Komponen Bioaktif Ekstrak Daun Torbangun (Plectranthus amboinicus (Lour.) Spreng) sebagai Antioksidan dan Fungsi Laktasi pada Sel Epitel Kelenjar Susu Manusia Secara In Vitro (Thesis). Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor.

loading...
author

Leave a reply "Harga Moloco B12, Obat Pelancar ASI"