Update Harga Honda City Baru dan Bekas di Indonesia

Honda City merupakan mobil kompak yang diproduksi oleh pabrikan asal Jepang, Honda, mulai tahun 1981 silam. Awalnya, kendaraan ini dibuat untuk pasar Jepang, Eropa dan Australasia. Kemudian, pabrikan Negeri Sakura memperluas ekspor Honda City hingga ke pasar Benua Amerika dan Afrika, dengan disebut sebagai Honda Ballade di Afrika Selatan.

Generasi Pertama

Generasi pertama kendaraan ini meluncur pada bulan November 1981 dengan desain “Tallboy” yang inovatif. Mobil ini juga hadir dengan ketinggian yang tidak biasa, sehingga memungkinkan empat orang dewasa menyesuaikan diri dengan nyaman di dalam mobil. Diproduksi sebagai hatchback 3 pintu di berbagai tingkat rim, City juga tersedia bersama dengan Motocompo.

Bacaan Lainnya

Ketika pertama kali diperkenalkan, kendaraan ini merupakan mobil terkecil yang pernah diproduksi Honda, meski di lain sisi tidak sesuai dengan peraturan pemerintah Jepang. Honda City memiliki dimensi lebih panjang dibandingkan Honda N360, sebesar 383 milimeter (15,1 inci), namun lebih pendek dari Honda Civic generasi pertama 171 milimeter (6,7 inci).

Selang setahun kemudian, pabrikan meluncurkan Honda City Turbo, tepatnya pada bulan September 1982. Kendaraan ini didukung mesin turbocharged berkapasitas 1.231cc. Sementara, cabriolet yang dirancang Pininfarina menggunakan spatbor yang lebih lebar dan bumper yang lebih besar dari model Turbo II “Bulldog, dan mampu meletupkan tenaga 67 PS (49 kW) yang disedot secara alami. Ada juga versi van Pro dengan dua atau empat kursi.

1982 Honda City Turbo - id.pinterest.com
1982 Honda City Turbo – id.pinterest.com

Generasi Kedua

Honda mengganti City generasi pertama pada bulan November 1986 dengan generasi kedua (berkode GA1), dan melakukan update pada tahun 1989 (GA2). Model ini diproduksi sampai tahun 1994. Nama Fit juga pertama kali muncul sebagai varian trim City. Di sebagian besar pasar selain Jepang, posisi pasar City dibiarkan terbuka sampai terisi oleh Honda Logo pada tahun 1999.

Dalam perombakan ini, terjadi perubahan besar dalam tampilan kendaraan Honda yang disebut “bentuk Crouching”, yang terdiri dari desain rendah dan lebar sehingga bobot kendaraan menjadi lebih ringan, serta dikombinasikan dengan peningkatan performa berkendara. Styling tersebut mencerminkan keputusan perusahaan untuk memberlakukan tampilan bersama dengan mobil Honda Today generasi pertamagenerasi ketiga Honda Civic, dan Honda Accord AeroDeck generasi ketiga.

Untuk spesifikasi mesin, memperkenalkan seri Honda D, dalam bentuk tipe D12A, unit straight-four 16 valve, berkapasitas 1.2L, SOHC, yang mampu menyemburkan tenaga maksimal mencapai 76 PS (56 kW) pada putaran 6.500 rpm. Kendaraan ini sendiri tersedia dalam pilihan transmisi otomatis lima percepatan atau transmisi otomatis empat percepatan.

Pada akhir generasi ini, dengan konsolidasi kelas, “Fit” digunakan untuk semua kendaraan karburator tunggal. Paket trim “Fit” kemudian menjadi nama model penerus Honda Logo yang menggantikan mobil ini. Produksi generasi kedua sendiri dihentikan pada tahun 1993 dan pada tahun 1996 berganti nama menjadi Honda Logo dalam model hatchback tiga pintu.

Generasi Ketiga

Generasi ketiga Honda City, dengan nama SX8, meluncur pada tahun 1996 dan didasarkan pada platform EF Civic. Kendaraan ini dirancang dan dijual di pasar Asia Tenggara saja, dan dirilis dengan mengusung slogan “Smart for the generation”. Sementara, untuk model yang mengusung mesin 1,5 liter, membawa slogan “Top-in-class smart”.

Honda City generasi ketiga masih merupakan sub-kompak di bawah Honda Civic, dan dibangun di Pakistan, Thailand, Malaysia, Indonesia, Filipina, dan India. Kemudian, pada tahun 2000, sebuah facelift dilakukan yang disebut dengan City tipe Z di beberapa pasar. Selang setahun kemudian, muncul varian yang membawa mesin 1,5 liter VTEC dan dilengkapi penstabil belakang untuk penanganan yang lebih baik.

Generasi Keempat

Generasi keempat ini melakukan debut internasional di ajang Indonesia International Motor Show yang berlangsung bulan November 2002. Honda City sekarang ditawarkan sebagai versi four-wheel drive dan diimpor dari Thailand. Sementara, di pasar Jepang, Honda menamakan mobil tersebut sebagai Fit Aria, untuk melanjutkan tradisi penamaan yang digunakan bersama Honda Prelude, Honda Accord, Honda Ballade, Honda Quint, dan Honda Concerto.

Selang tiga tahun kemudian, Honda City generasi ketiga menerima facelift dan dirilis di Thailand pada bulan September, di Malaysia pada bulan Oktober, dan di Indonesia pada bulan November. Di Negeri Gajah Putih, model ini dikenal sebagai City ZX dengan membawa perubahan signifikan pada sektor eksterior, termasuk kisi-kisi depan, lampu depan, lampu kabut, lampu belakang, dan bumper.

Generasi

Model teranyar dari mobil ini resmi diperkenalkan pada publik otomotif Indonesia di bulan Maret 2017 dengan mengusung konsep Advanced Energetic Design. City kini tampil lebih menarik dan elegan, dengan headlamp berteknologi full LED dengan fog lamp dan Daytime Running Light, bumper depan dan grille depan yang dibuat lebih tegas, hingga garis tegas yang membujur dari arah depan sampai belakang.

Untuk bagian interior, Honda City kini telah didukung dengan fitur hiburan berupa layar berukuran 6,1 inci touchscreen yang dapat dijadikan pemutar video dan pemutar musik. Tidak hanya itu, kestabilan suhu di dalam kabin juga tetap terjaga berkat AC yang dapat disesuaikan. Sementara, untuk lebih memberikan kenyamanan berkendara, tersedia steering-wheel mounted control, tombol stop & start engine, hingga stylish meter cluster.

Beralih ke bagian jantung pacu, Honda City terbaru membawa mesin berkapasitas 1.500cc, SOHC, silinder segaris, 16 katup, i-VTEC + DBW, PGM-FI. Dengan modal tersebut, kendaraan ini mampu menyemburkan tenaga maksimal 88 kW pada putaran 6.600 rpm dan mencapai torsi puncak di angka 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

Honda City 2017 - autoportal.com
Honda City 2017 – autoportal.com

Harga Honda City

Nah, setelah mengetahui spesifikasi Honda City, lalu berapa harga mobil tersebut saat ini? Honda Indonesia kini menghadirkan City terbaru dalam dua model, yaitu New City E transmisi manual dan New City E transmisi otomatis. Jika Honda New City E manual ditawarkan dengan harga mulai Rp312.000.000, maka model yang mengusung transmisi otomatis dipasarkan dengan harga mulai Rp322.000.000.

Jika harga New City Anda rasa masih terlalu mahal, Anda pun bisa mendapatkan produk bekas kendaraan ini dengan harga yang lebih murah. Saat ini, sudah banyak produk bekas Honda City yang ditawarkan di Indonesia dengan harga mulai Rp37.500.000 untuk model yang keluar tahun 1996 sampai Rp260.000.000 untuk model yang dirilis pada tahun 2015.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *