Harga Minyak Rem Sepeda Motor di Pasaran (All Merek)

No comment 222 views

Layaknya lainnya, rem pada sebaiknya rutin diganti agar sistem pengereman pada kuda besi ini tidak mengalami masalah. Nah, untuk mengganti minyak rem ini, Anda bisa melakukannya di berbagai bengkel . Namun, apabila Anda ingin menggantinya secara mandiri, Anda bisa membeli minyak rem dengan mulai ribuan hingga puluhan ribu rupiah, tergantung merek dan kapasitasnya.

Minyak Rem Sepeda Motor - otozones.blogspot.co.id

Minyak Rem - otozones.blogspot.co.id

Minyak rem sepeda motor sama halnya dengan atau bagian motor yang lain, juga perlu untuk diperiksa kondisinya. Masa pemakaian minyak rem memang tergolong lama, yakni satu hingga dua tahun sebelum wajib diganti. Namun, karena masa pemakaian yang lama inilah kebanyakan orang cenderung lupa dan malas memeriksanya.

Cairan kimia yang menyusun minyak rem merupakan zat yang bisa berubah karena pengaruh lingkungan dan juga suhu. Pada suhu tertentu, cairan ini juga bisa menguap dan menghambat pompa rem yang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, ganti minyak rem motor Anda jika dan kekentalannya sudah berubah.

Menurut Zainul Furqon, pemilik bengkel Banewmas Motor yang terletak di Depok, Jawa Barat, idealnya penggantian minyak pada rem sepeda motor ini dilakukan per 20 ribu kilometer (km). Pasalnya, menurutnya, bagaimanapun ada zat aditif di sana yang setelah jarak tersebut memang harus diganti atau dibersihkan. Jika tidak diganti, dikhawatirkan akan terjadi kerusakan di bagian seal master yang berakibat sepeda motor tidak bisa direm.

Untuk mengganti minyak rem, Anda perlu menyiapkan beberapa alat pendukung. Di antaranya, obeng kembang yang memiliki ukuran sedang untuk membuka tutup master rem. Lalu, lap atau kain yang dicelupkan ke dalam air bersih yang nanti digunakan untuk membersihkan minyak apabila tumpah. Selain itu, persiapkan juga selang kecil transparan untuk memeriksa udara palsu dari selang rem, dan yang terakhir, tentu saja minyak rem itu sendiri.

Setelah semua peralatan dipersiapkan, langkah-langkah untuk mengganti minyak rem adalah buka tutup master rem terlebih dahulu. Lalu, masukkan minyak rem ke dalam tabung secara perlahan. Sebelumnya, lindungi dulu bagian sekitar tabung dengan kain atau lap bersih. Jika sudah selesai, pasang selang pada nipel kaliper rem. Pompa handle rem berulang kali sampai terasa keras yang bertujuan membuang udara yang terjebak di tabung.

Tahan handle rem sekaligus kendorkan nipel kaliper secara perlahan sampai minyak rem dan gelembung udaranya keluar. Begitu selesai, kencangkan kembali baut nipelnya. Setelah itu, tekan lagi selang beberapa kali untuk mengeluarkan udara yang tersisa dan atur jarak main rem, lalu tutup kembali master rem. Jangan lupa, segera bersihkan cairan minyak rem yang menetes pada bodi motor.

Baca juga  Update Daftar Harga dan Angsuran Kredit Sepeda Motor Honda

Untuk mendapatkan minyak rem, Anda bisa membelinya di bengkel atau jual beli online. Berikut info harga minyak rem di pasaran.

Merek Harga (Rp)
AHM Brake Fluid DOT4 50 ml 9.500
Prestone Oli Rem DO4 50 ml 20.000
Jumbo Oli Rem DOT3 50 ml 25.000
Megacools Oli Rem DOT3 50 ml 25.000
Prestone Oli Rem DOT3 300 ml 38.000
Prestone Oli Rem DOT3 500 ml 70.000
Prestone Oli Rem DOT3 1 liter 90.000

Daftar harga di atas kami rangkum dari berbagai situs jual beli online dan bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Minyak Rem Sepeda Motor di Pasaran (All Merek)"