Info Lengkap Dosis, Aturan Pakai, dan Harga Microlax di Apotek

Susah buang air besar memang menimbulkan rasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Terlebih, bagi ibu hamil yang kerap merasakan kondisi tersebut. Beberapa langkah dilakukan untuk kembali lancar BAB, mulai dari mengonsumsi makanan kaya serat, , hingga mengonsumsi obat-obatan. Sebagai obat susah BAB, bagi ibu hamil dapat menggunakan gel Microlax yang mudah ditemukan di apotik dengan terjangkau.

Ilustrasi: susah buang air besar (sumber: medicalnewstoday.com)

Ilustrasi: susah buang air besar (sumber: medicalnewstoday.com)

Sulit buang air besar (BAB) ternyata terbagi menjadi beberapa kondisi, misalnya buang air besar tidak setiap hari dan sudah dialami berbulan-bulan, atau buang air besar tiga hari sekali walaupun jumlah makanan yang dikonsumsi tiap hari cukup banyak. Ada pula yang mengalami kondisi susah buang air besar karena mengonsumsi makanan yang mengandung zat tanin bersifat panas. Bahkan, kondisi susah BAB juga dapat disebabkan berada di tempat baru yang WC-nya tidak nyaman atau asing.[1]

Seiring perkembangan teknologi, obat untuk mengatasi susah BAB tak hanya berupa kapsul atau serbuk minuman saja. Melainkan berupa gel yang dapat digunakan langsung seperti Microlax Enema. Obat pencahar yang menginduksi gerakan peristaltik usus dan melunakkan feses ini memiliki manfaat melancarkan proses Buang Air Besar (BAB) serta mengosongkan usus dari kotoran sebelum dilakukan kolonoskopi atau .

Baca juga  Update Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Museum Angkut di Batu

Komposisi Microlax terdiri dari Na lauryl sulfoacetate 45 mg, Na citrate 450 mg, sorbic acid 5 mg, sorbitol 4,465 mg, PEG-400 625 mg. Beberapa bahan aktif utama tersebut mampu mendukung mekanisme kerja sebagai berikut:

  • Natrium lauril sulfoasetat yang bertugas meningkatkan penetrasi air ke dalam feses sehingga dapat dilunakkan dan membantu melancarkan proses BAB.
  • Sorbitol memberikan efek osmotik yang menyebabkan sejumlah besar air ditarik ke usus besar dan mendorong kotoran untuk dikeluarkan.
  • PEG 400 bersifat sebagai emolien atau pelumas pada usus besar supaya dapat mempermudah jalan keluar daripada feses.

Microlax Enema produksi perusahaan Pharos ini merupakan obat bebas terbatas yang perlu diperhatikan dosis penggunaannya. Bentuk obat berupa gel sehingga harus sesuai prosedur yang disarankan.

Dosis Microlax

Dewasa dan anak di atas 3 tahun dapat menggunakan 1 tube Microlax.

Aturan Pakai Microlax

  • Pertama, buka tutup Microlax dan remas secara perlahan sampai gel keluar sedikit.
  • Ambil posisi duduk atau jongkok, kemudian masukkan ujung kemasan Microlax ke dubur. Anda tidak perlu khawatir, ujung kemasan Microlax aman untuk dubur dan tidak akan menyebabkan luka.
  • Selanjutnya, tekan kemasan obat secara perlahan sampai seluruh isi kemasan masuk ke dalam .
  • Tetap tekan kemasan obat sambil mengencangkan otot anus (seperti saat menahan BAB) agar cairan obat tidak mengalir keluar.
  • Setelah semua tahap di atas dilakukan, tunggu selama sekitar 5 sampai 30 menit sampai tinja melunak.
Microlax gel (sumber: carousell.com)

Microlax gel (sumber: carousell.com)

Ketika mengalami sembelit, disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya serat dan minum air putih untuk mempercepat penyembuhan. Setelah selesai menggunakan Microlax, Anda dapat menyimpan produk di tempat bersuhu dingin 2 derajat Celsius - 8 derajat Celsius dan dalam wadah tertutup rapat.

Baca juga  Kelebihan dan Harga Kuda Jerman (Pacu dan Polo)

Efek Samping Microlax

Beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat penggunaan obat ini meliputi BAB berdarah, iritasi pada anus, perut kembung, kram perut, mual, muntah, diare, hingga pusing. Microlax Enema tidak boleh digunakan pada kasus peradangan usus dan penderita wasir yang akut karena dapat memperparah kondisi yang dialami.

Harga Microlax

Varian Produk Microlax Harga (Rp)
Microlax Enema per tube26.130
1 box Microlax isi 3 tube51.000

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga Microlax tentu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung penawaran penjual. Anda dapat dengan mudah membeli Microlax di K24, Kimia Farma, maupun di sejumlah minimarket seperti Indomaret dan Alfamart terdekat. Anda juga dapat memesan melalui sejumlah marketplace agar lebih praktis.

Menurut review di internet, penggunaan Microlax terbilang efektif pada bayi. Pasalnya, tidak kurang dari 10 menit, buang air besar kembali lancar. Microlax dapat digunakan bagi bayi yang mengalami susah BAB selama 1 minggu lamanya dengan dosis setengah tube. Selain Microlax, biasanya dokter juga memberikan obat tetes untuk memperbaiki sistem pencernaan serta suplemen pada makanan bayi.

Baca juga  Update Tarif PPh Pasal 17 & Cara Perhitungannya

[1]Sukanta, Putu Oka. Pijat Akupresur untuk .(Jakarta: Penebar Plus, 2008), hlm. 64

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Dosis, Aturan Pakai, dan Harga Microlax di Apotek"