Info Manfaat, Cara Pakai, dan Harga Melanox Forte Cream

Noda hitam di akibat flek, jerawat, atau semacamnya memang sulit untuk hilang dalam waktu yang cepat. Oleh sebab itu, muncul produk krim khusus seperti Melanox Forte yang diklaim dapat membantu menghilangkan hiperpigmentasi atau noda hitam di .

Ilustrasi: Menghilangkan Noda Bekas Jerawat (credit: Medical News Today)

Ilustrasi: Menghilangkan Noda Bekas Jerawat (credit: Medical News Today)

Melanox mengandung senyawa aktif hidrokuinon.[1]Melanox hadir dalam dua varian krim, yakni Melanox dan Melanox Forte. Jika dibandingkan, perbedaannya terletak pada kandungan bahan aktif hydroquinone di dalamnya. Pada Melanox biasakandungan hydroquinone hanya 2%, sedangkan pada Melanox Forte kandungan hydroquinone-nya lebih tinggi, yakni mencapai 4% atau dua kali lipatnya. Meski selama ini kerap diasosiasikan dengan hal yang sifatnya negatif, hydroquinonememiliki fungsi untuk menghalangi pembentukan melanin, yaitu yang membuat menjadi gelap.

Melanox Forte diproduksi oleh PT Surya Dermato Medica (SDM). PT SDM ingin mengedukasi masyarakat mengenai pemakaian hidrokinon (zat pemutih yang terdapat di dalam Melanox) yang benar sehingga efektif digunakan. Perusahaan ini juga ingin menjelaskan bahwa hidrokinon tidak berbahaya asal penggunaannya tidak melebihi ambang batas dan hanya digunakan pada malam hari.[2]

Baca juga  Info Harga Buah Anggur Merah di Pasaran

Dilansir dari Sehatq, Melanox Forte adalah obat yang digunakan untuk meringankan hiperpigmentasi atau bercak-bercak gelap pada kulit yang disebabkan oleh kehamilan, obat-obatan hormon, pil KB, atau peradangan seperti bekas jerawat. Obat ini merupakan obat keras yang memerlukan dokter.

Komposisi Melanox Forte

Hydroquinone 4% dalam basis krim yang mengandung AHA (glycolic acid).

Melanox Forte Cream (credit: sdm-labs)

Melanox Forte (credit: sdm-labs)

Dosis & Aturan Pakai Melanox Forte

Melanox Forte digunakan dengan cara dioleskan ke area kulit yang mengalami hiperpigmentasi setiap 12 jam sekali. Melanox Forte dianjurkan untuk digunakan pada malam hari sebelum tidur atau sesuai dengan anjuran dokter.Gunakan krim pelindung sinar matahari pada siang hari.

Sebelum penggunaan obat, sebaiknya kulit dibersihkan terlebih dahulu. Umumnya pengobatan dengan Melanox Forteakan menunjukkan hasil setelah 2 minggu. Apabila pengobatan tak memberikan hasil setelah 2 bulan pemakaian, sebaiknya hentikan penggunaan obat ini.

Efek Samping Melanox Forte

  • dan sensitisasi, misalnya kulit kemerahan, kulit terbakar, dermatitis alergi, atau tersengat.
  • Eritema transien dan kulit kering.
  • Penggunaan Melanox Forte secara berlebihan dan jangka panjang berpotensi menyebabkan ochronosis dan koloid milium.
Harga Melanox Forte Cream (credit: Carousell)

Harga Melanox Forte Cream (credit: Carousell)

Peringatan & Perhatian Penggunaan Melanox Forte

  • Lakukan tes sensitivitas kulit terlebih dahulu sebelum memakai Melanox Forte. Oleskan Melanox Forte secara tipis-tipis dan lihat efeknya dalam 24 jam. Apabila tak ada reaksi hipersensitivitas, Anda dapat melanjutkan pemakaian. Jangan gunakan obat apabila mengalami reaksi hipersensitivitas seperti , pembentukan vesikel, dan reaksi radang, demikian seperti dilansir Honestdocs.
  • Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan menggunakan obat ini.
  • Tidak boleh dipakai dekat area mata, mulut atau membran mukosa lainnya, luka terbuka, atau untuk anak di bawah usia 12 tahun.
  • Melanox Forte tidak ditujukan untuk mencegah kulit terbakar oleh sinar matahari.
  • Pakai Melanox Forte hanya pada area hiperpigmentasi dan jangan berlebihan.
  • Untuk mencegah repigmentasi, selama penggunaan Melanox Forte, sebaiknya hindari paparan sinar matahari pada kulit yang diobati. Usahakan memakai tabir surya spektrum luas (SPF 15 atau lebih) atau dengan menggunakan pakaian pelindung.
  • Hentikan penggunaan Melanox Forte apabila terjadi iritasi.
  • Hindari memakai Melanox Forte bersamaan dengan benzoyl peroxide. Pemakaian keduanya secara bersamaan bisa menyebabkan noda tidak permanen pada kulit, namun noda tersebut bisa dihilangkan dengan bantuan air dan sabun.
Baca juga  Update Biaya Operasi Hernia di Beberapa Rumah Sakit di Indonesia

Harga Melanox Forte

Melanox Forte Cream 4% 15 gram dijual dengan harga Rp46.039 per tube di K24. Harga Melanox Forte dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Melanox Forte yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda, tergantung dari promo atau penawaran pihak penjual.

Apabila Anda sedang mencari Melanox Forte krim, Anda bisa membelinya di toko obat atau apotik terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Namun, jika Anda kesulitan menemukan Melanox Forte di apotek-apotek terdekat, tak ada salahnya juga untuk membeli produkMelanox Forte secara online lewat sejumlah situs e-commerce favorit Anda.

[1] Setyani, W dkk. 2019. Resep Dan Peracikan Obat. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

[2] Prastari, A. 2011. Seru Nggaknya Jadi Copy Writer. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

loading...
author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Manfaat, Cara Pakai, dan Harga Melanox Forte Cream"