Info Dosis & Harga Obat Lancar ASI

No comment140 views

Bayi yang baru lahir memang dianjurkan untuk diberi ASI (Air Susu Ibu) eksklusif hingga 6 bulan lamanya. Sayangnya, tak semua ibu yang baru saja melahirkan dikaruniai dengan ASI yang lancar. Beberapa ibu yang baru melahirkan bahkan merasa frustrasi karena volume ASI yang keluar hanya sedikit. Oleh sebab itu, para ibu yang khawatir biasanya mengonsumsi produk-produk pelancar ASI yang tersedia apotik seperti Lancar ASI. Obat dengan harga puluhan ribu rupiah ini diklaim dapat membantu melancarkan ASI.

Semua ibu yang bisa hamil, pada hakikatnya bisa menyusui karena ASI berproduksi sejak kehamilan berusia dua puluh minggu. Hal ini sejalan dengan laktogenesis (pembentukan ASI) tahap I dalam ilmu fisiologi manusia. Hal ini mutlak, tidak terpengaruh oleh bentuk puting, maupun besar-kecilnya payudara dalam kondisi normal, kecuali memang ada kondisi khusus yang sangat jarang ditemukan, misalnya payudara tidak berkembang normal sejak masa pubertas atau saat hamil.

Ilustrasi: Ibu Menyusui Bayi (credit: verywellfamily)

Ilustrasi: Ibu Menyusui Bayi (credit: verywellfamily)

Pada umumnya, jumlah sel susu semua wanita sama dan dapat memproduksi ASI sama banyaknya bergantung dengan rangsangan dan manajemen ASI yang benar. Bentuk puting juga tidak berpengaruh pada keberhasilan menyusui karena menyusu pada hakikatnya adalah kerja lidah memerah areola bukan mengisap puting.

Baca juga  Info Cara Penggunaan dan Harga Strip Kolesterol Nesco

ASI sudah berproduksi sejak ibu hamil dua puluh minggu. Jika tidak keluar atau hanya keluar setetes-setetes saat hamil semakin besar, hal itu karena ditahan oleh hormon kehamilan. Hormon kehamilan berpusat pada ari-ari. Saat ibu melahirkan, ari-ari akan lepas dari rahim, lalu kadar hormon kehamilan turun sehingga ASI dapat keluar dari payudara ibu. Namun, sisa hormon kehamilan yang masih tersisa di pembuluh darah akan semakin hilang dalam jangka waktu tiga hari atau 72 jam pascabersalin.

Laktogenesis tahap berikutnya adalah sejak bayi lahir hingga bayi berusia 72 jam. Dalam waktu ini, ibu dan bayi sebaiknya melakukan kontak kulit dan kulit (skin to skin), bayi juga disusui dengan perlekatan yang benar untuk merangsang payudara ibu memproduksi dan mengalirkan ASI. Proses menyusui dilakukan paling tidak setiap dua jam sekali dan dilakukan selama 15-30 menit untuk setiap periode karena hal ini sangat memengaruhi keberhasilan menyusui selanjutnya.

Baca juga  Info Manfaat dan Harga Masker Spirulina HPAI

Bila selama tiga hari awal ASI belum keluar saat payudara ditekan oleh tangan dan bayi seolah tidak mendapat asupan apa-apa, jangan khawatir. Bayi dengan usia kehamilan cukup bulan sudah mempunyai lemak cokelat yang akan dipakai untuk metabolisme tubuhnya selama tiga hari pertama kehidupan. Lagi pula, dengan mencoba menyusu minimal dua jam sekali, bayi mendapatkan ASI yang memang sudah diproduksi sejak ibu hamil. Asupan satu hingga dua tetes sudah mencukupi kebutuhannya, dengan ukuran lambung bayi yang hanya <5cc selama tiga hari pertama.

Jadi, dalam tiga hari awal usia bayi, cukup lakukan kontak kulit dan kulit antara ibu-bayi, dan lakukan percobaan menyusui setiap paling lama dua jam sekali dengan perlekatan benar. Kedua hal tersebut adalah poin penting untuk mendukung keberhasilan menyusui.[1]

Ilustrasi: Obat Lancar ASI (credit: Blibli)

Ilustrasi: Obat Lancar ASI (credit: Blibli)

Tentang Lancar ASI

Lancar ASI adalah obat produksi Mecosin Indonesiauntuk membantu melancarkan ASI. Obat ini termasuk dalam golongan jamu dan di dalamnya mengandung ekstrak daun katuk (Sauropi Folium) sebanyak 200 mg.Satu dos Lancar ASI berisi 30 tablet. Lancar ASI dapat diminum dengan dosis sebanyak 3 kali sehari 1 tablet selama masa menyusui dan dapat diberikan sebelum atau sesudah makan.

Baca juga  Update Terkini Biaya Konsultasi dan Pengobatan di Dokter Hewan

Sebagai informasi, daun katuk mengandung polifenol dan steroid yang dapat meningkatkan kadar hormon pelancar ASI atau prolaktin. Dengan meningkatkan kadar prolaktin, maka akan memperlancar dan mempercepat produksi ASI pada ibu menyusui. Selain itu, daun katuk mengandung zat aktif yang dapat melancarkan ASI, diantaranya protein, karbohidrat, dan mineral. Kandungan alkaloid dan sterol dari daun katuk dapat meningkatkan metabolisme glukosa untuk sintesis laktosa sehingga produksi ASI meningkat.

Harga Lancar ASI

Produk Lancar ASI dijual dengan harga Rp59.177 per dos di Apotek K24. Selain di Apotek K24, Anda juga bisa membeli Lancar ASI di apotik atau toko-toko obat terdekat yang ada di sekitar Anda. Perlu Anda ingat bahwa harga Lancar ASI dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Selain itu, harga Lancar ASI yang berlaku di setiap tempat bisa saja berbeda-beda.

[1] Bayu, M. 2014. Pintar ASI dan Menyusui (hlm 5-8). Gita R dkk, editor. Jakarta: PandaMedia.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Dosis & Harga Obat Lancar ASI"