Info Cara Perawatan dan Harga Kura-Kura Ambon

No comment51 views

Kura-kura menjadi salah satu binatang yang menjadi peliharaan favorit sejumlah kalangan, khususnya pecinta reptil. Ternyata kura-kura memiliki banyak spesies, salah satu yang digandrungi pecinta reptil yakni kura Ambon. Perawatan yang mudah, membuat kura yang dapat hidup di air dan darat ini cukup banyak diminati. Terlebih, harga jual kura Ambon relatif terjangkau mulai Rp49 ribuan.

Kura-kura dan penyu adalah binatang purba yang muncul pertama kali di bumi lebih dari 200 juta tahun lalu. Menurut penelitian, dari dulu sampai saat ini, wujud kura-kura hanya mengalami sedikit perubahan. Kura-kura terbilang mudah dikenali karena memiliki tempurung yang keras di punggungnya.

Ilustrasi: Seseorang Memegang Kura-Kura (credit: Columbian)

Ilustrasi: Seseorang Memegang Kura-Kura (credit: Columbian)

Kura-kura dan penyu memiliki kaitan dengan kadal, ular, dan buaya, sehingga termasuk dalam kelompok binatang reptilia yakni binatang yang bertelur dan memiliki kulit bersisik. Secara keseluruhan, ada 60 tulang di dalam tempurung yang tertutup oleh sisik-sisik besar sebagai perlindungan ekstra. Setidaknya, ada sekitar 290 spesies kura-kura dan penyu yang semuanya memiliki tempurung.

Perbedaan antara kura-kura dan penyu yakni tempat tinggalnya. Kura-kura adalah binatang darat, sedangkan penyu hidup di air atau dekat air. Selain itu, bentuk tempurung dua spesies tersebut juga berbeda. Jika penyu memiliki tempurung yang datar, maka bentuk tempurung kura-kura cenderung melengkung seperti kubah, sebagai pelindung dari predator.[1]

Baca juga  Harga Fender Stratocaster Original

Dari banyaknya jenis kura-kura, kali ini kami akan mengajak Anda mengenal lebih detail mengenal kura-kura ambon. Nama lain kura-kura Ambon adalah kuya batok dan kura-kura patah dada. Kura-kura yang satu ini merupakan reptil dengan tipe habitat semi akuatik atau campuran seperti tanah dan air. Daerah penyebarannya di meliputi Sumatera, Natuna, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Maluku, Sumbawa, dan Timor.

Karakteristik Kura-kura Ambon

  • Panjang perisai punggung mencapai 25 cm
  • Adanya garis kuning pada kepala
  • Memiliki motif yang mengelilingi tepi bagian atas dan pipi
  • Iris dan bibir berwarna kuning
  • Adanya engsel pada dada, sehingga perisai perut dapat tertutup sempurna

Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) 2013, kura-kura Ambon termasuk ke dalam kategori vulnerable yang berarti rentan atau mudah terancam punah. Hal tersebut ditengarai aktivitas perambahan hutan untuk kayu dan perkebunan, adanya perburuan liar, hingga lemahnya regulasi terkait perdagangan kura-kura Ambon.

Ilustrasi: Karakteristik Kura-Kura Ambon (credit: greeners)

Ilustrasi: Karakteristik Kura-Kura Ambon (credit: greeners)

Cara Perawatan Kura-kura Ambon

Kandang nyaman untuk kura Ambon
Kandang menjadi komponen penting sebagai tempat hidup kura-kura Ambon. Kandang kura Ambon dapat berupa aquarium kaca, ember plastik, ataupun kandang yang sifatnya permanen yang biasanya terbuat dari bahan semen dan juga kawat. Anda dapat menyesuaikan ukuran kandang dengan jumlah kura-kura yang hendak dipelihara. Apabila ingin memelihara kura dalam akuarium, maka perlu diperhatikan kedalaman air hingga batas kepala kura.

Baca juga  Harga Terkini Lutino Mata Merah dan Cara Memeliharanya

Makanan untuk kura Ambon
Kura-kura termasuk hewan omnivora, sehingga soal pakan tidaklah sulit. Kura- kura Ambon mengonsumsi tumbuh-tumbuhan, ikan, dan udang. Anda juga dapat menambah gizinya dengan pelet atau jangkrik.

Interaksi dengan kura Ambon
Perlu diketahui, kura-kura Ambon adalah hewan semi aquatic. Jadi meskipun kura-kura ini hidup di dalam air, tetapi sesekali kura akan pergi ke darat untuk berjemur. Ada baiknya, Anda kerap mengajak kura berjemur saat siang hari secara rutin.

Jika anda tertarik untuk memelihara kura Ambon, maka disarankan untuk membeli kura-kura yang masih anakan. Dengan begitu, Anda akan lebih akrab dengan hewan peliharaan. Sebagai referensi, kami sajikan daftar harga kura Ambon di pasaran saat ini.

Ilustrasi: Harga Kura-Kura Ambon (credit: iucn-tftsg.org)

Ilustrasi: Harga Kura-Kura Ambon (credit: iucn-tftsg.org)

Harga Kura Kura Ambon di Pasaran

Ukuran Kura-Kura AmbonHarga (Rp)
Kura Ambon kecil 6 cm50.000
Kura Ambon kecil 10 cm55.000
Kura Ambon anakan di bawah 10 cm75.000
Kura Ambon Batok (ceper) ukuran 12 cm80.000
Kura Ambon Jantan indukan80.000
Kura Ambon Betina dewasa size 18cm80.000
Kura Ambon Betina dewasa size 25cm123.000
Kura Ambon Batok (ceper) ukuran 12 cm 300 gr130.000
Kura Ambon Betina Dewasa 2 kg150.000
Sepasang baby Kura-kura Ambon Batok (ceper) 4-6 cm180.000
Sepasang Kura Kura Ambon panjang 18 cm200.000
2 Kura Ambon Spesial Jumbo ukuran 23-26cm250.000
Kura Ambon Batok Unik berat 500 gr350.000
Baca juga  Info Terkini Harga Roland XPS 10 (Baru & Bekas)

Informasi harga kura-kura ambon di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet pada . Harga tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, tergantung kebijakan pihak penjual. Anda dapat membeli kura kura ambon di pasar hewan ataupun pet shop yang menyediakan berbagai jenis kura-kura. Di berbagai situs jual beli online juga tersedia kura-kura ambon dengan harga bersaing.

[1] Morgan, Sally. Kura-kura dan Penyu (Jakarta: Tiga Serangkai, 2007), hlm. 4

author
Pengamat dinamika harga. Pengelola toko dan counter. Ex-wartawati media lokal.

Leave a reply "Info Cara Perawatan dan Harga Kura-Kura Ambon"