Harga Kentang Shoestring Frozen di Indomaret dan Situs E-Commerce

Kentang sering mengalami kerusakan baik pada penanaman, pemanenan, maupun penyimpanan, dan ini membuat sebagian besar petani merasa rugi.[1] Untuk mengatasinya, umbi ini diolah menjadi berbagai makanan yang lezat dan menarik, salah satunya adalah kentang shoestring frozen. Kentang seperti ini dijual dalam berbagai dagang dengan harga relatif terjangkau. Anda bisa membelinya secara online di situs e-commerce atau di minimarket terdekat seperti Indomaret.

Ilustrasi: Mengolah Kentang (credit: wiselivingmagazine)

Ilustrasi: Mengolah Kentang (credit: wiselivingmagazine)

Cara Menggoreng Kentang Shoestring Frozen

Rasanya yang renyah dan garing membuat kentang goreng menjadi pilihan banyak keluarga di Nusantara. Selain bisa membuatnya secara langsung menggunakan umbi kentang segar, Anda bisa menggoreng kentang instan atau frozen. Ada banyak varian potongan kentang frozen yang dijual di pasaran, seperti kentang goreng straight cut, wedges, keripik, dadu, dan shoestring.

Dari sekian banyak varian yang ada, kentang shoestring terbilang cukup laris di pasaran. Shoestring merupakan jenis teknik atau cara memotong kentang yang menghasilkan potongan tipis dan memanjang. Dengan ukuran tersebut, kentang menjadi lebih cepat matang saat dimasak. Selain itu, kentang seperti ini dikenal memiliki rasa yang lebih garing dan krispi.

Bentuk dan ukuran yang tidak terlalu  besar juga membuat kentang bisa matang secara merata tanpa harus dibalik. Anda hanya perlu memasukkan kentang ini ke dalam minyak panas dan menunggunya hingga matang. Supaya lebih krispi, Anda dapat menggunakan teknik deep frying atau double frying.

Memasak menggunakan teknik deep frying tidak sulit, karena Anda hanya memerlukan panci atau wajan cembung yang diisi minyak dalam jumlah banyak. Secara umum, Anda bisa mengisi panci atau wajan Anda dengan minyak kelapa atau minyak kelapa sawit hingga setengah bagian. Ada juga yang memakai minyak kedelai atau minyak zaitun supaya hasil gorengan lebih gurih dan wangi.

Baca juga  Update Harga/Tarif Prangko Prisma di Kantor Pos Indonesia

Panaskan minyak di atas kompor dengan api sedang dan jika Anda ingin hasilnya sempurna, gunakan termometer untuk mengukur tingkat kepanasan minyak. Anda bisa mulai memasukkan kentang jika suhunya sudah di atas 80 derajat Celcius. Goreng kentang hingga matang selama 30 detik hingga satu menit, tergantung tingkat kematangan.

Ilustrasi: Menggoreng Kentang di Rumah (credit: tasteofhome)

Ilustrasi: Menggoreng Kentang di Rumah (credit: tasteofhome)

Jika Anda suka kentang goreng dengan tekstur garing dan sangat renyah, Anda bisa menggorengnya dalam waktu satu menit, tetapi jika Anda suka dengan kentang goreng yang renyah dan tidak terlalu kaku, maka cukup goreng selama 30 detik. Cara menggoreng seperti ini akan membuat bagian luar kentang menjadi lebih garing dan kaku.

Selain itu, Anda juga bisa menggoreng kentang menggunakan teknik double frying. Cara ini banyak dilakukan di restoran cepat saji untuk menghasilkan kentang goreng yang lebih berwarna dan kaya tekstur. Sebelumnya, Anda perlu menyiapkan dua wajan atau panci dengan kedalaman lebih dari 10 cm.

Masukkan minyak pilihan Anda, antara lain minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak kedelai, minyak zaitun, atau minyak canola. Pastikan Anda menuangkan minyak dalam jumlah yang sama pada tiap panci atau wajan. Setelah itu, letakkan panci di atas kompor dengan nyala kompor sedang dan besar atau kecil dan sedang. Biarkan hingga minyak panas dengan ciri terdapat gelembung-gelembung udara yang mulai naik ke permukaan.

Langkah berikutnya, masukkan kentang goreng ke dalam panci yang berisi minyak dengan kompor berapi sedang atau kecil. Biarkan kentang agak setengah matang, kemudian masukkan ke dalam panci yang dipanaskan dengan kompor berapi besar atau sedang. Goreng kentang hingga matang atau berwarna golden brown.

Baca juga  Update Harga Selang Flexible Tahan Panas (Berbagai Ukuran)

Setelah matang, Anda dapat merasakan kentang goreng hangat yang bertekstur garing dan renyah di luar, tetapi lembut di dalam. Saat Anda memasak dengan teknik ini, usahakan Anda tidak terlalu lama meletakkan kentang di minyak dengan suhu yang rendah. Ini akan membuat kentang menjadi matang dan mudah gosong saat dipindahkan ke minyak dengan suhu yang lebih panas.

Ilustrasi: Kentang Shoestring Setelah Digoreng (credit: thedailymeal)

Ilustrasi: Kentang Shoestring Setelah Digoreng (credit: thedailymeal)

Sebagai tips sebelum Anda menggoreng kentang, pastikan kentang dalam keadaan kering dan tidak lembap. Seperti yang kita ketahui, kentang frozen cenderung memiliki kondisi lembap akibat es di permukaan kentang yang meleleh saat dipindahkan ke suhu ruang. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengelap bagian permukaan kentang dengan tisu masak atau tisu minyak. Cara ini juga bermanfaat untuk meminimalkan minyak yang meletus saat dipakai untuk menggoreng, sehingga lebih aman dan tidak berisiko luka bakar saat Anda menggorengnya.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit bumbu, antara lain merica dan , supaya kentang shoestring lebih kaya rasa. Kebanyakan produk kentang shoestring tidak memiliki rasa, sehingga Anda perlu menambahkan bumbu sendiri. Meskipun begitu, ada beberapa produk yang sudah dilengkapi dengan butter coated, sehingga kentang memiliki rasa yang lebih gurih dan sedikit asin.

Bagi Anda yang tertarik membeli kentang shoestring, bisa membelinya secara langsung di minimarket terdekat seperti Indomaret. Sebagai referensi harga kentang shoestring frozen di Indomaret, Anda bisa melihat ulasan berikut.

Harga Kentang Shoestring Frozen di Indomaret

Di Indomaret, mungkin Anda tidak menemukan banyak merk kentang frozen varian shoestring. Dilansir dari situs resminya, Indomaret menjual kentang goreng merk Borneofood dengan harga Rp33.500 per kemasan plastik. Kentang shoestring frozen ini biasanya ada di bagian makanan frozen dekat chiller es . Harga kentang ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca juga  Info Kegunaan, Dosis, & Cara Pakai Insektisida Decis

Selain bisa membelinya di Indomaret, Anda juga bisa membelinya di situs jual beli online dengan merk dan varian kentang shoestring frozen yang lebih beragam. Berikut referensi harga kentang goreng di situs e-commerce.

Ilustrasi: Kentang Shoestring Frozen (credit: potatobusiness)

Ilustrasi: Kentang Shoestring Frozen (credit: potatobusiness)

Harga Kentang Shoestring Frozen di Situs E-Commerce

Merk/Varian Kentang Shoestring FrozenHarga
Mydibel Kentang Shoestring Frozen 1 kgRp24.500
Golden Farm Kentang Shoestring Frozen 500 grRp22.500
Barts Kentang Shoestring Frozen 1 kgRp23.000
Kentang Shoestring Frozen Repack 1 kgRp20.000
Kentang Shoestring Frozen Repack Import 2,5 kgRp47.000
Golden Farm Kentang Shoestring Frozen 1 kgRp35.000
Fiesta Kentang Shoestring Frozen 1 kgRp52.000
Batter Kentang Goreng Shoestring 1 kgRp54.900
Aviko Kentang Goreng Shoestring Frozen 2,5 kgRp62.000
KK Kentang Shoestring Frozen 1 kgRp26.000
Fiesta Kentang Shoestring Frozen 500 grRp14.500
KK Kentang Shoestring Frozen 2,5 kgRp55.000
Idaho Kentang Goreng Shoestrung FrozenRp17.500
Scarlet Kentang Shoestring Butter Coated 2,5 kgRp74.000
Frozen Land Kentang Shoestring 1 kgRp25.000
Belfoods Kentang Shoestring Frozen 250 grRp11.400
Belfoods Kentang Shoestring Frozen 500 grRp27.840
808 Kentang Shoestring Frozen 500 grRp17.500
Kentang Shoestring Butter Coated Frozen Repack 1 kgRp27.000
Frozen Land Kentang Shoestring Frozen 500 grRp24.900
IDN Kentang Shoestring Frozen 1 kgRp24.150
Just Fry Kentang Goreng Shoestring 550 grRp15.900
Golden Farm Kentang Shoestring Coated Butter 1 kgRp49.000
Farmfrites Kentang Shoestring 2,5 kgRp63.000

Harga kentang shoestring frozen di atas tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan Anda mengecek harganya sebelum membeli untuk mengetahui perkiraan belanja.

[1] Asgar, Ali, dkk. 2010. Pengaruh Lama Penyimpanan, Suhu dan Lama Pengeringan Kentang terhadap Kualitas Keripik Kentang Putih. Berita Biologi Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Vol. 10(2): 217-226.

author

Leave a reply "Harga Kentang Shoestring Frozen di Indomaret dan Situs E-Commerce"