Info Terbaru Harga Scrapbook di Gramedia dan Online

Scrapbook termasuk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Tak hanya untuk dijual kembali, memberikan kado berupa scrapbook album yang berisi foto untuk orang terkasih seperti pacar, suami/istri, bahkan untuk keluarga Anda, tentu bisa menjadi kesan tersendiri yang mungkin tak terlupakan.

Scrapbook Album - vintagetwee.com

Scrapbook Album - vintagetwee.com

Pada dasarnya, membuat scrapbook tidak sulit, sebab Anda bisa memanfaatkan -bahan yang ada di sekitar Anda. Tak melulu harus baru yang dijual di buku seperti Gramedia atau semacamnya, Anda pun bisa memanfaatkan -bahan bekas seperti kardus bekas air mineral, kardus bekas wadah susu, atau semacamnya. Sementara, untuk kertasnya, Anda bisa memanfaatkan kertas HVS atau bahkan kertas-kertas hias lainnya yang lebih murah. Agar lebih tahu tentang scrapbook, Anda bisa menyimak ulasan scrapbook berikut ini.

Scrapbook adalah seni dan teknik menghias album foto keluarga atau pribadi, agar penampilannya menjadi lebih indah dan pribadi. Scrapbook tidak sekadar menempel kertas bergambar, tetapi juga menuangkan ekspresi dengan harmonisasi warna, , serta bentuk.[1]

Masih berdasarkan sumber yang sama, seni scrapbook kabarnya ditemukan di Inggris pada abad ke-15. Mulanya, seni ini digunakan untuk mengompilasi resep masakan, puisi, atau kata-kata indah. Namun, pada perkembangannya, media dan yang digunakan dalam scrapbook menjadi lebih variatif.

Baca juga  Terkini, Harga Bolen dan Kue Kering Kartika Sari

Selain digunakan pada album foto, scrapbook juga bisa dikreasikan pada bingkai atau frame, maupun media lainnya yang mempunyai permukaan rata. Bahkan, material yang digunakan dalam scrapbook pun kini tak terbatas pada kertas. Anda bisa menggunakan aneka benda bekas pakai seperti pernak-pernik kecil berbahan plastik.

Bahan Scrapbook

Scrapbook merupakan barang kreasi yang sifatnya dapat dikustomisasi. Anda bisa bebas mengkreasikan apa saja dan menuangkan ide Anda ke dalam sebuah buku atau album scrapbook yang Anda kehendaki. Bahan-bahan untuk membuat scrapbook tersebut biasanya bisa Anda temukan di toko buku besar seperti Gramedia, toko pernak-pernik, hingga toko kertas.

Ilustrasi: Bahan Untuk Membuat DIY Travel Scrapbook (credit: wheresmollie)

Ilustrasi: Bahan Untuk Membuat DIY Travel Scrapbook (credit: wheresmollie)

Sebagai , di Gramedia, tersedia beberapa bahan kerajinan yang bisa Anda manfaatkan sebagai bahan untuk penghias atau membuat scrapbook seperti bahan goni yang dijual dalam berbagai ukuran dengan harga mulai Rp9.900 hingga Rp34.700 per bungkus. Lalu, ada pula bahan kulit ukuran 25 x 50 cm yang dibanderol Rp23 ribu, dan juga bahan pita warna seharga Rp6.100. Di Gramedia pun, Anda bisa dengan mudah menemukan banyak jenis kertas, mulai dari kertas , asturo, Samson, duplex, kertas daur ulang, dan kertas-kertas tebal lainnya.

Baca juga  Update Terbaru dan Terlengkap Harga Cake di Dapur Cokelat

Nah, bila Anda mencari secara online, akan ada lebih banyak lagi ragam bahan scrapbook yang dijual. Jika Anda tidak sempat membuat album sendiri atau masih pemula yang baru ingin belajar membuat scrapbook, Anda bisa menjajal membeli buku atau scrapbook kosong yang isinya tetap bisa Anda kembangkan sendiri sesuai kreasi.

Adapun harga blank scrapbook DIY ukuran A5 isi 25 lembar polos dengan kertas tebal 280 gsm sekitar Rp54 ribu. Tersedia pula scrapbook A4 kosong polos isi 30 lembar kraft liner 280 gsm (tebal) hardcover MDF yang dijual seharga Rp92 ribu, sedangkan yang isinya 25 lembar hardcover MDF harganya terpaut sedikit lebih murah, yakni Rp75 ribuan.

Harga bahan scrapbook di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun sebelumnya, harga bahan scrapbook di Gramedia berkisar Rp6.100 hingga Rp34 ribuan, sedangkan di situs jual beli online berkisar Rp52 ribu hingga Rp65 ribuan tergantung jenisnya.

Baca juga  Update Harga Minyak Goreng 1 Liter dalam Berbagai Merek

Lain lagi apabila Anda tak punya waktu dan berkeinginan memberikan kado spesial pada orang-orang tersayang dengan sebuah scrapbook yang berisi foto atau memori Anda bersamanya. Anda bisa membeli scrapbook album yang sudah jadi. Sayangnya, Anda tidak bisa membeli scrapbook di Gramedia. Toko buku tersebut tampaknya tidak menjual scrapbook yang sudah jadi dan hanya menjual bahannya. Namun, Anda jangan khawatir, karena sudah banyak penjual yang menawarkan scrapbook jadi secara online lewat media sosial maupun situs-situs e-commerce.

Ilustrasi: Harga Scrapbooks (credit: Legacybox/Pinterest)

Ilustrasi: Harga Scrapbooks (credit: Legacybox/Pinterest)

Harga Scrapbook di Situs Jual Beli Online

Varian ScrapbookHarga (Rp)
M04 Album Foto Scrapbook Kayu Classic DIY98.000
Pinky Siluet Floral Kombinasi Jam Aktif 30 x 40 cm350.000
Scrapbook Album with Desain Cover Yuttyshine35.000
Scrapbook Album Sugarsugar Craft235.000
Scrapbook Wedding739.300
Album DIY Scrapbook Instax mini 9540.000
Album Scrapbook Dennis Camera A4585.000
Scrapbook Album Scapbucket150.000

Harga scrapbook di atas tidak terikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga scrapbook berkisar Rp150 ribu hingga Rp340 ribu, tergantung jenisnya.

[Update: Almasshabur]

[1] Hardina, Iva. 2010. Terampil Membuat 50 Kreasi Scrapbook Cantik pada Frame (Ed. Hardiman Intarina). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Info Terbaru Harga Scrapbook di Gramedia dan Online"