Update Harga Motor Roda Tiga Viar (Semua Tipe)

Berbicara tentang sosok kendaraan roda tiga untuk kepentingan niaga, selain Tossa, kita tentu tak bisa berpaling dari sosok Viar. Merk asli Indonesia tersebut memang lebih terkenal sebagai produsen motor niaga, meski telah merilis beberapa varian motor lainnya, seperti motor bebek hingga motor trail dan motor listrik Viar Q1. Di pasaran, harga motor roda tiga keluaran Viar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan skuter matik jumbo.

Varian sepeda motor Viar Karya 200L (sumber: viarmotor.com)
Varian sepeda motor Viar Karya 200L (sumber: viarmotor.com)

Di beberapa negara, termasuk Indonesia, sepeda motor masih menjadi alat transportasi yang paling diminati. Pemilihan sepeda motor sebagai media transportasi, salah satunya karena memiliki ukuran yang relatif kecil dibandingkan mobil sehingga dapat menerjang kemacetan lalu lintas dengan mudah.[1] Selain itu, harga kendaraan roda dua pun rata-rata jauh lebih murah daripada mobil, perawatan yang mudah dan hemat, irit bahan bakar, serta dapat mencapai tujuan dengan lebih cepat.[2]

Bacaan Lainnya

Indonesia sendiri menjadi salah satu surga bagi banyak produsen sepeda motor. Ada banyak merk asing yang sudah menapakkan kaki selama berpuluh-puluh tahun di pasaran dalam negeri. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan Honda, Yamaha, Suzuki, hingga Kawasaki. Selain itu, beberapa brand lokal pun ikutan bersaing untuk merebut minat konsumen, termasuk Viar.

Banyak orang mengira jika motor Viar merupakan kuda besi buatan China. Padahal, Viar merupakan perusahaan otomotif asal Indonesia. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2000-an, dan sampai sekarang masih bertahan di kerasnya industri otomotif Tanah Air. Hal ini tak lepas dari beragamnya produk buatan Viar, dan kesuksesan mereka dalam memasarkan motor roda tiga sebagai kendaraan niaga.

Varian Motor Roda Tiga Viar

Jenis motor roda tiga Viar memang digemari banyak konsumen, karena selain ditawarkan dengan harga murah, juga didukung yang mudah dicari, dan salah satu motor roda tiga yang telah diluncurkan Viar adalah model New Karya Bit 100. Seperti motor niaga pada umumnya, New Karya Bit 100 dirilis perusahaan otomotif asal Semarang untuk mengakomodasi kepentingan bisnis pengusaha, terutama usaha kecil dan menengah.

New Karya Bit 100 sengaja diciptakan dengan menyasar segmen pebisnis wanita yang membutuhkan transportasi bisnis yang mangkus dan sangkil. Karena itu, dari sisi desain, New Karya Bit 100 lebih condong ke motor jenis skuter matik dengan fairing modern, namun tetap kuat berkat dukungan rangka yang kokoh.

Meski agak-agak feminin, untuk sektor jantung pacu, New Karya Bit 100 tetap bisa diandalkan. Kuda besi ini sudah dibekali mesin tipe 4-stroke, SOHC, water-cooled, berkapasitas 100cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan daya 5,8 kW pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menembus 9,2 Nm pada putaran 5.000 rpm.

Di samping itu, ada juga model New Karya 150. Ini merupakan varian yang lebih tinggi dari New Karya Bit 100 karena telah mengusung mesin berkapasitas 150cc. New Karya 150 juga tampil dengan desain ala-ala motor yang lebih laki, dengan tangki bahan bakar berukuran sedang serta headlamp tunggal dengan ukuran agak besar.

Di sektor jantung pacu, New Karya 150 menggendong mesin tipe 4-stroke, OHV, single cylinder, water-cooled, berkapasitas 150cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu meletupkan daya 7,5 kW pada putaran 7.500 rpm dan torsi puncak menembus 9,8 Nm pada putaran 7.000 rpm melalui sistem transmisi manual lima percepatan.

Varian yang lebih tinggi, Viar punya New Karya 300, sekaligus model tertinggi kendaraan komersial yang dimiliki Viar, setidaknya hingga detik ini. Sebagai varian tertinggi, New Karya 300 mengusung desain gahar khas motor sport yang tampak pada model lampu depan, tangki bahan bakar, hingga ban dengan lapisan bergerigi.

Sementara, untuk sektor jeroan, pabrikan membekali New Karya 300 dengan mesin tipe 4-stroke, single cylinder, OHV, water-cooled, berkapasitas 300cc. Dengan modal tersebut, motor ini diklaim mampu memuntahkan tenaga 12,8 kW pada putaran 7.000 rpm dan torsi puncak menembus angka 23 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Untuk urusan daya angkutnya, setiap motor roda tiga buatan Viar memiliki daya angkut berbeda-beda, karena disesuaikan dengan ukuran bak dan mesin yang dipakainya. Sayangnya, semua tipe motor besutan pabrikan masih memakai sistem rem tromol, baik untuk roda depan maupun belakang. Namun, Anda bisa memodifikasinya apabila memerlukan rem cakram untuk memperkuat sistem keamanan ketika motor ini dibawa ke jalanan menanjak ataupun jalan turun yang membutuhkan sistem pengereman lebih baik agar terhindar dari kecelakaan.

Tidak sulit menemukan motor roda tiga Viar, karena dealer resmi pabrikan ini sudah menyebar di hampir setiap kota besar di Indonesia. Harganya sendiri bervariasi, tergantung tipe. Namun, layaknya merk lainnya, harga motor roda tiga Viar juga cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Berikut kami sajikan informasi harga motor roda tiga Viar.

Motor Viar tiga roda (sumber: kompas)
Motor Viar tiga roda (sumber: kompas)

Harga Motor Roda Tiga Viar

JenisSpesifikasiHarga
Viar New Karya Bit 100Panjang x lebar x tinggi: 2895 x 1060 x 1290 mm

Jarak sumbu: 1960 mm

Jarak terendah ke tanah: 165 mm

Tipe suspensi depan: Teleskopik

Tipe suspensi belakang: Pegas daun, peredam hidrolik

Rem depan: Tromol

Rem belakang: Tromol R/L

Kapasitas tangki bahan bakar: 7 L

Berat kosong: 260 Kg

Panjang x lebar x tinggi (bak): 1400 x 1010 x 365 mm

Panjang x tinggi (Jagaan samping bak): 1400 x 365 mm

Tipe mesin: 4 Langkah SOHC, Water Cooler

Diameter x langkah: 50 x 50 mm

Kapasitas silinder: 97cc

Kapasitas minyak pelumas mesin: 0,8 L

Kopling: Single Clutch

Gigi transmisi: 4 Kecepatan

Pola pengoperasian transmisi: N-1-2-3-4

Starter: Pedal dan Elektrik

Baterai: 12 V, 10 Ah

Busi: P-Z9HC

Sistem Pengapian: AC/CDI

Perbandingan kompresi:  8.7 : 1

Rp28.750.000
Viar New Karya 150Baterai: 12V, 10 Ah

Busi: P-A7HC

Daya maksimum 7,5/7500 rpm

Fitur Teknologi: 4 Langkah OHV, Water Cooler (Radiator) Single Cylinder Vertical

Kapasitas Silinder: 150cc

Kapasitas Tangki: 12,5 Ls

Pengapian: DC/CDI

Perbandingan Kompresi: 9.2 : 1

Rem Belakang: Tromol R/L

Rem Depan: Tromol

Panjang X Lebar X Tinggi (Bak) 1800 X 1250 X 375 mm

Panjang X Tinggi (Jagaan Samping Bak) 1800 x 375 mm

Tipe Kopling: Manual, Multiplate Wet Clutch

Tipe Starter: Starter Elektrik & Starter Pedal

Tipe Suspensi Belakang: Lengan Ayun Suspensi Single

Tipe Suspensi Depan: Teleskopik

Tipe transmisi: Manual, 5 Kecepatan

Torsi maksimum: 9,8 Nm/7000 rpm

Ukuran ban: belakang 4.50 – 12 / depan 4.00 – 12

Rp32.240.000
Viar New Karya 200Panjang x lebar x tinggi: 3540 x 1255 x 1344 mm

Jarak sumbu: 2400 mm

Jarak terendah ke tanah: 170 mm

Tipe suspensi depan: Teleskopik

Tipe suspensi belakang: Pegas Daun, peredam Hidrolik

Rem depan: Tromol

Rem belakang: Tromol R/L

Kapasitas tangki bahan bakar: 12,5 L

Kapasitas minyak pelumas gardan: 500 ml

Berat kosong: 370 Kg

Panjang x lebar x tinggi (bak) 2007 x 1255 x 370 mm

Panjang x tinggi (jagaan samping bak): 2007 x 370 mm

Tipe mesin: 4 Langkah OHV, Water Cooler (Radiator) Single Cylinder Vertical

Diameter x langkah: 63,5 x 62,2 mm

Kapasitas silinder: 200cc

Kapasitas minyak pelumas mesin: 1.2 L

Kopling:  Manual, Multiplate Wet Clutch

Gigi transmisi: 5 Kecepatan

Pola pengoperasian transmisi: N-1-2-3-4-5

Starter: Pedal dan Elektrik

Baterai: 12 V, 10 Ah

Busi: P-A7HC

Sistem pengapian: DC/CDI

Perbandingan kompresi: 9.2 : 1

Rp34.800.000
Viar New Karya 300Panjang x lebar x tinggi: 3530 x 1250 x 1350 mm

Jarak sumbu: 2400 mm

Jarak terendah ke tanah: 170 mm

Tipe suspensi depan: Front Absorber With Swing Arm

Tipe suspensi belakang: Pegas daun, peredam hidrolik dan stabilizer

Rem depan: Tromol

Rem belakang: Tromol R/L

Kapasitas tangki bahan bakar: 12,5 L

Kapasitas minyak pelumas gardan: 750 ml

Berat kosong: 368 kg

Panjang x lebar x tinggi (bak): 2000 x 1252 x 375 mm

Panjang x tinggi (jagaan samping bak): 2000 x 375 mm

Tipe mesin: 4 Langkah OHV Water Cooler (RADIATOR) Single Cylinder Vertical

Diameter x langkah: 72 x 66.2 mm

Kapasitas silinder: 270cc

Kapasitas minyak pelumas mesin: 1.2 Liter

Kopling: Manual, multiplate wet clutch

Gigi transmisi: 5 Kecepatan

Pola pengoperasian transmisi: N-1-2-3-4-5

Starter: Pedal dan Elektrik

Baterai: 12 V, 10 Ah

Busi: P-A7HC

Sistem pengapian: DC/CDI

Perbandingan kompresi: 9.2 : 1

Rp41.980.000

Harga motor roda tiga Viar di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk dealer resmi Viar serta sejumlah situs jual beli online. Dibandingkan tahun sebelumnya, harga kendaraan ini memang terpantau naik. Harga Viar New Karya 150 misalnya, semula Rp26,1 juta dan sekarang sedikit naik menjadi Rp32,24 juta. Sementara itu, harga Viar New Karya 300 naik dari Rp35,45 juta menjadi Rp41,98 jutaan. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, bisa langsung bertandang ke dealer Viar terdekat di kota Anda.

[1] Dewi, Hilda Rosdiana dan Dwi Endah Kusrini. 2014. Peramalan Jumlah Kepemilikan Sepeda Motor dan Penjualan Sepeda Motor di Jawa Timur dengan Menggunakan Regresi Data . Jurnal Sains dan Seni POMITS, Vol. 3(2): 332-337.

[2] Djunaidi, Zulkifli dan R. Arnur. 2015. Risiko Ergonomi Ketidaksesuaian Desain dan Ukuran Tempat Duduk Sepeda Motor terhadap Antropometri pada Mahasiswa. Kesmas: Jurnal Masyarakat Nasional, Vol. 9(3): 243-248.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan ke toto Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. Sy tertarik dengan motor roda tiga tp lebarnya tdk lebih dari 1 meter, namun ada atap dan kaca depan seperti buatan Jepang dan Korea.