Update Harga Kucing Anggora Terbaru 2017

No comment 21369 views

Kucing menjadi salah satu jenis binatang peliharaan yang disukai oleh sebagian orang. Binatang berbulu ini dapat dijadikan teman bermain ketika di rumah, bentuk wajahnya lucu, dan perawatannya cukup mudah.

Salah satu jenis kucing dengan premium yang tinggi peminat adalah . Anggora adalah kucing dengan badan sedang dengan bulu rambut panjang dan halus.

Kucing Anggora Putih - (Sumber: sejujurnya.com)

Kucing Anggora Putih - (Sumber: sejujurnya.com)

Jenis kucing tersebut tentu berbeda dengan kucing Persia. Kucing Anggora dianggap sebagai salah satu ras tertua dari kucing yang berasal dari daerah Ankara di Turki, serta mulai dikenal pada tahun 1600 an.

Supaya bisa membedakan ras kucing Anggora dengan yang lain, Anda perlu memperhatikan beberapa ciri khusus yang hanya dimiliki jenis kucing ini, antara lain:

  • Bentuk kepala. Awalnya, mungkin sekilas bentuk kepala kucing jenis ini sama dengan kucing lokal. Tetapi, sebenarnya bentuknya seperti segitiga terbalik dengan bagian atas kepala lebih lebar serta semakin mengerucut ke bagian dagu. Bulu kucing Anggora di bagian kepala juga tidak terlalu panjang, berbeda dengan Kucing Persia.
  • Kucing Anggora memilik telinga yang lumayan lebar di bagian bawah, serta besar mengerucut ke bagian ujung telinga seperti segitiga. Jarak telinga kucing Anggora satu sama lain memang saling berdekatan. Telinga kucing Anggora tidak begitu diselimuti bulu lebat atau panjang, dan terlihat jelas.
  • Mata ras kucing Anggora terbilang unik. Matanya sedikit miring ke atas, serta berbentuk seperti almond. Warna mata kucing ini biasanya adalah kuning. Tetapi, jika kucing Anggora memiliki warna mata lain, yaitu biru, biasanya kucing ini tuli (tidak bisa mendengar).
  • Bentuk hidung kucing Anggora mancung, didukung oleh wajahnya yang lonjong, dan lubang hidungnya terlihat. Selain itu, pada umumnya kucing ini memiliki bentuk tubuh langsing. Kucing Anggora jantan biasanya lebih besar dari betina. Panjang tubuh kucing Anggora memang cukup panjang, serta bagian belakang sedikit lebih tinggi daripada bagian depan si kucing. Untuk struktur tulangnya cukup bagus dengan tonjolan tulang yang bisa terlihat di badannya.
  • Kaki kucing Anggora lumayan panjang serta terlihat tinggi. Bentuk kakinya didukung dengan ukuran tubuhnya yang sedang (medium) dan langsing.
  • Ekor kucing Anggora terbilang cukup unik. Ekornya panjang dan disertai dengan bulu tebal dan lebat dibandingkan bagian tubuh kucing Anggora yang lain. Bulu ekornya tampak mengembang seperti ekor musang atau kemoceng.
  • Keunikan ciri-ciri fisik kucing Anggora terletak pada bulunya. Bulu kucing Anggora dapat tumbuh sesuai dengan kondisi cuaca di lingkungannya. Contohnya, jika cuaca sedang panas, maka pertumbuhan bulu kucing Anggora akan terlihat lebih pendek. Tetapi, jika kondisi cuaca sedang dingin, biasanya bulu kucing Anggora ini tumbuh lebih cepat serta halus.

Jenis kucing tersebut memiliki kepribadian aktif, suka bermain, penurut, serta mudah berinteraksi dengan manusia, sehingga pemeliharanya senang mengajaknya bermain. Kucing Anggora dikenal sebagai ras kucing cerdas, rasa ingin tahu tinggi, mudah dilatih dan beradaptasi, serta ramah.

Jenis kucing Anggora tidak suka dikurung di dalam kandang ataupun rumah. Kucing Anggora lebih suka bersama pemiliknya, oleh karena itu, tidak mengherankan kalau kucing ini selalu berusaha menempel kepada pemeliharanya. Kucing Anggora juga suka mengawasi keadaan lingkungan sekitar, sangat waspada. Dikarenakan kucing Anggora itu energik, kucing ini suka mencari tempat yang lebih tinggi dan lebih dikenal berisik.

Kucing Anggora Anakan - (Sumber: cindarkucing.com)

Kucing Anggora Anakan - (Sumber: cindarkucing.com)

Untuk dapat memelihara kucing Anggora, Anda harus menyiapkan budget paling tidak ratusan ribu rupiah. Misalnya untuk kucing anggora kitten jantan usia 3 bulan, harga di tahun ini sekitar Rp 500.000. Informasi lebih lengkap mengenai daftar harga kucing anggora dapat Anda lihat pada tabel berikut ini.

Daftar Harga Kucing Anggora Terbaru 2017

Ras Kucing Umur Harga
Kucing Anggora Kitten Mix Domestic 3 bulan 150.000
Kucing Anggora Anakan Mix Himalaya Betina Warna Hitam 2,5 bulan 300.000
Kucing Anggora Mix Dome 4 bulan 300.000
Kucing Anggora Campuran Kampung 11 bulan 350.000
Kucing Anggora Ekor Bugel Betina 6 bulan 400.000
Kucing Anggora Putih 2,5 bulan 400.000
Kucing Anggora Anakan 3 bulan 450.000
Kucing Anggora Kitten Jantan 3 bulan 500.000
Kucing Anggora Shorthair 1,5 bulan 550.000
Kucing Anggora Grey Brown 7 bulan 600.000
Kucing Anggora Medium Jantan 1 tahun 650.000
Kucing Anggora Kecil 2 bulan 700.000
Kucing Anggora Calico Betina 6 bulan 750.000
Kucing Anggora Dewasa 9 bulan 900.000
Kucing Anggora Odd Eye 2,5 bulan 1.500.000
Kucing Anggora Peaknose 6 bulan 1.500.000
Kucing Anggora Kecil 9 bulan 2.500.000

Supaya dapat memelihara kucing dengan cara yang benar, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan membiarkan kucing berkeliaran di jalanan. Jalanan sangat berisiko untuk kucing, potensi bahaya mengintai di sekitarnya seperti tertabrak kendaraan, tergigit anjing, bertarung dengan kucing senior, tanpa sengaja keracunan makanan, dan tertular parasit. Risiko ini semakin besar apabila Anda belum melakukan vaksinasi untuk kucing Anda.

Pada kucing ras longhair, udara luar yang panas dapat merusak rambutnya dan stres, oleh karena itu, sebaiknya tempatkan kucing ras di rumah yang sejuk dengan sirkulasi udara yang baik. Cukup biarkan kucing bermain di dalam rumah, atau di halaman sekitar rumah. Jika perlu, sebaiknya berikan kucing mainan seperti bola dan tali untuk bersenang-senang.

  • Jangan membiasakan menghukum kucing dengan pukulan atau kekerasan. Apabila apa yang dilakukannya tidak baik, cukup beri peringatan dengan jari telunjuk dan turunkan ia dari meja/kursi, ekspresikan wajah Anda dengan tegas berisyarat ‘No/tidak boleh’. Alih-alih menghukumnya, beri si kucing hadiah jika ia melakukan hal yang baik, sehingga kucing akan paham apabila melakukan hal buruk, maka tidak akan diberi hadiah.
  • Menghindari memberi berlebihan. Memberi secara berlebihan pada kucing dapat membuat hewan tersebut mengalami obesitas. Jam dan jumlah pakan yang tidak jelas cenderung membuat kucing terus menerus, bermalas-malasan, hingga menggemuk.
  • Hati-hati dengan obat-obatan atau produk untuk spesies lain. Di petshop, tersedia berbagai macam multivitamin, shampoo, makanan untuk beberapa jenis hewan seperti anjing, kucing, kura-kura, kelinci, dan hamster.

Produk yang tidak ditujukan untuk kucing, sebaiknya jangan diberikan kepada hewan berbulu tersebut. Makanan anjing tidak cocok dengan kucing, kebutuhan protein kucing lebih tinggi dari pada anjing. Terlebih dengan obat-obatan dan suplemen kesehatan untuk manusia, banyak diantaranya sangat berbahaya bagi kucing meski bermanfaat bagi manusia. Kepekaan kucing terhadap obat-obatan manusia jenis tertentu dapat membuatnya shock dan tutup usia.

Selain beberapa hal di atas, litter box juga harus dijaga. Sebaiknya tempat ini dibersihkan setiap hari. Litter box yang kotor dapat menyebabkan kucing malas untuk buang air. Ketika kucing menahannya, dan dibiarkan berlama-lama, dapat menimbulkan  ‘idiopatic feline lower urinary tract disease’, yaitu penyakit yang menyerang sistem perkencingan bagian bawah.

Baca juga  Info Terkini Tarif (Biaya) Pasang Iklan di Radio 2017
loading...

Leave a reply "Update Harga Kucing Anggora Terbaru 2017"