Harga Intunal Tablet (Strip & Box) dan Sirup

Flu dan batuk menjadi penyakit yang sering dialami banyak orang, termasuk ketika pergantian cuaca. Untungnya, saat ini sudah banyak yang dapat dibeli dengan bebas di apotek, toko , hingga minimarket dan toko kelontong. Nah, salah satu yang sering direkomendasikan adalah Intunal, karena selain diklaim cukup ampuh meredakan flu, juga punya yang relatif terjangkau.

Penderita flu

Penderita flu

Penyebab, dan Pengobatan Flu

Anda pasti sudah tidak asing, atau malah kerap terpapar penyakit flu. Memang, flu biasa (common-cold), selesma, atau batuk pilek adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang sangat umum diderita oleh masyarakat. Sering pula disebut influenza, ini adalah penyakit yang disebabkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae dan dapat ditularkan melalui udara oleh batuk atau bersin, sehingga udara di sekitarnya mengandung virus.[1]

Gejala flu umumnya berupa batuk-pilek yang khas seperti hidung berair (rhinorrhea), hidung tersumbat, sakit pada tenggorokan, dan sakit kepala.[2] Gejala juga seringkali disertai dengan demam ringan pada awal gejala, nyeri pada otot, dan badan lemas (fatigue). Rata-rata durasi gejala flu berlangsung antara 7 sampai 10 hari sebelum penderita benar-benar sembuh.[3]

Walau sering dikatakan sebagai penyakit yang ringan, nyatanya, influenza menyebar di seluruh dunia dalam wabah musiman, menjadi penyebab kematian bagi ratusan ribu hingga jutaan orang per tahun, terutama pada tahun-tahun pandemi. Tiga pandemi influenza yang terjadi pada abad ke-20 membunuh puluhan juta orang, dan seringkali disebabkan strain-strain baru yang lantas menimbulkan strain virus baru.[4]

Baca juga  Keunggulan, Kekurangan dan Harga Gigi Palsu Valplast

Untuk meredakan dan mengobati flu, umumnya penderita akan berusaha melakukan upaya pengobatan sendiri (swamedikasi) untuk mengatasi ‘rasa tidak nyaman’ akibat flu dan batuk-pilek, antara lain dengan mengonsumsi obat flu yang dijual bebas di .[5] Belum ada data pasti seberapa luas penggunaan obat demikian. Namun, berdasarkan catatan SUSENAS BPS tahun 2011 silam, sekitar 66,8 persen orang Indonesia melakukan swamedikasi, kemungkinan besar untuk gejala flu.

Di Indonesia sendiri, sangat banyak obat flu kombinasi yang telah beredar luas dalam berbagai merk dagang. Lebih kurang terdapat sekitar 250 jenis preparat untuk batuk, flu, dan batuk-pilek, dengan 78 merk termasuk dalam daftar obat G yang cuma bisa dibeli dengan resep dokter, sedangkan selebihnya adalah produk obat flu yang termasuk obat bebas atau OTC.[6]

Indikasi dan Intunal

Nah, dari sekian banyak obat flu yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter, salah satu yang mudah dijumpai di apotek adalah Intunal. Ini adalah tablet untuk meringankan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin yang disertai batuk. Tidak cuma itu, Intunal juga diklaim dapat dipakai untuk mengatasi flu yang disertai alergi.

Tablet Intunal-F (twitter: @dhikaputram)

Tablet Intunal-F (twitter: @dhikaputram)

Dalam satu tablet Intunal, sudah mengandung parasetamol, zat aktif yang memiliki aktivitas sebagai penurun demam/antipiretik dan pereda nyeri/analgesik. Selain itu, juga mengandung Dexchlorpheniramine maleate (CTM) yang digunakan untuk mengobati gejala alergi, Guaifenesin atau Glyceryl Guaiacolate yang bekerja dengan cara meningkatkan volume dan mengurangi viskositas mukus pada trakea, Dextromethorphan HBr yang digunakan sebagai obat penekan batuk, serta Phenylpropanolamine yang berfungsi sebagai stimulan dan nasal dekongestan.

Baca juga  Info Cara Pemakaian dan Update Harga Acnes Spot Care untuk Jerawat

Layaknya obat pada umumnya, untuk mendapatkan manfaat optimal Intunal, perlu memperhatikan dosis pemakaian dengan benar. Untuk orang dewasa, bisa mengonsumsi 1-2 tablet tiga sampai empat kali sehari. Sementara, dosis untuk -anak adalah 1/2 tablet sebanyak tiga sampai empat kali dalam sehari. Obat dapat dikonsumsi setelah makan.

Efek Samping Intunal

Efek samping yang mungkin dapat dirasakan setelah minum obat ini antara lain mengantuk, pusing, kering, berkeringat, penurunan nafsu makan, dan gangguan gastrointestinal. Sementara, untuk mereka yang memiliki gangguan seperti hipertensi, gangguan fungsi hati, glaukoma, diabetes, serta gangguan jantung dan gondok, tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini.

Harga Intunal

Intunal dapat diperoleh dengan mudah di berbagai apotek, bahkan melalui situs online. Di Apotek K24 misalnya, Intunal F dijual dengan harga Rp4.183 per strip (isi 4 tablet), sedangkan harga Intunal Kaplet (warna merah) berkisar Rp3.205 per strip. Sebagai perbandingan, di sejumlah situs online, Intunal F maupun Intunal Kaplet masing-masing ditawarkan dengan harga mulai Rp2.500 per strip. Jika ingin membeli 1 box isi 25 strip, harganya sekitar Rp65 ribu sampai Rp85 ribuan. Ada pula Intunal Syrup kemasan 60 ml dengan harga Rp16 ribuan hingga Rp20 ribuan per botol.

Baca juga  Info Lengkap Varian Produk dan Harga Serum MS Glow di Pasaran

[1] Suyanto, William Sanjaya, Liliana, Kristo Radion Purba. 2016. Pembuatan Media Pembelajaran Virus Influenza Berbasis Flash. Jurnal Infra Universitas Kristen Petra, Vol. 4(2).

[2] Gitawati, Retno. 2014. Bahan Aktif dalam Kombinasi Obat Flu dan Batuk-Pilek, dan Pemilihan Obat Flu yang Rasional. Media Litbangkes, Vol. 24(1): 10-18.

[3] Ibid.

[4] Suyanto, William Sanjaya, Liliana, Kristo Radion Purba. Op. cit.

[5] Simasek, Madeline & David A. Blandino. 2007. Treatment of the common cold. Am Fam Physician, Vol. 75(4): 515-520.

[6] MIMS Indonesia. 2007. 108th Edition: 105-128.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Intunal Tablet (Strip & Box) dan Sirup"