Update Harga Ikan Mujair per Kilo di Pasaran

No comment8871 views

Anda sudah pernah mencicipi kelezatan ikan mujair? Ikan yang banyak dijajakan di warung-warung lalapan ini memang dikenal punya yang rasanya cukup enak untuk disantap bersama sambal. Tak heran jika di pasaran banyak orang mencari ikan mujair per kilo untuk diolah dalam kuliner atau bahkan untuk pribadi.

Ikan mujair (sumber: abahtani.com)

Ikan mujair (sumber: abahtani.com)

Karakteristik Ikan Mujair

Dilansir dari Wikipedia, ikan mujair adalah sejenis ikan air tawar yang biasa dikonsumsi. Penyebaran alami ikan ini adalah perairan Afrika dan di Indonesia pertama kali ditemukan oleh Pak Mujair di muara Sungai Serang, pantai selatan Blitar, Jawa Timur pada tahun 1939. Walaupun masih belum diketahui bagaimana ikan tersebut bisa sampai ke muara terpencil di sisi selatan Blitar, pada akhirnya ikan itu dinamai “mujair” untuk mengenang jasa sang penemu.

Ikan mujair memiliki nama ilmiah Oreochromis mossambicus, dan dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Mozambique tilapia, atau kadang-kadang secara tidak tepat disebut Java tilapia. Ikan satu ini memiliki ciri fisik berukuran sedang, panjang total maksimum yang bisa dicapai ikan mujair adalah sekitar 40 cm. Sirip punggung (dorsal) mujair mempunyai 15-17 duri (tajam) dan 10-13 jari-jari (duri berujung lunak), serta sirip dubur (anal) memiliki 3 duri dan 9-12 jari-jari.

Ikan mujair merupakan ikan air tawar yang sanggup hidup di perairan payau. Ikan ini memiliki bentuk badan memanjang dan agak pipih, sisiknya berwarna sampai kehijau-hijauan atau kehitam-hitaman, tergantung pada lingkungan hidupnya.[1]

Masih menurut sumber yang sama, ikan mujair termasuk ikan yang rakus dan pemakan segala, sehingga dapat hidup, baik di dataran rendah ataupun pegunungan. Karena terlalu sering berkembang biak, maka kebanyakan ikan mujair hanya dapat mencapai berat antara 80-140 per ekor.

Baca juga  Harga Silverqueen Kecil di Pasaran (Semua Varian)

Bentuk tubuh ikan mujair sangat mirip dengan ikan nila. Untuk dapat membedakan antara ikan mujair dengan ikan nila, bisa dilihat dari sirip punggung dan ekornya. Bagian sirip punggung ikan mujair memiliki garis yang tidak sejelas seperti pada ikan nila. Selain itu, sirip ekor ikan mujair juga tidak memiliki garis. Ikan mujair berkembang biak dengan mengerami telurnya dan mengasuh -anaknya yang baru menetas di dalam mulut.

Ilustrasi: Karakteristik Ikan Mujair (credit: klikdokter)

Ilustrasi: Karakteristik Ikan Mujair (credit: klikdokter)

Jenis ikan satu ini mempunyai kecepatan pertumbuhan yang cukup cepat. Namun, saat sudah dewasa, kecepatan pertumbuhannya akan mulai menurun. Mujair biasanya akan mulai beranak ketika mulai memasuki umur 3 bulan. Setelah itu, mujair bisa berkembang biak setiap 1,5 bulan sekali. Tak heran jika dalam waktu beberapa bulan saja, populasi ikan ini bisa meningkat cukup pesat. Terlebih karena ikan mujair juga cukup mudah untuk beradaptasi dengan berbagai lingkungan perairan dan kondisi ketersediaan .

Banyak orang yang kemudian tertarik untuk membudidayakan ikan mujair karena teknik budidayanya yang cukup mudah dan karakternya yang sangat cepat berkembang biak. Ikan mujair juga banyak dijadikan ikan konsumsi karena memiliki rasa daging yang cukup nikmat, tak kalah dengan ikan gurame atau ikan-ikan air tawar lainnya. Berikut ini informasi harga ikan mujair per kilo di berbagai daerah yang ada di Indonesia.

Baca juga  Pengertian Reseller, Keuntungan dan Kerugiannya

Harga Ikan Mujair per Kilo

DaerahHarga per Kg (Rp)
Aceh29.900
Balikpapan29.900
Bandung31.500
Bangka Belitung15.891
Bekasi32.500
Bengkulu18.253
Bogor32.000
Cirebon34.000
Denpasar37.000
Jakarta33.500
Jambi27.984
Lampung14.798
Makassar33.000
Malang28.000
Medan32.000
Padang31.000
Palembang32.500
Pekanbaru35.000
Purwokerto27.500
Riau26.325
Semarang28.500
Serang33.500
Surabaya29.500
Yogyakarta29.700
Bojonegoro10.000
Kabupaten Jayapura100.000
Lamongan31.000

Selain bisa membelinya secara langsung di atau toko, Anda bisa membelinya secara online. Di lapak online, mujair per kilo isi 8 hingga 10 ekor dijual dengan harga mulai Rp38.000 hingga Rp45.000. Mujair ini akan dikemas dengan plastik khusus dan dilengkapi dengan es serta bubble wrap. Beberapa lapak online juga menjualnya dengan kemasan vakum, sehingga mujair akan tetap segar saat sampai di tangan pembeli.

Informasi harga ikan mujair per kilo di atas merupakan ikan mujair dalam kondisi segar dan didapat dari berbagai sumber. Namun, harus Anda ingat bahwa harga ikan mujair per 1 kilogram dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga ikan mujair berkisar Rp15.891 hingga Rp37.000 per kilo. Selain itu, harga ikan mujair per 1 kg di setiap tempat juga bisa berbeda-beda, tergantung ketersediaan stok di pasaran.

Ilustrasi: Olahan Ikan Mujair (credit: sajiansedap.grid.id)

Ilustrasi: Olahan Ikan Mujair (credit: sajiansedap.grid.id)

Sementara itu, untuk bibit ikan mujair, dibanderol dengan harga kisaran Rp120 hingga Rp1.500 per ekor, tergantung tubuhnya. Jika semakin panjang atau besar bibit mujair, maka akan semakin mahal pula harga jualnya. Tak hanya dijual dalam kondisi segar atau fresh, di pasar atau pusat-pusat perbelanjaan pun sudah banyak yang menjual ikan mujair dalam kondisi fillet atau sudah dibersihkan dari sisik, kulit, dan duri, dengan harga berkisar Rp35 ribu hingga Rp45 ribuan.

Baca juga  Update Harga Gulaku di Indomaret, Alfamart, dan Giant

Sebagai tips bagi Anda yang sedang ingin membeli ikan mujair segar, pilihlah ikan yang baru saja turun dari kapal. Ikan seperti ini konon memiliki kualitas daging yang baik dan lebih tahan lama. Selain itu, perhatikan bola mata ikan mujair. Ikan mujair segar memiliki ciri warna bola mata yang hitam dan tidak berselaput.

Beberapa orang yang suka ikan mujair juga menyarankan agar Anda membeli ikan yang berukuran standar dan tidak terlalu besar. Ikan mujair yang ukurannya terlalu besar, biasanya memiliki daging yang lebih tebal dan hambar. Sementara, ikan mujair dengan ukuran standar, memiliki rasa daging yang lebih gurih dan juicy jika dimasak.

Jika Anda terlanjur membeli ikan mujair dengan ukuran di atas rata-rata, mungkin Anda bisa mengolahnya menjadi makanan berkuah atau dibumbui dengan rempah-rempah yang cukup banyak. Sehingga, rasa daging ikan tidak terlalu tawar dan memiliki citarasa tersendiri. Ikan mujair dengan ukuran besar dan berdaging tebal, juga lebih cocok dipakai untuk membuat aneka makanan olahan, seperti sate, sei ikan, otak-otak, siomay, dan masih banyak lagi.

[Update: Almasshabur]

 

[1] Murtidjo, Bambang A. 2001. Beberapa Metode Pembenihan Ikan Air Tawar. Yogyakarta: Kanisius.

author
Pengamat produk dan harga komoditas. Saat ini tinggal di Kota Malang.

Leave a reply "Update Harga Ikan Mujair per Kilo di Pasaran"