Harga Harpa Kecil dan Besar

No comment209 views

Ada banyak alat musik petik, dan salah satu yang sering dianggap eksklusif adalah harpa. Kenapa instrumen musik ini eksklusif, salah satunya karena harganya yang cukup mahal, melambangkan estetika yang tinggi dan mewah. Tidak hanya alat musiknya, bagi mereka yang ingin kursus atau belajar harpa, perlu mengeluarkan biaya yang tidak bisa dikatakan sedikit.

Ilustrasi: harpa dipetik

Ilustrasi: harpa dipetik

Harpa, dalam bahasa Inggris disebut harp, merupakan jenis alat musik yang mengeluarkan bunyi jika bagian dipetik, sama seperti gitar dan kecapi. Bentuk harpa tinggi, umumnya berwarna emas, dan tentu saja memiliki senar.[1] Alat musik ini berbentuk segitiga, dengan senar-senar halus di bagian tengahnya, dapat dimainkan dengan menggunakan tangan, termasuk sambil posisi berdiri atau duduk.

Diklaim sudah ada sejak 3000 SM, harpa konon dikenal pertama kali di Iran, Irak, dan Mesir, kemudian menyebar di Pakistan, India, dan . Kemudian, pada Abad Pertengahan, harpa telah menyebar ke seluruh Eropa dan sangat populer di masa Renaisans, berkembang menjadi berbagai varian dan teknologi baru, yang lantas disebarluaskan ke koloni Eropa, termasuk Amerika Latin.

Secara global, bentuk harpa bervariasi dalam banyak hal. Dari segi ukuran, banyak harpa yang lebih kecil dapat dimainkan di pangkuan, sedangkan harpa yang lebih besar cukup berat dan harus diletakkan di atas lantai. Harpa yang berbeda mungkin menggunakan senar catgut, nylon, logam, atau kombinasi lainnya. Meski demikian, semua harpa memiliki leher, resonator, dan senar. Harpa bingkai atau harpa segitiga memiliki tiang di ujung panjangnya untuk menopang senar, sedangkan harpa terbuka, seperti harpa lengkung dan harpa busur, tidak memiliki pilar.

Baca juga  Update Kisaran Harga 1 Set Tabung CO2 untuk Aquascape

Teknik bermain harpa modern juga bervariasi untuk memperluas jangkauan dan kromatisitas senar (misalnya menambahkan benda tajam dan datar). Pada harpa tuas, seseorang menyesuaikan kinerja nada senar dengan membalik tuas, memperpendek senar cukup untuk menaikkan nada dengan tajam. Sementara, pada harpa pedal yang menekan pedal, satu langkah akan memutar tuas yang diarahkan ke senar untuk semua oktaf dari satu nada.

Bentuk Harpa

Ilustrasi: pemain alat musik harpa

Ilustrasi: pemain alat musik harpa

Instrumen ini pada dasarnya berbentuk segitiga dan terutama terbuat dari kayu. String terbuat dari kawat, tetapi seringkali di zaman modern diganti dengan nilon atau logam. Ujung atas setiap senar diamankan di palang atau leher, dengan masing-masing akan memiliki pasak penyetelan atau perangkat serupa untuk menyesuaikan nada.

Dari palang, senar mengalir ke suara di badan beresonansi , diikat dengan simpul, sedangkan pada harpa modern, lubang dilindungi untuk membatasi keausan pada kayu. Jarak antara pasak tuning dan papan suara, serta tegangan dan berat senar, menentukan tinggi nada senar. Tubuhnya berlubang, dan saat tali yang kencang dipetik, tubuhnya beresonansi, memproyeksikan suara.

Baca juga  Update Harga Reel Daido (Berbagai Tipe)

Sisi terpanjang harpa disebut kolom atau tiang. Pada kebanyakan harpa, satu-satunya tujuan pilar adalah untuk menahan leher melawan ketegangan senar yang besar. Pada harpa yang memiliki pedal (sebagian besar adalah harpa konser modern), pilar berbentuk kolom berongga dan melingkari batang yang menyesuaikan nada, yang diungkit dengan menekan pedal di dasar instrumen.

Seperti alat musik petik lainnya, harpa dapat dimainkan secara solo atau menjadi bagian dari sebuah ansambel. Alat musik ini seringkali hadir bersama dengan orkestra simfoni, suara vokal, flute, piano, biola, saxophone, jazz bass, drum, dan berbagai jenis alat musik lainnya. Terlepas dari berbagai kontroversi tentang mahalnya harga sebuah harpa, dan tingkat kesulitan memainkannya, harpa tetap dapat menciptakan sebuah dentingan dan harmoni nada yang sangat indah.

Jika Anda ingin memiliki harpa dan belajar memainkannya, tidak sulit mendapatkan instrumen musik ini. Anda bisa membelinya di berbagai toko alat musik, bahkan bisa mendapatkannya lewat situs jual beli online. Namun, seperti disampaikan di atas, harga harpa memang tergolong mahal. Sebagai referensi, berikut kisaran harga harpa di pasaran dalam negeri.

Baca juga  Update Harga Sugar Glider Joey (Anakan) Berbagai Jenis

Harga Harpa

Ilustrasi: showroom harpa (sumber: harpcolumn.com)

Ilustrasi: showroom harpa (sumber: harpcolumn.com)

Varian HarpaHarga
Harpa Mini 7 Senar PortableRp1.062.000 – Rp1.179.000
Harpa Mini 6 Senar PortableRp1.220.900
Harga Mini 10 Senar PortableRp1.687.000 – Rp1.941.000
Harpa Mini 16 Senar PortableRp1.929.600 – Rp2.789.300
Harpa 10 SenarRp2.794.300
Harpa 15 SenarRp2.862.500 – Rp5.114.800
Harpa Salvi Juno 27 SenarRp27.500.000
Harpa Single Pedal 37 SenarRp54.600.000 – Rp78.000.000

Harga harpa di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk beberapa toko instrumen musik dan situs jual beli online. Perlu Anda ketahui bahwa harga harpa tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, harga harpa di masing-masing tempat kemungkinan berbeda walaupun produk yang ditawarkan sama.

[1] Bonni, Luqman Hakim, Edilla. 2016. Perancangan Laser Harpa. Jurnal Elementer, Vol. 2(1): 1-14.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Harpa Kecil dan Besar"