Harga Genteng Keramik Jatiwangi (Baru dan Bekas)

Selain berbahan tanah liat, salah satu varian yang saat ini semakin sering dipilih masyarakat untuk atap rumah mereka adalah keramik. keramik digunakan lantaran diklaim punya kemampuan yang baik sebagai penutup atap, antara lain keras, kuat, dan stabil pada temperatur tinggi.[1] Tidak aneh jika kemudian genteng jenis ini sedikit lebih mahal dibandingkan genteng tanah liat, termasuk Genteng Jatiwangi.

Genteng keramik Jatiwangi (youtube: Adie Genteng Salatiga)

Jatiwangi (youtube: Adie Genteng Salatiga)

Genteng adalah bahan yang berfungsi sebagai atap suatu bangunan, merupakan bagian utama dari suatu bangunan, yang memiliki fungsi utama untuk menahan panas matahari dan curahan air hujan.[2] Jenis genteng bermacam-macam, sebut saja genteng tanah liat, genteng seng, genteng metal, genteng plastik, hingga genteng keramik.

Meski mengusung nama keramik, sebenarnya genteng keramik tidak terbuat dari tersebut. Genteng ini juga dibuat dari tanah liat. Namun, pada pembuatan genteng keramik, penggunaan tanah liat disortir, kemudian dicetak dan di-press menggunakan peralatan modern di pabrik besar, sehingga kekuatan, presisi, dan kerapian genteng jenis ini terbilang tinggi. Dengan pemanasan pada suhu 100 derajat Celcius, tanah liat berubah menjadi sangat keras sehingga menyerupai keramik lantai.

Baca juga  Info Terbaru Harga Teakwood Jati di Pasaran

Meskipun berasal dari produsen yang berbeda-beda, proses pembuatan bahan dasar genteng keramik sebetulnya hampir sama. Bahan baku dan komponen yang biasa digunakan antara lain tanah liat dan kaolin sebagai komponen utama; pasir kuarsa sebagai bahan baku untuk mengurangi susut; surfactants dan plasticizer sebagai aditif; serta nepheline, terak, dan feldspars untuk mengurangi suhu sintering.

Kelebihan Genteng Keramik

  • lebih tahan lama dibandingkan genteng lainnya. Ini dikarenakan genteng keramik mengalami proses pembakaran dengan suhu lebih dari 1.00 derajat Celcius.
  • Daya tahan superior. Kuat merupakan salah satu ciri khas genteng keramik. Genteng jenis ini bahkan diklaim mampu menahan beban hingga 180 kg. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ingin memasang genteng ini karena genteng keramik tidak mudah hancur. Berkat proses pembakaran yang sempurna, genteng ini dapat menahan beban secara terpusat.
  • Tahan terhadap cuaca. Selain kuat, genteng keramik juga dikatakan tahan terhadap perubahan cuaca. Genteng berbahan keramik dapat menahan korosi dan cuaca ekstrem karena memiliki sistem interlock yang baik. Jika dibandingkan dengan genteng berbahan lain, sistem interlock genteng keramik lebih unggul.
  • Perawatan mudah. Tidak hanya cocok untuk rumah bergaya apa saja, perawatan genteng keramik juga tidak sulit. Pada dasarnya, genteng keramik tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup pilih yang sesuai dengan warna cat rumah Anda agar tampak lebih elegan.
Atap genteng keramik (sumber: rumarumi.com)

Atap genteng keramik (sumber: rumarumi.com)

Review Genteng Keramik Jatiwangi

Sudah ada banyak produsen yang meluncurkan genteng keramik untuk pasaran dalam negeri, salah satunya PT Sinar Gemilang Roof. Mengusung nama Genteng Jatiwangi (diambil dari lokasi perusahaan), ini dikatakan dibuat dari tanah liat cokelat dengan kualitas tanah yang sangat baik sehingga perusahaan berani menjamin genteng yang mereka hasilkan adalah yang terbaik.

Baca juga  Harga Hakpen (Semua Ukuran dan Merk)

Dilansir dari situs resmi PT Sinar Gemilang Roof, genteng keramik yang dihasilkan diberi nama Morando Super Glazur. Secara dimensi, produk ini mirip dengan Morando Super, yakni berukuran panjang 33 cm, lebar 25 cm, dengan panjang berguna 26 cm dan lebar berguna 22 cm. Dengan berat sekitar 2 kg, Morando Super Glazur punya tekstur yang halus serta terlihat mengilap mirip keramik.

Harga Genteng Keramik Jatiwangi

Saat ini, tidak sulit mendapatkan genteng keramik Jatiwangi karena Anda bisa membeli material tersebut di sejumlah toko hingga situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, satu buah genteng keramik Jatiwangi saat ini ditawarkan dengan harga berkisar Rp3.200 hingga Rp7.000. Sementara, apabila membeli dalam jumlah banyak, harganya sekitar Rp57.600 per m2. Jika ingin lebih murah, bisa membeli produk bekasnya dengan harga sekitar Rp2.000 sampai Rp2.500 per buah.

Baca juga  Update Harga Kuas Cat Lukis (Berbagai Merk, Bentuk, Ukuran)

Walau dikatakan kuat dan memiliki warna mengilat, ternyata genteng keramik tidak luput dari kelemahan. Kekurangan genteng yang satu ini adalah memiliki bobot yang berat sehingga memerlukan rangka atap yang kuat. Selain itu, perlu ketelitian saat memasangnya agar kerapatan dan interlocking terlihat sempurna serta menghindari kebocoran akibat rembesan air hujan.

[1] Prastiwi, Aswin Dwi, Edhi Wahyuni, Retno Anggraini. 2014. Pengaruh Penggunaan Lumpur Lapindo terhadap Struktur Mikro Genteng Keramik. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Brawijaya, Vol. 1(3).

[2] Sari, Mega Puspita. 2013. Analisis dan Karakterisasi Genteng Polimer Berbahan Baku Ban Dalam Bekas, Pasir dan Aspal dengan Perekat Polipropilena (Skripsi). Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Sumatera Utara.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Genteng Keramik Jatiwangi (Baru dan Bekas)"