Info Lengkap Harga dan Cara Merawat Burung Gelatik Batu

Bagi Anda yang gemar memelihara , tentu akan memilih dengan kicau suaranya yang merdu. Selain kenari, yang kerap dijadikan di rumah yakni gelatik. Dari banyaknya spesies gelatik, satu burung yang memiliki keunggulan dalam hal suara yakni gelatik batu. Gelatik batu dapat Anda dijumpai di pasar burung maupun pet shop dengan terjangkau.

Burung Gelatik Batu - burunggelatik.blogspot.com

Burung Gelatik Batu - burunggelatik.blogspot.com

Burung gelatik termasuk kategori burung pengicau dari daerah selatan Indonesia. Burung gelatik terdiri dari dua menurut tempat hidupnya yakni gelatik Jawa dan Timor.  Gelatik Jawa hidup di Pulau Jawa dan Bali, sedangkan gelatik Timor hidup di Nusa Tenggara. Burung yang memiliki suara bercericip berulang-ulang ini hidup dengan kelompoknya. Burung gelatik menyukai tempat lapang dengan banyak rerumputan, terutama padi, biji-bijian, , dan serangga.[1]

Bicara soal spesies burung gelatik tentu begitu beragam, mulai dari gelatik jawa atau belong, gelatik wingko, gelatik silver, gelatik putih, gelatik sultan, dan gelatik batu atau watu. Burung gelatik yang digemari karena selain tampilan fisiknya unik dan indah, tetapi juga memiliki suara kicauan berkarakter yakni gelatik batu. Suaranya yang khas itu sering kali dijadikan sebagai bahan masteran burung lainnya.

Baca juga  Update Kisaran Harga Mesin Padi Keliling (Baru dan Bekas)

Burung gelatik batu memiliki nama latin Lonchura Oryzivora memiliki tampilan bulu hitam di bagian sekitar kepala, putih di bagian pipi, dan berpadu dengan warna kelabu di sebagian besar tubuhnya. Sebagai burung kicau dan burung hias, burung gelatik memiliki ciri khas yakni:

  • Memiliki panjang tubuh sekitar 13 cm
  • Bulunya didominasi warna putih, abu, dan hitam
  • Memiliki sifat sangat aktif bergerak
  • Menghasilkan suara yang gacor dan bervariasi

Suara kicau burung gelatik yang merdu dan bervariasi diyakini mampu dengan mudah menstimulasi burung lain untuk berkicau bahkan sampai mampu gacor. Oleh karena itu mengapa meskipun harganya melonjak tinggi, burung yang juga dikenal dengan nama layang-layang ini tetap saja laku dan banyak diminati khususnya bagi pecinta burung kicau.

Daftar Harga Burung Gelatik Batu

Jenis Burung Gelatik BatuHarga per ekor (Rp)
Burung Gelatik Batu BakalanMulai 50.000 - 100.000
Burung Gelatik Batu200.000
Burung Gelatik Batu Dewasa300.000
Burung Gelatik Batu Bakalan khusus untuk memaster burung lainMulai 400.000 – 500.000
Baca juga  Info Lengkap Keunggulan dan Harga Meja Belajar Anak Plastik Berbagai Merk

Harga di atas kami rangkum dari berbagai sumber di internet. Harga burung gelatik batu dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu tergantung kebijakan penjual. Anda dapat membeli burung gelatik batu di toko hewan maupun memesannya melalui online sejumlah marketplace terpercaya.

Burung Gelatik Batu - omkicau.com

Burung Gelatik Batu - omkicau.com

Sebelum Anda membeli burung gelatik batu, sebaiknya cek harga pasarannya terlebih dahulu. Hal ini cukup membantu dalam mengetahui harga , selain itu Anda dapat mengira-ngira harga yang tepat, terutama ketika melakukan penawaran bila harga di jauh melambung tinggi dari harga secara umum. Sebagai tambahan referensi, burung gelatik batu di Surabaya terbilang murah dibanderol mulai Rp100 ribuan.

Merawat Burung Gelatik Batu

  • Mandi dan jemur di pagi hari
  • Pemberian pakan yang bervariasi
  • Lakukan pemasteran
  • Pemandian di sore hari
  • Pembersihan kandang dan tempat makan atau minum
  • Penggantian minum
  • Pengerodongan burung gelatik
Baca juga  Info Harga Buah Leci Kaleng dalam Berbagai Merek

Jika Anda memiliki cukup banyak burung, ada baiknya tidak disatukan di dalam satu kandang. Namun, berbeda dengan burung gelatik batu yang merupakan spesies tenang dan suka mengalah. Porsi makanannya pun terbilang kecil, sehingga tidak perlu khawatir terjadi perkelahian antar burung satu dengan yang lain.

Gelatik batu cukup baik bila disandingkan dengan kenari karena penampilannya yang cukup tenang. Jika ditiru, suara gelatik batu dapat meningkatkan suara pembuka kenari. Suara gelatik batu hampir menyerupai suitan suara burung kacamata dan terkadang terdengar desisan suara-suara kecil yang terkesan lembut memanjang.[2]

[1] Fatiharifah. Cari Tahu Hewan-Hewan Bertubuh Kecil (Yogyakarta: Diva Press, 2019), hlm. 25

[2] Turut, Rusil. Kenari. (Jakarta, PT Niaga Swadaya, 2010), hlm. 104

loading...
author

Leave a reply "Info Lengkap Harga dan Cara Merawat Burung Gelatik Batu"