Harga Galvalum Kencana Semua Ukuran (Atap, Hollow, Kanal C)

Alih-alih kayu, saat ini semakin banyak orang yang memilih memakai material galvalum sebagai pondasi atap rumah mereka. Di pasaran sendiri, sudah ada berbagai merk yang merilis produk baja , seperti A Plus, CBM, Taso, hingga Kencana. Diklaim lebih ringan namun dengan daya tahan yang kuat, harga bahan bangunan ini memang relatif terjangkau.

Rangka atap galvalum (sumber: olx.co.id)

Rangka atap galvalum (sumber: olx.co.id)

Dikutip dari berbagai sumber, galvalum dapat dikatakan sebagai baja berkualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis, dengan kekuatan yang diklaim tidak kalah dengan baja konvensional.[1] Kata galvalum sendiri merupakan akronim dari galvanis dan aluminium. Atap galvalum, atau yang sering disebut dengan baja ringan ini, merupakan metode yang diadaptasi dari Jepang dan semakin sering digunakan oleh banyak orang di Indonesia.

Galvalum dianggap sebagai solusi untuk mengatasi berbagai permasalahan yang sering ada pada kayu, material yang sebelumnya lebih kerap dipakai untuk konstruksi atap. Sebagai bahan bangunan, kayu memang memiliki sejumlah kelemahan, antara lain kualitas material yang tidak merata, rawan lapuk yang disebabkan serangan rayap, mudah memuai atau menyusut karena perubahan cuaca, mudah terbakar, serta semakin langkanya sumber daya kayu di alam.[2]

Baca juga  Update Kisaran Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Singapura

Menurut sebuah penelitian,[3] secara umum, struktur material kayu sebagai rangka atap dikatakan lebih berat dibandingkan baja ringan untuk setiap bentang yang digunakan. Selain itu, untuk bentang yang lebih kecil, biaya yang dibutuhkan saat menggunakan baja ringan ternyata lebih murah daripada kayu. Meski demikian, untuk bentang yang lebih lebar, diperlukan penambahan material untuk mengantisipasi lentur yang menjadi salah satu kelemahan baja ringan.

Keunggulan Galvalum

  • Dikutip dari Dekoruma.com, desain atap rumah dengan atap galvalum bisa digunakan dalam waktu yang sangat lama tanpa harus sering berganti rangka atap. Bisa dibayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan apabila Anda harus mengeluarkan uang untuk mengganti atap rumah yang terserang rayap terus-terusan?
  • Atap galvalum yang sudah siap pasang akan sangat menghemat waktu pengerjaan berbagai proyek bangunan. Misalnya saja, sebuah rumah minimalis tipe 6 bisa diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu dengan menggunakan rangka atap ini.
  • Sesuai dengan namanya, atap galvalum atau dikenal juga dengan nama rangka atap baja ringan, memiliki yang jauh lebih ringan dibandingkan dengan rangka kayu atau rangka konvensional. Atap galvalum mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, meningkatkan persentase keselamatan para pekerja atau tukang.
Baca juga  Harga Floor Drain Toto (Semua Tipe)

Di pasaran sendiri, sudah ada banyak merk galvalum yang dapat Anda pilih, dan salah satu yang cukup populer adalah Kencana. Produk buatan Kencana dikatakan telah teruji kekuatannya. Model galvalum kanal C misalnya, baja ringan buatan Kencana disebut-sebut memiliki profil yang presisi dan inovatif dengan adanya rusuk-rusuk pengaku yang membuatnya lebih kuat sebagai rangka konstruksi bangunan.

Sudah ada banyak toko yang menjual galvalum Kencana. Tidak hanya dealer atau agen resmi, Anda pun bisa mendapatkan produk ini di sejumlah toko material bangunan hingga jual beli online. Harganya memang bervariasi, tergantung tipe dan ukuran, namun secara garis besar relatif terjangkau. Sebagai informasi, berikut kisaran harga galvalum produksi Kencana.

Harga Galvalum Kencana

Galvalum kencana tipe hollow (sumber: olx.co.id)

Galvalum kencana tipe hollow (sumber: olx.co.id)

Tipe Galvalum KencanaHarga
Kencana Hollow Galvalum 14x36Rp19.750 per batang
Kencana Hollow Galvalum 2x4 0,25 mmRp20.050 per batang
Kencana Hollow Galvalum 20x40Rp23.000 per batang
Kencana Hollow Galvalum 2x4 0,3 mmRp24.000 per batang
Kencana Hollow Galvalum 2x4 0,35 mmRp27.000 per batang
Kencana Hollow Galvalum 36x36Rp27.750 per batang
Kencana Atap Galvalum 0,25 mmRp34.000 per lembar
Kencana Hollow Galvalum 40x40Rp36.000 per batang
Kencana Atap Galvalum 0,30 mmRp38.000 per lembar
Kencana Atap Galvalum 0,35 mmRp47.000 per lembar
Kencana Atap Galvalum 0,40 mmRp53.000 per lembar
Kencana Galvalum Kanal C 0,75 mmRp75.000 per batang
Kencana Galvalum Kanal C 1 mmRp97.000 per batang
Kencana Atap Galvalum 0,3 x 80 x 300 mmRp120.000 per lembar
Kencana Atap Galvalum 0,3 x 80 x 400 mmRp160.000 per lembar
Kencana Atap Galvalum 0,3 x 80 x 500 mmRp200.000 per lembar
Kencana Atap Galvalum 0,3 x 80 x 600 mmRp240.000 per lembar
Baca juga  Update Harga Aqua Galon 19 Liter dan Refill

Harga galvalum produksi Kencana di atas kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk toko bahan bangunan dan situs jual beli online. Perlu dicatat bahwa harga galvalum Kencana tersebut tidak mengikat dan dapat berubah sewaktu-waktu. Apabila membutuhkan informasi lebih lengkap, silakan meluncur ke toko material bangunan terdekat di kota Anda.

[1] Pangaribuan, Mekar Ria. 2014. Baja Ringan Sebagai Pengganti Kayu dalam Pembuatan Rangka Atap Bangunan Rumah Masyarakat. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Ratu Samban Bengkulu, Vol. 2(4): 648-655.

[2] Ibid.

[3] Irianto. 2013. Komparasi Penggunaan Kayu dan Baja Ringan Sebagai Konstruksi Rangka Atap. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi UNIYAP, Vol. 3(11): 45-51.

author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Galvalum Kencana Semua Ukuran (Atap, Hollow, Kanal C)"