Harga Fractal Audio Axe-FX II, Preamp Canggih untuk Bermain Gitar

Selain guitar tuner, salah satu perangkat yang wajib dimiliki para gitaris adalah efek atau preamp. Perangkat ini digunakan untuk menghasilkan suara yang diingini para gitaris, mulai lembut atau soft, tebal, hingga meraung.

Fractal Audio Axe-FX II - en.audiofanzine.com

Fractal Axe-FX II - en.audiofanzine.com

Saat ini, sudah banyak dan efek gitar yang beredar di pasaran. Dan, salah satu yang cukup digemari adalah Axe-FX II dari Fractal Audio System. Dalam resminya, Fractal Audio menyebut Axe-FX II sebagai all-in-one preamp atau efek yang mencakup ratusan koleksi suara, mulai vintage hingga modern, speaker cabs, hingga efek studio.

Perangkat ini diklaim mampu menampilkan suara yang akurat dan “nyata”, baik ketika digunakan di dalam studio atau di panggung terbuka. Axe-FX II menawarkan kekokohan dan fleksibilitas sekaligus kebebasan yang lebih besar dibandingkan amplifier atau efek gitar pada umumnya. Meski mengusung mutakhir, namun perangkat ini masih mudah dioperasikan, baik untuk gitaris pemula sekalipun.

Baca juga  Daftar Harga Lampu Hias Gantung Kristal Mulai dari yang Termurah Hingga Termahal

Suara yang keluar dari kabinet ini terasa sangat natural dan nyaris tidak terdengar seperti keluaran . Preset high gain ala Mesa, crunch garing model Marshall, suara clean ala Fender, dan banyak model lain, semuanya mewakili karakter masing-masing dengan baik. Di samping itu, dynamic respon Axe-FX II juga mumpuni. Dengan mengurangi volume saja, gitaris sudah mendapat suara “clean” yang bersih atau sound sengau yang sangat manis.

Modeling amplifier yang ada di Axe-FX II hampir semuanya adalah amplifier tabung, kecuali jazz chorus. Meski demikian, ketika dicoba dengan menaikkan volume, hasilnya benar-benar memuaskan. Volume control pada perangkat ini memang memegang peranan penting dalam output sound.

Selain model standard, Fractal Audio juga melemparkan model Axe-FX II XL+. Model ini bisa dikendalikan sepenuhnya dari panel depan melalui tombol-tombol dan layar LCD backlit berukuran sedang. Kenop besar digunakan untuk pengaturan, sedangkan empat tombol pengendalian cepat berukuran kecil memberikan akses langsung ke parameter tambahan, termasuk scenes. Ada 768 preset yang mengandung 8 kombinasi yang berbeda dari efek on/off, pilihan channel amp “XY”, dan masih banyak lagi.

Baca juga  Info Harga Lampu PJU LED Tenaga Surya

Karena dibekali mumpuni, yang dibanderol untuk Axe-FX II memang agak sedikit mahal. Ketika pertama kali dirilis, efek gitar ini ditawarkan mulai USD 2.900 atau sekitar Rp37 jutaan. Sementara, bekasnya masih dijual di kisaran rp15 jutaan hingga Rp20 jutaan.

loading...
author
Anak band yang gak suka nonton boyband. Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Pernah dipaksa baca berita infotainmen tiap hari sampai akhirnya memutuskan lebih suka info teknologi yang lebih sedikit gosip.

Leave a reply "Harga Fractal Audio Axe-FX II, Preamp Canggih untuk Bermain Gitar"