Indikasi, Dosis dan Harga Fluimucil

No comment157 views

Fluimucil adalah salah satu obat yang dapat dipakai untuk mengobati penyakit pada saluran yang ditandai dengan dahak berlebihan. Obat ini dijual dengan resep dokter dalam bentuk liquid berwadah ampul, syrup, serbuk, tablet, dan injeksi. Meskipun harganya tidak bisa dibilang murah, banyak dokter yang merekomendasikannya kepada pasien.

Ilustrasi: Gangguan Saluran Pernapasan (credit: ec.europa.eu)

Ilustrasi: Gangguan Saluran Pernapasan (credit: ec.europa.eu)

Indikasi dan Kandungan Fluimucil

Dilansir dari helloSEHAT, Fluimucil memiliki indikasi untuk mengobati penyakit saluran pernapasan kronis, di antaranya bronkitis akut atau kronis, emfisema paru, mucoviscidosis, dan bronchiectasis. Selain itu, obat ini juga memiliki fungsi sebagai pengencer dahak supaya bisa dikeluarkan dengan mudah dan tidak menghambat cara kerja sistem pernapasan.

Fungsi Fluimucil tidak lepas dari kandungan atau komposisinya. Obat ini mengandung acetylcysteine yang berfungsi sebagai pengencer dahak di saluran pernapasan. Masih dilansir dari sumber yang sama, obat ini juga dikenal sebagai agen mukolitik atau N-acetylcysteine/N-acetyl-L-cysteine (NAC). N-acetylcysteine merupakan senyawa yang mengandung tinol dengan efek antioksidan dan antiinflamasi,[1] sehingga, bisa mencegah atau mengatasi nyeri pada saat .

Sebagai agen mukolitik, obat bekerja dengan cara memecah serat asam mukopolisakarida yang membuat dahak menjadi lebih encer dan mengurangi adhesi pada dinding tenggorokan. Obat ini juga memiliki indikasi untuk terapi atau obat keracunan parasetamol dan terapi pneumonia.

Baca juga  Update Harga Minyak Gandapura Asli (30 ml, 60 ml, 100 ml)

Aturan Pakai Fluimucil

Obat ini tersedia dalam bentuk intravena, tablet atau oral, dan nebulisasi atau inhalasi. Untuk obat sediaan oral berbentuk kapsul, Anda bisa mengonsumsinya setelah makan menggunakan air putih. Bagi Anda yang ingin minum obat ini dalam sediaan tablet, Anda harus melarutkannya dulu dalam segelas air atau sebanyak 240 ml air. Pastikan Anda minum air putih yang cukup jika mengonsumsi Fluimucil, karena obat ini membutuhkan bantuan yang banyak supaya bisa diserap tubuh dengan baik.

Lama pemakaian obat tergantung pada tingkat keparahan penyakit dan harus ditetapkan oleh dokter. Untuk penyakit saluran pernapasan ringan, biasanya membutuhkan obat dalam 5 hingga 10 hari. Sementara itu, pada penyakit kronis atau akut seperti bronkitis kronik dan mukovisidosis, biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk mencegah potensi .

Bagi Anda yang membutuhkan Fluimucil sebagai obat terapi dalam jangka waktu panjang, sebaiknya Anda memperhatikan cara penyimpanan obat. Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan dan harus terhindar dari cahaya matahari serta udara lembap. Anda juga tidak bisa menyimpannya secara sembarangan di lemari pendingin, karena bisa mengubah dan merusak kandungan obat.

Ilustrasi: Obat Fluimucil (credit: scopeblog.stanford.edu)

Ilustrasi: Obat Fluimucil (credit: scopeblog.stanford.edu)

Dosis Fluimucil

  • Fluimucil kapsul secara umum bisa dikonsumsi oleh orang sebanyak 1 kapsul dalam 2 hingga 3 kali sehari.
  • Effervescent Fluimucil Tablet, dianjurkan untuk orang dewasa dengan dosis 1 tablet per hari dan sebaiknya diminum pada malam hari.
  • Dosis Fluimucil berbentuk granul untuk orang dewasa adalah 200 mg dalam 2 hingga 3 kali sehari.
  • Fluimucil berbentuk sirup kering bisa dikonsumsi sebanyak 1 ampul dalam 1 hingga 2 kali sehari oleh orang dewasa.
  • Dosis Fluimucil bentuk nebulize secara umum adalah 1 ampul dalam 1 hingga 2 kali sehari.
  • Ada juga Fluimucil dalam sediaan oral untuk menangani keracunan parasetamol pada orang dewasa, dengan dosis larutan 140 mg/kg dilanjutkan dengan 70 mg/kg setiap 4 jam.
  • Dosis Fluimucil sediaan intravena juga bisa dijadikan obat keracunan parasetamol pada orang dewasa, dengan dosis 150 mg/kg (maksimal dosis 16,5 gr) dalam 200 ml pengencer selama 60 menit. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian Fluimucil sebanyak 50 mg/kg (maksimal 5,5 gr) dalam 500 ml pengencer selama 4 jam berikutnya, kemudian dilanjutkan 100 mg/kg (maksimal 11 gr) dilarutkan dalam 1 l pengencer selama 16 jam.
  • Fluimucil kapsul juga bisa diberikan pada -anak usia 6-14 tahun sebanyak 1 kapsul dalam 2 kali sehari.
  • Fluimucil Effervescent tablet boleh diminum anak-anal sebanyak 1 tablet per hari pada malam hari.
Baca juga  Info Terbaru Harga dan Varian Sabun JF Sulfur Kemasan 65 gram dan 90 gram

Bagi Anda yang membutuhkan Fluimucil untuk anak atau dewasa, Anda bisa membelinya di terdekat. Sebagai referensi harga dan varian sediaan obat ini, Anda bisa melihat tabel berikut.

Ilustrasi: Harga Obat Fluimucil (credit: Facebook/Pharma Adventures)

Ilustrasi: Harga Obat Fluimucil (credit: Facebook/Pharma Adventures)

Harga Fluimucil

Varian FluimucilHarga (Rp)
Fluimucil 200 mg CAP per tablet8.256
Fluimucil Adult 200 mg ZAK per pcs9.040
Fluimucil 600 mg EFF per tablet19.843
Fluimucil PAED 100 mg SACH per pcs5.801
FluimucilĀ  Dry Syrup 75 ml per 83.309

Harga Fluimucil di atas telah kami rangkum dari berbagai macam sumber, termasuk situs apotek online. Harga obat ini tidak terikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

[1] Dewi, Ratih Tri Kusuma, dkk. 2015. Pengaruh Pemberian N-Acetylcysteine Oral terhadap High Sensitivity C Reactive Protein (Hs-CRP) pada Pasien Hemodialisis Kronis. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, Vol. 2(4): 228-232.

Baca juga  Info Harga Jamu Habis Bersalin Lengkap Selapan Air Mancur
author

Leave a reply "Indikasi, Dosis dan Harga Fluimucil"