Harga Derek Towing Mobil (Gendong dan Hidrolik)

Ketika mengalami masalah di tengah jalan atau kecelakaan lalu lintas dan tidak bisa melanjutkan perjalanan, salah satu langkah yang bisa diambil adalah menggunakan derek. Selain ditarik, saat ini sudah banyak perusahaan yang menyediakan jasa derek towing alias diangkut di atas truk. Harga untuk layanan ini bervariasi, biasanya tergantung jenis serta kondisi dan jarak tempuh.

Derek gendong mobil (sumber: supercar.id)

Derek mobil (sumber: supercar.id)

Pada zaman yang serba modern dan membutuhkan kepraktisan dan kecepatan seperti sekarang, alat transportasi memang menjadi salah satu kebutuhan utama banyak orang untuk melakukan berbagai aktivitas. Jika dulunya kendaraan, terutama yang beroda empat, hanya dapat dimiliki oleh orang yang berpenghasilan tinggi, seperti pemilik perusahaan, pejabat, atau pengusaha sukses, sekarang tren tersebut sudah tidak berlaku lagi.[1]

Sayangnya, diakui atau tidak, masih banyak pengguna kendaraan yang cuma bisa mengendarainya, tanpa mengerti atau bagian kendaraan mereka.[2] Sehingga, ketika terjadi kerusakan pada mobil mereka, lebih sering dibawa ke bengkel atau tempat reparasi kendaraan tanpa mengetahui apa penyebab kerusakan yang menimpa tunggangan mereka.

Nah, untuk menjawab kebutuhan tersebut, saat ini sudah berjejer bengkel, baik resmi milik perusahaan otomotif maupun bengkel umum, yang menyediakan jasa service atau perbaikan kendaraan yang rusak. Jika mobil masih bisa dikendarai, pemilik bisa langsung membawa kendaraan mereka ke bengkel yang dikehendaki. Namun, apabila mobil macet dan tidak dapat dijalankan, terutama ketika di tengah jalan, maka jalan satu-satunya adalah menggunakan bantuan mobil derek.

Baca juga  Harga Toyota Hilux Double Cabin 2016 Second

Fungsi dan Jenis Mobil Derek

Dilansir dari Wikipedia, mobil derek adalah kendaraan yang digunakan untuk menderek kendaraan yang mengalami kecelakaan lalu lintas sehingga tidak mampu untuk berjalan sendiri lagi atau terbalik. Selain itu, juga menderek kendaraan yang sedang mogok dan mengganggu kelancaran lalu lintas ataupun untuk menderek kendaraan yang melakukan pelanggaran parkir.

Setidaknya, ada dua jenis derek yang sering dioperasikan, yakni derek tarik dan derek gendong. Derek tarik adalah jenis yang digunakan untuk menarik kendaraan dengan rantai atau tali yang dikaitkan ke mobil derek, kendaraannya yang ditarik dikemudikan oleh seorang pengemudi. Derek ini lebih sering digunakan untuk situasi darurat, misalnya seperti mobil yang mogok atau kecelakaan lalu lintas sehingga mobil tidak bisa berjalan. Derek jenis ini juga kerap digunakan oleh lembaga penegak hukum untuk penertiban, misalkan Dinas Perhubungan untuk menertibkan parkir mobil liar.

Mobil derek tarik (sumber: cermati.com)

Mobil derek tarik (sumber: cermati.com)

Sementara, derek gendong, biasa juga disebut dengan derek towing, seperti namanya, adalah jenis derek yang mengangkut sebuah kendaraan ke atas mobil derek (biasanya truk panjang), sehingga seperti menggendong mobil. Selain untuk kondisi darurat, derek jenis ini juga untuk menjaga keamanan saat pemindahan mobil dari suatu tempat. Misalnya, workshop detailing mengirim mobil garapan menggunakan towing untuk mencegah mobil kotor jika dikemudikan sendiri. Produsen mobil kelas menengah ke atas juga umumnya menggunakan model gendong ini untuk mengirim produk mereka ke untuk menjaga kondisi mobil yang masih baru.

Baca juga  Harga Mitsubishi Outlander Bekas (Sport dan PHEV)

Nah, derek jenis towing ini masih bisa dibedakan lagi menjadi dua model. Pertama adalah towing gendong, yakni metode derek mobil dan mengangkut di bagian belakang. Towing jenis ini umumnya digunakan untuk mengangkut kendaraan yang terendam banjir. Sementara, jenis kedua adalah towing hidrolik, yakni bak dari mobil derek akan diturunkan ke bagian paling rendah, kemudian mobil dinaikkan tepat di atas bak tersebut. Secara otomatis, mobil tersebut akan terangkat dengan teknologi hidrolik yang tersemat di dalamnya. Model ini biasanya dipakai untuk mengangkut mobil premium atau yang memiliki ground clearance yang rendah.

Harga Derek Towing Mobil

Lalu, berapa biaya yang diperlukan jika ingin menggunakan jasa derek towing? Harga bervariasi, tergantung kondisi kendaraan dan jarak tempuh. Untuk pengiriman di area DKI Jakarta misalnya, harga berkisar Rp200 ribu sampai Rp500 ribuan per perjalanan. Sementara, untuk pengiriman ke kota tetangga, seperti Bekasi atau Tangerang, harganya berkisar Rp500 ribu hingga Rp800 ribuan.

Baca juga  Update Info Kredit Mobil Tanpa DP (Uang Muka)

Harga tersebut untuk mobil jenis MPV, , dan jip kecil, dengan kondisi mobil mogok saja, dalam arti bukan rusak berat seperti kecelakaan fatal atau mobil terbakar. Sebaliknya, untuk mobil kecelakaan fatal atau terbakar, biasanya ada tambahan biaya sekitar Rp250 ribu, sedangkan jika transmisi atau elektrik brake terkunci, tambahan biaya bisa mencapai Rp550 ribu.

Selain untuk satu wilayah, ada sejumlah bengkel yang bersedia melakukan pengiriman mobil menggunakan derek towing ke area lain. Derek Auto di Jakarta misalnya, mematok kirim sekitar Rp3,5 jutaan ke kawasan Jawa Tengah dan Rp5 jutaan ke Surabaya menggunakan derek towing. Sementara, ongkos kirim ke wilayah Sumatera sekitar Rp4,5 juta hingga maksimal Rp20 jutaan.

[1] Haryanto, Susanto. 2014. Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendeteksi Kerusakan pada Mobil di Bengkel Citra Motor dengan Menggunakan Visual Basic 6.0. Jurnal SISFOKOM, Volume 3(2): 19-23.

[2] Ibid.

loading...
author
Sudah lama lulus dari S-1 di kampus PTN ternama. Penyuka musik dan sedikit audiophile.

Leave a reply "Harga Derek Towing Mobil (Gendong dan Hidrolik)"