Update Harga Coklat Batangan Mercolade 1 Kg & Cara Mengolahnya

Coklat Mercolade yang terkenal sebagai cokelat compound, memang cukup laris di Indonesia. Cokelat tersebut dijual batangan mulai 1 kg hingga 5 kg. Tak sulit menemukannya di , karena Anda bisa membelinya di toko dengan harga yang relatif terjangkau di kelasnya.

Bagi sebagian orang, cokelat itu sama saja, baik bentuk maupun jenisnya. Namun sebenarnya, coklat itu ada dua , yaitu couverture dan compound. Apa yang membuat keduanya berbeda? Hal itu dilihat dari bahan, karakteristik, dan cara memperlakukannya yang juga berbeda.

Coklat batangan (sumber: heartbloodcacao.com)

Coklat batangan (sumber: heartbloodcacao.com)

Karakteristik Cokelat

Bahan dasar pembuat cokelat adalah biji kakao. Dari 100 gram biji kakao, bisa diperoleh sekitar 80 gram cocoa mass atau cocoa liquor yang berbentuk pasta. Sementara itu, 20 gram sisanya berupa kulit biji kakao atau bahan-bahan tak terpakai lainnya. Cocoa liquor kemudian diproses menjadi 40 gram cocoa butter dan 40 gram cocoa powder (bubuk kakao). Kandungan inilah yang kemudian membedakan coklat couverture dan cokelat compound.

Bisa dikatakan bahwa cokelat couverture adalah campuran cocoa mass dan cocoa butter, sementara cokelat compound adalah kombinasi cocoa powder dan lemak nabati. Pada label cokelat couverture, biasanya terdapat jumlah persentase kandungan cokelat, misalnya 74 persen. Jumlah ini menunjukkan campuran cocoa mass dan cocoa butter, misalnya 50 persen banding 24 persen. Sementara itu, sisanya sebanyak 26 persen bisa jadi terdiri dari gula, lesitin, dan vanili. Untuk bisa disebut cokelat couverture, persentase cocoa butter harus di antara 32-39 persen. Total persentase cocoa butter dan cocoa solid harus minimal 54 persen.

Berbeda dengan cokelat couverture, cokelat compound tidak menampilkan persentase kandungan cokelat. Pasalnya, semakin banyak kandungan bubuk kakao, semakin menggumpal pula cokelat tersebut. Cokelat compound biasanya terdiri dari 50 persen gula serta 50 persen campuran lemak dan bubuk kakao.

Ilustrasi: Berbagai Macam Coklat (credit: homestratosphere)

Ilustrasi: Berbagai Macam Coklat (credit: homestratosphere)

Cokelat compound diciptakan sebagai alternatif lebih murah dari cokelat couverture. Cokelat compound juga tak mudah meleleh dan bisa disimpan di suhu 28-30 derajat Celcius. Cokelat ini pun lebih mudah digunakan karena tinggal dipanaskan tanpa mesin khusus. Karena lebih praktis itulah, cokelat compound banyak digunakan untuk pemakaian sendiri maupun industri rumahan. Cokelat jenis ini juga lebih manis dibanding cokelat couverture karena kandungan gulanya lebih banyak, biasa dipakai juga sebagai coklat hiasan.

Sebelum menyantap cokelat , sebaiknya cek labelnya. Jika terdapat 'cocoa mass' dalam bahan pembuatnya, berarti cokelat tersebut menggunakan cokelat couverture. Namun, jika di labelnya tertulis 'lemak nabati', berarti tersebut memakai cokelat compound.

Untuk jenis compound, biasanya dijual di pasaran menjadi tiga jenis yaitu dark, milk, dan white cooking chocolate. Untuk dark chocolate, biasanya berupa coklat batangan berwarna pekat, rasa coklatnya lebih terasa dan biasanya tidak mengandung susu. Coklat jenis ini baik digunakan untuk kue, cake, dan aneka ringan lainnya.

Sementara, untuk milk chocolat,  merupakan coklat batangan berwarna coklat, yang merupakan campuran gula, kakao, coklat cair, susu, dan, vanilla. Lalu, jenis milk chocolate compound merupakan coklat batangan berwarna putih yang mengandung coklat batangan berwarna putih & coklat serta cocoa butter.

Harga Coklat Batangan Mercolade 1 Kg

Ilustrasi: Beberapa Varian Coklat Batangan Mercolade (credit: Tokopedia)

Ilustrasi: Beberapa Varian Coklat Batangan Mercolade (credit: Tokopedia)

Di Indonesia, untuk coklat compound, ada merk yang terkenal yaitu Mercolade, yang merupakan produk dari PT Mercolade Indonesia. Mercolade memang khusus memproduksi chocolate compound dan juga chocolate filling. Harga untuk coklat compound dinilai lebih murah daripada jenis couverture. 

Coklat batangan merk Mercolade sendiri untuk ukuran 1 kg dijual dengan kisaran harga Rp56.000-Rp72.000. Sementara, untuk kemasan 5 kg, coklat tersebut dijual kisaran Rp172.000-RpRp263.000. Sebagai perbandingan, pada tahun lalu, harga cokelat Mercolade 1 kg berkisar Rp54.000-Rp99.000 dan 5 kg sekitar Rp242.000.

Coklat Mercolade tersedia dalam berbagai pilihan warna, di antaranya putih, hitam (dark), merah, biru, kuning, merah muda, hijau muda, hijau tua, ungu, jingga, cream, coklat tua, dan kuning muda. Anda bisa mendapatkannya di toko yang menjual bahan-bahan kue atau bisa juga membelinya secara online.

Dalam mengolah cokelat compound seperti cokelat Mercolade, biasanya dilakukan dengan cara melelehkannya. Untuk melelehkan coklat compound dinilai tidak sulit karena tidak membutuhkan -alat khusus. Beberapa cara berikut bisa Anda lakukan agar coklat compound bisa meleleh sempurna.

Cara Mengolah Coklat Compound

Ilustrasi: Cara Melelehkan Coklat (credit: thekitchenismyplayground)

Ilustrasi: Cara Melelehkan Coklat (credit: thekitchenismyplayground)

  • Potong-potong coklat dengan ukuran kecil-kecil.
  • Letakkan potongan coklat tersebut ke dalam wadah bening yang kering. Gunakan sendok pengaduk atau spatula saat hendak mengaduk coklat. Wadah yang basah dapat merusak tekstur cokelat yang akan dilelehkan. Begitupun dengan sendok pengaduk yang digunakan juga harus dalam keadaan kering.
  • Rendam wadah bening tadi dalam wajan atau loyang, aduk cokelat hingga meleleh dan segera angkat. Perlu diingat bahwa melelehkan coklat tidak boleh langsung di atas api panas karena akan menjadikan coklat tersebut kering dan tidak bisa digunakan.
  • Selama proses steam, coklat harus selalu diaduk agar meleleh secara merata dan sempurna juga teksturnya lebih lembut
  • Jika coklat kemasukan tanpa sengaja, segera tambahkan satu sendok teh margarin di bagian coklat yang terkena tetesan , lalu aduk kembali hingga merata.

Untuk mendapatkan produk bakery, cake, maupun pastry dengan citarasa coklat yang sempurna, maka pemilihan coklat harus dilakukan dengan tepat, misalnya untuk brownies gunakanlah dark chocolate compound. Sementara, untuk hiasan cake ataupun cookies, Anda bisa menggunakan coklat chip. Jika Anda sudah paham tentang ragam coklat, dapat mulai bereksperimen dengan resep berbahan coklat yang bisa didapatkan di buku resep atau melalui sumber online.

[Update: Almasshabur]

Baca juga  Update Harga Gelas Plastik Tebal Dalam Berbagai Ukuran
author
Literatur akuntansi sudah digeluti hingga pendidikan pascasarjana. Bagiku ini adalah seni pencatatan dan pengikhtisaran transaksi keuangan dan penafsiran akibat suatu transaksi terhadap suatu unit ekonomi.

Leave a reply "Update Harga Coklat Batangan Mercolade 1 Kg & Cara Mengolahnya"